Dua merek berkelas dunia Apple dan Samsung punya pelanggan setia/loyal sehingga sangat menarik untuk kita bahas di artikel ini. Loyalitas atau kesetian pelanggan adalah hal yang sangat utama sekali dalam berbisnis karena dengan cara ini semua produk yang dihasilkan sudah ada pembelinya, bahkan dari isu beredar saja mereka memberikan atensi tinggi untuk mengikuti. Kekuatan pelanggan adalah segalanya sehingga Apple dan Samsung merupakan kompetitor ini tentu punya strategi masing-masing sehingga menjadi sebuah kekuatan raksasa di bidang smartphone hingga gadget mutakhir yang selalu dibutuhkan untuk memudahkan semua aktifitas pelanggannya.
Perbedaan ke dua brand ini adalah Apple selalu memelihara kekuatan pelanggan setianya secara kontinuitas tetapi untuk biaya marketingnya cenderung tidak tinggi, tetapi Samsung juga punya strategi untuk pelanggan setianya yaitu menyediakan produk berkualitas tetapi biaya marketingnya cukup tinggi dibandingkan dengan Apple. Poin ini tentu sama-sama untuk mempertahankan konsumen setia mereka untuk tidak beralih ke merek lain saat produk terbaru diluncurkan. Untuk fokus saya mengambil untuk produk smartphone dan beberapa produk yang sama-sama di produksi oleh kedua nama besar ini.
Mereka berdua tentu akan berusaha semaksimal mungkin memberikan kualitas terbaik produknya, jika ada kenaikan harga produk akan selalu dibarengi dengan perubahan spesifikasi sehingga konsumen akan menilai sendiri. Untuk kualitas yang telah dipakai oleh pelanggan mereka akan merekomendasikan ke orang lain sehingga ke dua perusahaan ini tidak susah payah lagi mempengaruhi pelanggan baru karena sudah ada pelanggan setia mereka yang menjelaskannya. Tentu dari segi perusahaan akan mengurangi biaya marketingnya sehingga terbentuklah zona hemat yang dapat digunakan ke aktifitas lain yang akan dilakukan perusahaan.
Bagaimana mereka mampu membangun pelanggan setia/loyal yang dapat kita gali informasinya agar cara ini kita berkaca untuk bisnis yang akan dilakukan di masa yang akan datang. Sehingga pelajaran ini akan memberikan inspirasi bagaimana memperlakukan pelanggan sebagai aset yang sangat berharga untuk perkembangan perusahaan jangka panjang.
1. Mereka Menyediakan Pelayanan Pelanggan Dengan Profesional.
Perusahaan yang saling bersaing ini selalu menyediakan pelayanan pelanggan yang sangat profesional. Setiap permasalahan yang timbul akan ditangani oleh petugas yang sangat membantu, memberikan solusi dan memberi kesan bersahabat saat pelanggan berkunjung. Secara kontiniu perusahaan akan mengetahui problema apa yang sering dikeluhkan oleh pelanggan sehingga untuk ke depan produk yang mereka ciptakan dapat meminimalisir permasalahan yang ada.
2. Perusahaan Punya Identitas Sebagai Pembeda.
Perusahaan yang bergerak di bidang gadget dan smartphone ini menyediakan produk yang hampir sama dan pelayanan juga mirip. Yang membedakan mereka berdua adalah merek dan asal negaranya. Dengan brand logo dan nama ini membuat konsumen langsung mengenali, sama-sama punya strategi masing-masing perusahan sebagai pembeda paling utama. Dengan pembeda ini akan menjadi peingat bagi pelanggan saat mereka beraktifitas dan bersosialisasi dengan lingkungan sehingga kepuasan akan membuat mereka kembali lagi untuk membeli produk jenis lain di masa yang akan datang.
3. Petugas Selalu Memberikan Informasi Akurat Dan Penyampaian Rinci Jelas.
Petugas yang di rekrut oleh perusahaan tentu punya skil dan pengetahuan yang sangat cukup untuk mempelajari struktur dan enviroment perusahaan disampaikan secara informatif dalam bentuk website resmi. Website ini merupakan jendela informasi perusahaan yang dapat diakses oleh seluruh pelanggan setia mereka di seluruh dunia berisikan produk yang ada dengan spesifikasi yang akurat rinci jelas. Cara seperti ini tentu konsumen menjadi percaya dengan produk yang mereka buat sehingga penjualan yang akan terbentuk akan terwujud saat spesifikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
4. Pelanggan Adalah Raja Yang Harus Diperlakukan Istimewa.
Pelanggan adalah aset yang sangat berharga, sebagai raja yang harus dilayani tentu akan membuat mereka menjadi setia/loyal. Perhatian seperti ini lah yang disukai oleh pelanggan atau konsumen karena akan menimbulkan rasa emosional yang turut mempengaruhi attitude pelanggan membuat nama produk melekat di benak mereka.
5. Aspek Potongan Harga Saat Pre-Order Atau Tamahan Hadiah Khusus.
Poin ini sangat disenangi oleh konsumen, saat pre-order untuk produk tertentu perusahaan memberikan potongan harga atau tambahan hadiah khusus. Memang tidak selalu tetapi kejutan yang diberikan oleh perusahaan tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri sehingga terbentuk loyalitas atau kesetian mereka untuk menunggu produk baru yang sangat berkualitas di masa yang akan datang.
6. Secara Berkala Ada Even Khusus Untuk Pelanggan Setia.
Even ini selalu ditunggu oleh pelanggan yang dihadiri oleh pejabat yang berwenang di perusahaan tersebut yang langsung turun tangan menjelaskan produk terbaru mereka. Acara ini akan disaksikan oleh pelanggan setia/loyal mereka di seluruh dunia melihat kualitas maha karya yang mereka buat dengan keunggulan spesifikasi yang melekat. Perusahaan ini selalu mengadakan even ini untuk mengejutkan pasar bahwa ada produk terbaru dari salah satu brand ternama ini dan secara tidak langsung menjadi marketing terbaik di eksternal perusahaan.
7. Problema Menjadi Kekuatan Untuk Perubahaan.
Setiap produk yang dihasilkan sudah tentu pasti ada permasalahan yang akan terjadi saat dipakai oleh konsumen mereka. Setiap keluhan mereka catat dan menjadi riset strategis perusahaan untuk meminimalisir untuk tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. Dengan cara ini tentu konsumen selalu didengar keluhannya menjadi kontribusi mereka untuk kemajuan perusahaan. Sedikit keluhan akan berdampak besar terhadap penjualan jika tidak diperhatikan oleh ke dua perusahaan ternama ini.
8. Konsumen Menjadi Ekslusif Bagian Dari Brand Mereka.
Apple dan Samsung memperlakukan konsumen mereka sangat eksklusif dan menyediakan program tertentu untuk menghargai mereka. Seperti memberikan hadiah tertentu saat berlangsungnya acara tertentu sehingga pelanggan mereka senang dan akan muncul kesetiaan dan loyalitas. Perlakuan ini yang selalu diperhatikan oleh pemilik brand karena konsumen menjadi tulang punggung perusahaan untuk berkembang.
9. Secara Berkala Mereka Melakukan Survei.
Untuk menentukan skala kepuasan mereka maka perusahaan secara berkala melakukan survei terhadap seluruh produk yang dipakai oleh pelanggan setia/loyal mereka. Setiap pertanyaan punya bobot nilai tertentu sehingga total scor akan menentukan jawaban dari konsumen yang menentukan kinerja perusahaan selama ini.
10. Membuka Outlet Resmi Di Seluruh Dunia.
Untuk mendekatkan diri ke konsumen sudah tentu pasti ke dua brand ini akan membuka otlet resmi mereka di seluruh dunia. Jemput bola sebagai cara terbaik untuk menciptakan pelanggan setia mereka sehingga kedekatan ini akan memunculkan kepercayaan diri atas produk yang mereka jual.
Baca juga:
1. Kenapa Harga Produk Apple Sangat Mahal Sekali
2. Bagaimana Apple Company Membangun Relationship Dengan Konsumennya Selalu Baik Dan Berkelanjutan
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar