Langsung ke konten utama

Bisnis Bakso Malang: Latar Belakang, Modal Usaha, Tips Menjalankannya

  Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kuliner y

Cara Batam Ke Singapore Naik Ferry Termasuk Jadwal Harga Tiket: Khusus Bagi Anda Ingin Backpacker Pemula Dari Kepulauan Riau Ini

Banyaknya para traveler hingga para peserta kerja kantoran yang ada kegiatan di kota Batam ingin ke Singapore menghabiskan masa liburan singkat bahkan cuti sejenak disana dengan biaya termurah. Mungkin sebagian dari para pekerja kantoran untuk berangkat ke Singapore membutuhkan biaya yang cukup besar jika di luar Pulau Batam, saatnya anda yang sudah berada di kota Batam tentu memberikan akses yang sangat mudah. Jarak Batam Singapura yang tidak terlalu jauh hanya menghabiskan waktu sekitar +/- 45 menit atau 3/4 jam kurang dari satu jam perjalanan  penyeberangan tentu dengan harga tiket ferry yang sangat terjangkau.
Pengalaman yang telah mengajarkan bahwa melakukan perjalanan dari Batam ke Singapore ini mempunyai tata cara tersendiri dan ada perbedaan tersendiri. Memang adanya perbedaan tersendiri ini akan mendapatkan harga yang sangat terjangkau apalagi anda mempunyai budget terbatas dan ingin berhemat melakukan perjalanan seperti ini. Perjalanan dari Batam ke Singapore ini tentu harus menggunakan paspor, bahkan ada yang bertanya apakah ke ke Singapura dari Batam tidak menggunakan paspor?. Pertanyaan ini tentu menjadi fenomenal dan anda harus mempersiapkan paspor yang masih berlaku dan harus melebihi 6 bulan saat anda melakukan perjalanan sebaiknya 12 bulan sangat direkomendasikan untuk di bawa. Jadi sudah jelas anda harus menggunakan paspor untuk masuk ke Singapore walaupun harus berangkat dari Batam.

Dengan banyaknya penerbangan dari seluruh Indonesia yang membuka penerbangan ke kota Batam muncul ide dari beberapa rekan ingin melanjutkan perjalanan liburan Singapura setelah semua aktifitas selesai sempurna, tidak menutup kemungkinan anda daari daerah lain memang estafet dari Batam ke Singapura dengan cara seperti ini. Saat sekarang ini memang penerbangan langsung ke Singapore dari DKI Jakarta cukup mahal apalagi saat weekend dan hari libur hampir semua komponen institusi. Khusus bagi rekan yang tidak berada di pusat kota negara ini tentu menjadi hitungan yang harus segera dipersiapkan dengan matang sekali sebelum semua keinginan harus dilaksanakan seperti harus estafet menggunakan transportasi lainnya sehingga cara ini banyak dilakukan, jika domisili anda ada rute yang langsung menuju Batam nah kesempatan ini sudah dapat anda coba untuk sampai ke Singapore.

Kota Batam telah menjadi kota yang sangat penting tidak hanya dalam bisnis ekonomi tetapi sebagai kota yang digunakan untuk kegiatan pemerintahan dan lainnya. Dengan banyaknya pencarian maka kami mencoba menjelaskan bagaimana cara melakukan perjalanan dari Batam ke Singapore dan cukup dekat jaraknya dan bahkan anda mampu melakukannya satu hari penuh atau bermalam sehari di Singapore kemudian lusa kembali pulang ke Batam untuk pulang kembali ke daerah asal masing-masing.

PERSIAPAN PERJALANAN BATAM KE SINGAPORE.
Dari Batam ke Singapore naik ferry hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam ini dan banyak dilakukan oleh para backpacker atau para pekerja kantoran dan seterusnya memulai perjalanan dari kota penting di Kepulauan Riau ini ke negara seberang. Hal yang harus diperhatikan adalah paspor yang masih berlaku yang telah kami sebutkan di atas tentu menjadi syarat penting, ada fenomena Batam Singapura tanpa paspor adalah hal yang sangat salah karena lintas batas negara manapun termasuk cara ini harus menggunakan paspor sebagai dokumen internasional melakukan perjalanan.

PENTING!
Perlu diperhatikan bagi rekan yang ingin mendapatkan harga murah menggunakan ferry dari Batam ke Singapore adalah membeli di tour agency yang tersebar di daerah Nagoya hingga di Bandara Hang Nadim jika dibandingkan membeli langsung di pelabuhan penyeberangan harganya lebih mahal. Ini lah kenyataannya dan anda harus mengetahui sebelum salah pilih dimana akan membeli tiket penyeberangan ferry dari Batam ke Singapura.

PELABUHAN PENYEBERANGAN.
Ada beberapa pelabuhan yang ada di Batam yang membuka rute perjalanan dari Batam ke Singapore yaitu: Tanjung Balai, Sekupang, Batam Center, atau Tanjung Pinang. Tapi pelabuhan cukup representatif dan banyak digunakan bahkan jadwal jam perjalanan cukup banyak ada di Batam Center. Jadi, Batam Center lah lokasi yang harus anda tuju untuk memulai traveling seperti ini menggunakan ferry walaupun anda baru mendarat hingga setelah stay sementara disana.

WAKTU KEBERANGKATAN FERRY DARI BATAM KE SINGAPORE.
Tentu saja anda ingin mengetahui jadwal keberangkatan ferry penyerberangan yang menjadi pilihan sebelum anda memutuskan untuk melakukan penyeberangan. Keberangkatan dimulai dari Pukul 06:00 WIB sampai 21:00 WIB dari Batam Center begitu juga dari Singapore terutama di Pelabuhan Harbourfront. Dan anda dapat melihat rincian lengkapnya di penjelasan di bawah tulisan ini di kolom khusus.  

PROSES PEMERIKSAAN IMIGRASI.
Hal yang menjadi perhatian adalah saat proses pemeriksaan dokumen perjalanan di Imigrasi yang membutuhkan waktu baik di Batam atau Singapore. Waktu yang dibutuhkan standar untuk satu kali perjalanan adalah +/- 1 jam dan sampai masuk ke dalam ferry, tetapi anda harus berhati-hati saat waktu weekend atau akhir pekan waktu yang dibutuhkan bisa saja lebih dari waktu ini karena semua traveler akan banyak melakukan perjalanan ke dua negara. Jadi, anda harus mempersiapkan waktu yang cukup agar tidak terjadi keterlambatan naik ferry dan tiket anda akan menjadi hangus dan harus membeli tiket baru lagi di pelabuhan yang jaug lebih mahal jika membeli di tour agency. Jadi, jika ada harus dokumen lainnya untuk diisi harus anda lakukan seperti kartu atau formulir imigrasi kedua negara. Kartu ini biasanya tersedia sebelum masuk ke imigrasi dan sebagai kontrol kedua negara untuk mencatat turis yang akan masuk keluar di negara yang bersangkutan. Isi dengan jujur dan benar sesuai dengan perjalanan yang akan anda lakukan nanti.

HARGA TIKET FERRY PENYEBERANGAN.
Setelah sampai di Bandara Hang Nadim Kota Batam, Anda bisa langsung membeli tiket kapal ferry menuju Singapura terlebih dahulu. Karena harga tiket kapal ferry yang ada di Bandara sedikit lebih murah dibanding dengan harga tiket yang dijual langsung di pelabuhan. Untuk jenis tipe kelas untuk ferry penyeberangan ini adalah standar sampai dengan ekeskutif. Berikut lengkapnya:

I. Sindo Ferry.
Jadwal Kapal Ferry Batam Ceter - Singapore [waktu dalam WIB].
06.00, 07.20, 08.40, 09.35, 10.40, 11.35, 12.40, 14.00, 15.10, 16.10, 17.20, 18.20, 19.30, 20.40

Jadwal Kapal Ferry Singapore - Batam Center waktu SG.
08.00, 09.00, 09.35, 10.20, 11.05, 12.00, 13.20, 14.50, 16.10, 17.20, 18.30, 19.40, 20.45, 21.50
credit: wisatago.com

Harga Tiket:
Tiket PP Singapore ke Batam Center [2 way] untuk usia lebih dari 12 tahun SGD 34 dan anak-anak umur [0-11 tahun] SGD 24. Untuk satu kali perjalanan usia lebih dari 12 tahun adalah SGD 17 dan anak-anak [0-11 tahun] adalah SGD 12. 

Semua harga tiket ini sudah termasuk beberapa item yang perlu diketahui adalah surchage, dan belum termmasuk Singapore Passeger Fee sebesar SGD 7 per orang dan biaya terminal Batam Center adalah Rp 65.000.

II. Batam Fast.
Jawal keberangkatan kapal Batam Center - Singapore [waktu dalam WIB].
06.00, 07.00, 08.20, 09.10, 09.50, 11.40, 12.50, 14.10, 15.20, 16.30, 17.10, 17.40, 19.00, 20.30

Jadwal keberangkatan kapal Harbourfront Singapore - Batam Center [waktu SG].
07.40, 08.40, 09.30, 10.50, 11.35, 12.30, 14.20, 15.30, 16.50, 18.00, 19.10, 20.20, 21.00, 21.40
credit: klook.com

Harga tiket penyeberangan ferry PP [2 way] berangkat dari Harbourfront ke Batam Center dan sebaliknya sama: untuk anak ≥ 12 tahun adalah SGD 49 dan anak {0-11 tahun] SGD 46. Untuk satu kali perjalanan anak ≥ 12 tahun adalah SGD 25 dan anak [0-11 tahun] SGD 25. Untuk harga yang anda bayar ini sudah termasuk biaya tiket, Singapore Passanger Departure Fee SGD dan Batam Terminal Fee.

"note:  jika ada perubahan harga tidak terlalu jauh kenaikannya, atau perubahan kurs nilai mata uang serta kebjakan dari perusahaan.

PENUTUP.
Khusus bagi anda yang ingin melakukan perjalanan menggunakan ferry ini terhadang jam yang tersedia ada delay bahkan dihapuskan jika terjadi kekosongan peminat hingga faktor alam misalnya cuaca yang membuat gelombang laut menjadi tinggi dan membahayakan kapal ferry melakukan perjalanan. Jadi, anda harus pastikan jam keberangkatan ini memang jadwal terbaik dan terbebas dari beberapa faktor x yang mempengaruhui.

Untuk membayar pembelian tiket ini memang masing-masing negara menggunakan mata uang masing-masing. Jadi, anda harus mempersiapkan jumlahnya agar tidak terjadi kekurangan uang dan perjalanan anda tidak  menjadi bermasalah sehingga sampai ke tujuan menjadi terlambat. Pastikan barang bawaan anda yang diperbolehkan naik ke pada penyeberangan ini jenis hand-carry-friendly dengan maksimum berat per orang adalah 10 kg dan ukuran yang harus diperhatikan 55 cm x 40 cm x 20 cm. Kebijakan bagase yang digratiskan ini tentu saat checkin adalah 20 kg per boarding pass yang tidak dapat dipindahkan atau digunakan ke penumpang lainnya dengan boarding pass yang disatukan. Jika terjadi kelebihan bagase yang ditetapkan maka penumpang akan dikenakan charge SGD 1 per kg atau bagiannya dan semua item yang masuk dalam perhitungan. Dengan minimun 20kg dan maksimum 40 kg per penumpang saat melakukan perjalanan ini.

Sesuaikan transportasi anda selama di dua kota Batam dan Singapore sesuai dengan budget sehingga anda saat sampai ke masing-masing pelabuhan tepat waktu. Khususnya anda di Batam tentu sudah banyak sekali unit berjejer menunggu penumpang tetapi mereka telah menetapkan harga dan pastinya mereka jarang sekali menggunakan argo untuk tujuan anda sampai di Batam. Tetapi berbeda di Singapore anda dapat menggunakan MRT sebagai transportasi yang sangat banyak digunakan dengan harga yang sangat terjangkau terhubung langsung dengan Harbourfront terhubung dengan mall Vivo City.

Hal yang sangat penting adalah saat anda memasuki area pengecekan bea cukai atau custom masing-masing negara. Jika anda membeli dan membawa barang yang ditetapkan jumlah nilai yang telah ditetapkan anda sudah tentu pasti akan terbebas dari biaya pajak. Tetapi sebaliknya, melebihi batas yang telah ditetapkan anda sudah di pastikan akan membayar pajak yang berlaku. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Bulan Ini

Colokan Listrik Tiga Negara Favorit Traveler: Singapore, Malaysia, dan Thailand

Negara favorit traveling oleh seorang backpacker adalah Singapore, Malaysia, dan Thailand sudah tentu pasti akan membawa colokan listrik untuk mengisi daya baterai saat gadget sudah habis. Colokan listrik ini sebagai sahabat terbaik saat menghabiskan liburan traveling ini dan digunakan saat berada di hotel untuk mengisi seluruh daya kembali sehingga kebutuhan dunia sosial segera dapat digunakan. Adaptor atau colokan listrik walaupun ukurannya kecil tetapi sangat penting dan vital untuk semua kebutuhan gadget hingga kamera sekalipun akan bergantung dengan benda ini. Jika dilihat dari harganya sangat terjangkau tetapi jika anda lupa akan menjadikan traveling anda mimpi buruk yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Pengalaman yang kami rasakan saat melakukan traveling ke tiga negara {Singapore, Malaysia, Thailand} menjadikan tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan traveler yang pertama kali melakukan perjalanan ini sehingga mempersiapkannya supaya semua gadget yang dibawa dapat mak

Kenapa Kegagalan Bisnis Pertama Kali Oleh Pemula Begitu Menyakitkan, Untuk Bangkit Susah Sekali

  Impian seorang pemula untuk melakukan bisnis adalah sukses dan bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi. Bisnis yang dilihat di media sosial  seperti flexing yang tidak habisnya, karena para pemula melihat suksesnya saja tetapi untuk proses yang begitu sulit yang dilalui oleh mereka tidak dilihat secara utuh. Saya juga pernah merasakannya bahkan saat saya sudah melakukan bisnis tetap juga dicurangi tetapi saya tidak mempermasalahkan. Justru pengalaman itu saya bisa lebih bijaksana untuk memilih siapa saja yang bisa diajak berkolaborasi atau tidak. Fenomena yang sangat menarik sekali untuk di buat konten artikel maka di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini saya dapat sharing pengalaman. Awalnya memang kegagalan bisnis untuk pertama kali bagi pemula begitu menyakitkan, untuk bangkit begitu sulit sekali. Saat itu memang saya merasakan hal seperti itu tetapi bagaimana mengatasi sakit yang terjadi supaya bisa menatap masa depan. Berikut tahap yang saya lakukan agar supaya tetap bersem

10 Supermarket Populer Terbaik Di Kuala Lumpur Malaysia

Daftar belanja supermarket di Kuala Lumpur Malaysia dengan harga murah dengan promo yang sangat banyak tentu sangat disenangi untuk mendapatkan semua kebutuhan keseharian dengan jumlah barang yang sangat lengkap. Kebutuhan supermarket murah di Kuala Lumpur tentu sangat banyak dicari baik penduduk lokal hingga para turis untuk mencari semua kebutuhan yang tergabung dalam konsep hypermarket atau big supermarket. Jadi istilahnya grocery store shopping yang akan selalu dilakukan karena lokasinya di pusat kota, mall, hingga kenyamanan yang sangat tinggi untuk mendapatkannya maka supermarket menjadi pilihan terbaik saat berada di Kuala Lumpur Malaysia.