Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kuliner y
Kebutuhan mobil sangat tinggi budget tidak cukup saatnya bekas pun harus ditelisik supaya dapat bagus tidak cacat terbaik saat dimiliki. Beragam jenis mobil yang beredar tentu menjadi pilihan tidak usah ragu bahkan bingung tetapkan pilihan sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya anda mempunyai keluarga kecil pilih cukup membawa mereka semua, jika anda seorang sportif masih lagang dan jiwa muda agresif dan suka pertualangan pilih SUV cocok sekali sebagai tongkrongan anak muda. Hal yang menjadi prinsip utama memilih mobil bekas sudah tentu pasti budget, jika cukup maka tahun yang terpilih pastinya tidak terlalu jauh dari sekarang. Berbeda pula anda yang melihat ada beberapa tipe mobil yang sudah berumur panjang tetapi kondisi mobil dan performa yang masih baik juga menjadi incaran terutama saat peluncuran pertama pada waktu itu harganya sangat tinggi dan sekarang harganya sudah jauh terjun bebas karena bersaing dengan mobil baru. Cukup relatif memang masalah tahun tergantung dari kebutuhan.
credit: driving.ca |
Nah, melihat fenomena tingginya rekan pemula ingin membeli mobil bekas untuk kebutuhan sepanjang hari hingga tahun ke depan ini ada beberapa tips mendapatkan kondisi baik tidak kecewa saat dimiliki hingga menjadi kendaraan idaman anda untuk menghadapi rintangan perjalanan.
1. CEK KONDISI MESIN, BODI & KAKI-KAKI.
Hal yang sangat mendasar untuk melihat mobil bekas adalah kondisi mesin, bodi, hingga ke kaki. Aspek ini termasuk kenyaman saat memiliki kendaraan bekas sudah tentu pasti dengan bertambahnya umur akan terjadi keausan hingga kestabilan kondisi fisik termasuk bodi. Penting untuk dicermati adalah kondisi mesin, jika pemilik sangat peduli akan selalu menjadi oli tepat waktu untuk diganti baik oli transmisi atau oli gardannya. Kedua elemen ini sebagai hal penting penggerak yang harus dilumasi sehingga bunyi mesin masih terlihat halus bahkan seperti baru.
Khusus untuk bodi yang perlu diwaspadai adalah adanya benturan, bekas kecelakaan, dan seterusnya. Dengan adanya situasi seperti ini membuat mobil akan cedera baik secara kestabilannya hingga posisi berjalanan akan terasa. Misalnya, mobil tabrakan pastinya ada elemen dalam mobil yang penyok dibetulin atau diganti. Pasti terlihat jika ada perbaikan ada cacat di bagian tertentu. Tidak mungkin semua pemilik akan mengatakan bahwa mobil ini bekas tabrakan hanya anda sendiri yang harus mengecek secara komprehensif kondisi di lapangan supaya yakin mobil bekas ini masih dalam kondisi sehat.
Untuk kaki-kaki mobil anda harus mengetes langsung dengan mengendarai berkeliling sekitar 5 menit dan rasakan apakah ada bunyi-bunyi atau bahkan tidak nyaman melewati jalan yang tidak mulus. Mobil bekas tentu sudah lama dipakai akan memasuki masa aus spare part yang harus diganti dan memakluminya. Tetapi setidaknya anda sudah mengetahui dari awal sebelum memilikinya sehingga saat anda bertemu dengan pemilik mobil ada interaksi baik sehingga ada komunikasi tambahan saat anda merasakan dan pengalaman dari pemakai mobil ini. Proses menyakini seperti ini harus selalu ada supaya instinc anda akan merasakan bagaimana mimik wajah hingga kenyamanan seorang pemilik dengan menjawab pertanyaan yang anda tanyakan.
2. DOKUMEN KENDARAAN LENGKAP ASLI.
Sebagai bukti kepemilikan tentu saja ada dokumen yang menjelaskan seperti BPKB dan STNK. Kedua dokumen ini sudah resmi bahkan standar baku sebuah kepemilikan aset dengan informasi penting didalamnya. Pengecekan ini pastinya adanya kesesuaian data yang tercetak dan melekat di mobil sehingga proses pengecekannya harus teliti dan harus orang yang anda percayakan melakukannya.
Seperti nomer rangka mobil dan nomer mesin harus sama, tidak boleh ada yang kurang atau terhapus. Yang menjadi patokan kebenaran memang di dokumen tetapi untuk kenyakinan harus ada di elemen mobil yang sudah tertanam nomer yang ditulis. Setiap mobil mempunyai letak kode ini dan pastikan anda harus mengenalnya, jika perlu anda harus bertanya langsung ke pemilik di mana lokasinya sehingga terjadi kemudahaan.
3. PERHATIKAN SETIAP LEKUKAN BODY BAIK LUAR ATAU DALAM.
Untuk memastikan mobil bekas ini baik lihat lekukan body keseluruhan, caranya buka kap mobil liat sisi-sisi ujung sampai menyeluruh apakah masih standar keluaran pabrik atau tidak. Begitu juga si bagian bagase, lihat juga sisi-sisi ujung melingkar ini agar melihat originalitas masih terjaga dengan baik. Begitu juga dengan pintu depan dan belakang, pastikan juga dalam kondisi baik dan tetap ori.
Begitu juga cara seperti ini, ketok body apakah bunyinya berbeda satu sama dengan yang lain. Karena semua body relatif sama platnya pastinya bunyinya akan sama, seperti pintu depan dan belakang. Jika ada perbedaan bunyi patut dipertanyakan apakah pernah ada tabrakan atau tidak yang sudah diperbaiki penuh dengan dempulan untuk tetap terlihat rapi.
4. LIHAT KONDISI MESIN APAKAH ADA REMBESAN OLI SAAT SETELAH BERJALAN.
Melihat kondisi mesin juga perlu diamati saat sudah dipakai atau bahkan melihat langsung di garase mobil ini terparkir. Rembesan oli yang menetes juga harus menjadi perhatian, apakah jumlahnya cukup banyak atau tidak. Memang mobil lama ada yang longgar dan pastinya akan mengenal bagaimana karakter mobil ini sebelum anda miliki.
Mesin yang baik tentu saja tidak ada rembesan oli, jika ada berarti ada sambungan atau karet yang longgar yang harus anda perhatikan. Jika menurut anda masih dalam zona aman dan mudah untuk dibereskan maka harga mobil akan disesuaikan saat nego harga dengan pemilik. Anda dapat memberikan argumen bahwa kondisi ini dapat mempertimbangkan untuk turun harga.
5. PASTIKAN SPARE PART MASIH TERSEDIA CUKUP DI PASARAN.
Untuk mendapatkan mobil bekas yang masih aman hingga tidak ada rasa khawatir adalah ketersediaan suku cadang yang masih banyak bahkan ada beberapa komponennya dapat menggunakan jenis lain yang mempunyai kualitas sama merek berbeda dengan harga yang jauh lebih murah. Biasanya jenis mobil ini banyak berjenis dari negara Jepang dimana komponen suku cadang sudah ada yang dibuat di dalam negeri harga jualnya jauh lebih murah.
Tidak itu saja, ATPM nya masih banyak ditemukan di seluruh Indonesia di saat anda ingin melakukan service secara berkala untuk tune up dan penggantian part yang harus di ganti di tempat ini segera meluncur kesana. Jadikan mobil bekas yang anda miliki harus ada poin ini supaya saat menggunakannya tidak khawatir jika ada perbaikan bengkel resmi pun sudah tersedia.
6. HARGA YANG MASIH REASONABLE DENGAN KONDISI MOBIL.
Mobil bekas memang harus reasonable untuk setiap tipe bahkan anda harus melakukan penelitian sejenak sebelum nego harga. Harga memang berhubungan dengan kondisi mobil terutama mesin sebagai penggerak utama baik roda depan, roda belakang, 4WD. Hal yang kami sampaikan di nomer pertama sangat relevan dengan harga, semakin bagus kondisi mobil tentu akan mempengaruhi harga. Pembeli yang cermat akan meneliti cara ini supaya saat dimiliki tidak kecewa dan uang perbaikan tidak terlalu besar.
Jika ada perawatan atau perbaikan di beberapa part dapat dilakukan tentu secara total harga mobil bekas baik harus sama dengan biaya yang anda keluarkan. Misalnya, harga mobil bekas dengan kondisi mesin bagus sekitar Rp 100 jt jika dibandingkan dengan mesin yang sedikit harus diperbaiki dari part tertentu sekitar Rp 95jt maka selisih nilai Rp 5jt ini harus menjadi pegangan saat dimiliki dan anda sendiri ke bengkel untuk memperbaikinya. Jadi, istilahnya harus ada spare budget dari harga mobil kondisi sangat bagus dengan perbaikan beberapa part di mobil bekas supaya anda mendapat semacam kenyakinan bahwa harga yang di nego sudah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
7. ATPM MASIH ADA DI DAERAH.
Mobil bekas tentu harus ada kepercayaan akan eksistensinya yaitu masih adanya ATPM hingga bengkel resmi yang tersebar di berbagai daerah. Berbeda merek mobil bekas yang tidak ada lagi bengkel resminya tentu akan memberikan dampak kurang bagus terhadap masa depan mobil ini karena konsumen akan berfikir secara resmi pihak yang memberikan kualitas pelayan di ATPM sudah tidak ada lagi ditemukan tentu ada rasa was-was. Walaupun ada kerjasama perusahaan yang menanganinya tetapi hal tersebut tidak lah cukup.
Eksistensi ATPM tentu akan meningkatkan kepercayaan bagi konsumen akan menggunakan produk yang mereka hasilkan sehingga harga yang dibeli memang pantas. Jika tidak ada lagi maka harga tentu akan jatuh cukup dalam dan peminatnya sangat jauh berkurang. Sebagai konsumen saat anda membeli mobil bekas harus melihat poin ini supaya uang yang dikeluarkan tidak rugi begitu besar sehingga kenyamanan untuk menggunakan mobi bekas tersebut dapat bertahan dalam waktu yang cukup panjang.
8. PERHATIKAN SISTIM AC, PORSENELING, PENGEREMAN, SEMUA FASILITAS INTERNAL MOBIL.
Untuk mobil bekas 3-5 tahun belakang dari tahun sekarang sudah tentu pasti mempunyai sistim internal yang memberikan kenyamanan seperti AC, reclyning seat, electric mirror, dan lain sebagainya. Lakukan pengetesan secara seksama agar kenyamanan saat anda gunakan setelah memilikinya tetap dalam kondisi baik. Pastinya semua elemen yang melekat di mobil ini merupakan fasilitas pendukung saat mobil dikendari terutama di perjalanan jauh.
Untuk mengetes porseneling dan pengereman anda harus membawa mobil ini berkeliling minimal 5 menit supaya memastikan kondisi mobil ini tetap dalam kondisi masih sangat layak. Setelah berkendara tentu saja anda sudah mengetahui bagaimana keadaan yang sebenarnya supaya tidak kecewa nantinya.
9. JIKA PERLU LAKUKAN PENGECEKAN KE BENGKEL RESMI HISTORY SERVICE MOBIL INI.
Saat mobil dalam kondisi baru pastinya pemilik lama telah melakukan service secara berkala dan ada record di ATPM secara lengkap. Untuk mendapatkannya sebaiknya anda juga melakukan pengecekan ke bengkel resmi tersebut untuk mengetahui secara real time bagaimana history mobil ini saat perawatan. Apakah selalu berkunjung atau masih ada beberapa waktu tidak masuk ke dalam service berkala. Memang hal ini khusus bagi anda yang ingin benar-benar ingin mengetahui kondisi mobil apakah informasi mobil ini tetap dalam zona perhatian baik.
Nah, ini yang sangat penting ada beberapa waktu tertentu terjadi banjir membuat unit mobil tertentu sudah terendam sampai berhari-hari sehingga kondisi menjadi buruk. Untuk memastikannya memang harus di bengel resmi untuk mengetahui karena ada alat khusus yang dapat memastikan bahwa mobil tersebut terendam atau tidak. Jadi, untuk poin ini anda harus cermati jika target mobil yang dicari sudah yakin tetap harus pertimbangkan pengecekan secara resmi. Bahkan dapat juga mengecek apakah kilometer yang tercatat di mobil benar atau sudah di otak-atik untuk memberikan informasi yang benar juga dapat terdeteksi secara sistem.
Related Post:
Related Post:
10. PAJAK MOBIL MASIH HIDUP DAN RUTIN SETIAP TAHUN.
Menjadi sangat penting bahwa kendaraan harus membayar pajak setiap tahun dan selalu lunas tidak ada tunggakan. Pemilik yang bertanggung-jawab tentu akan membayarnya terbukti lunas di STNK. Anda harus mengecek setiap lampiran di STNK asli jika perlu anda mengecek di sistem Samsat yang sudah ada terpajang di sana dan masukan nomer kendaraannya dan langsung tersaji di layar.
Apabila tertunggak tentu anda sebagai pemilik baru akan melunasinya, hitung berapa pajak per-tahun dan dendanya akan mengurangi harga jual mobil tersebut. Begitu juga dengan jenis mobil pick-up ada unsur pembayaran lain yaitu KIR yang dilakukan setiap 6 bulan sekali. Buku ini wajib dan harus dimiliki oleh kendaraan barang yang terlampir buku dari Dishub. Jadi, anda jangan lupa semua dokumen resmi ini harus ada di mobil sesuai dengan jenisnya.
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar