Langsung ke konten utama

Bisnis Bakso Malang: Latar Belakang, Modal Usaha, Tips Menjalankannya

  Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kulin...

Bagaimana Apple dan Samsung Membangun Pelanggan Yang Setia/Loyal?

 


Dua merek berkelas dunia Apple dan Samsung punya pelanggan setia/loyal sehingga sangat menarik untuk kita bahas di artikel ini. Loyalitas atau kesetian pelanggan adalah hal yang sangat utama sekali dalam berbisnis karena dengan cara ini semua produk yang dihasilkan sudah ada pembelinya, bahkan dari isu beredar saja mereka memberikan atensi tinggi untuk mengikuti. Kekuatan pelanggan adalah segalanya sehingga Apple dan Samsung merupakan kompetitor ini tentu punya strategi masing-masing sehingga menjadi sebuah kekuatan raksasa di bidang smartphone hingga gadget mutakhir yang selalu dibutuhkan untuk memudahkan semua aktifitas pelanggannya.

Perbedaan ke dua brand ini adalah Apple selalu memelihara kekuatan pelanggan setianya secara kontinuitas tetapi untuk biaya marketingnya cenderung tidak tinggi, tetapi Samsung juga punya strategi untuk pelanggan setianya yaitu menyediakan produk berkualitas tetapi biaya marketingnya cukup tinggi dibandingkan dengan Apple. Poin ini tentu sama-sama untuk mempertahankan konsumen setia mereka untuk tidak beralih ke merek lain saat produk terbaru diluncurkan. Untuk fokus saya mengambil untuk produk smartphone dan beberapa produk yang sama-sama di produksi oleh kedua nama besar ini.

Mereka berdua tentu akan berusaha semaksimal mungkin memberikan kualitas terbaik produknya, jika ada kenaikan harga produk akan selalu dibarengi dengan perubahan spesifikasi sehingga konsumen akan menilai sendiri. Untuk kualitas yang telah dipakai oleh pelanggan mereka akan merekomendasikan ke orang lain sehingga ke dua perusahaan ini tidak susah payah lagi mempengaruhi pelanggan baru karena sudah ada pelanggan setia mereka yang menjelaskannya. Tentu dari segi perusahaan akan mengurangi biaya marketingnya sehingga terbentuklah zona hemat yang dapat digunakan ke aktifitas lain yang akan dilakukan perusahaan.

Bagaimana mereka mampu membangun pelanggan setia/loyal yang dapat kita gali informasinya agar cara ini kita berkaca untuk bisnis yang akan dilakukan di masa yang akan datang. Sehingga pelajaran ini akan memberikan inspirasi bagaimana memperlakukan pelanggan sebagai aset yang sangat berharga untuk perkembangan perusahaan jangka panjang.

1. Mereka Menyediakan Pelayanan Pelanggan Dengan Profesional.
Perusahaan yang saling bersaing ini selalu menyediakan pelayanan pelanggan yang sangat profesional. Setiap permasalahan yang timbul akan ditangani oleh petugas yang sangat membantu, memberikan solusi dan memberi kesan bersahabat saat pelanggan berkunjung. Secara kontiniu perusahaan akan mengetahui problema apa yang sering dikeluhkan oleh pelanggan sehingga untuk ke depan produk yang mereka ciptakan dapat meminimalisir permasalahan yang ada.

2. Perusahaan Punya Identitas Sebagai Pembeda.
Perusahaan yang bergerak di bidang gadget dan smartphone ini menyediakan produk yang hampir sama dan pelayanan juga mirip. Yang membedakan mereka berdua adalah merek dan asal negaranya. Dengan brand logo dan nama ini membuat konsumen langsung mengenali, sama-sama punya strategi masing-masing perusahan sebagai pembeda paling utama. Dengan pembeda ini akan menjadi peingat bagi pelanggan saat mereka beraktifitas dan bersosialisasi dengan lingkungan sehingga kepuasan akan membuat mereka kembali lagi untuk membeli produk jenis lain di masa yang akan datang.

3. Petugas Selalu Memberikan Informasi Akurat Dan Penyampaian Rinci Jelas.
Petugas yang di rekrut oleh perusahaan tentu punya skil dan pengetahuan yang sangat cukup untuk mempelajari struktur dan enviroment perusahaan  disampaikan secara informatif dalam bentuk website resmi. Website ini merupakan jendela informasi perusahaan yang dapat diakses oleh seluruh pelanggan setia mereka di seluruh dunia berisikan produk yang ada dengan spesifikasi yang akurat rinci jelas. Cara seperti ini tentu konsumen menjadi percaya dengan produk yang mereka buat sehingga penjualan yang akan terbentuk akan terwujud saat spesifikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

4. Pelanggan Adalah Raja Yang Harus Diperlakukan Istimewa.
Pelanggan adalah aset yang sangat berharga, sebagai raja yang harus dilayani tentu akan membuat mereka menjadi setia/loyal. Perhatian seperti ini lah yang disukai oleh pelanggan atau konsumen karena akan menimbulkan rasa emosional yang turut mempengaruhi attitude pelanggan membuat nama produk melekat di benak mereka.

5. Aspek Potongan Harga Saat Pre-Order Atau Tamahan Hadiah Khusus.
Poin ini sangat disenangi oleh konsumen, saat pre-order untuk produk tertentu perusahaan memberikan potongan harga atau tambahan hadiah khusus. Memang tidak selalu tetapi kejutan yang diberikan oleh perusahaan tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri sehingga terbentuk loyalitas atau kesetian mereka untuk menunggu produk baru yang sangat berkualitas di masa yang akan datang.

6. Secara Berkala Ada Even Khusus Untuk Pelanggan Setia.
Even ini selalu ditunggu oleh pelanggan yang dihadiri oleh pejabat yang berwenang di perusahaan tersebut yang langsung turun tangan menjelaskan produk terbaru mereka. Acara ini akan disaksikan oleh pelanggan setia/loyal mereka di seluruh dunia melihat kualitas maha karya yang mereka buat dengan keunggulan spesifikasi yang melekat. Perusahaan ini selalu mengadakan even ini untuk mengejutkan pasar bahwa ada produk terbaru dari salah satu brand ternama ini dan secara tidak langsung menjadi marketing terbaik di eksternal perusahaan.

7. Problema Menjadi Kekuatan Untuk Perubahaan.
Setiap produk yang dihasilkan sudah tentu pasti ada permasalahan yang akan terjadi saat dipakai oleh konsumen mereka. Setiap keluhan mereka catat dan menjadi riset strategis perusahaan untuk meminimalisir untuk tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. Dengan cara ini tentu konsumen selalu didengar keluhannya menjadi kontribusi mereka untuk kemajuan perusahaan. Sedikit keluhan akan berdampak besar terhadap penjualan jika tidak diperhatikan oleh ke dua perusahaan ternama ini.

8. Konsumen Menjadi Ekslusif Bagian Dari Brand Mereka.
Apple dan Samsung memperlakukan konsumen mereka sangat eksklusif dan menyediakan program tertentu untuk menghargai mereka. Seperti memberikan hadiah tertentu saat berlangsungnya acara tertentu sehingga pelanggan mereka senang dan akan muncul kesetiaan dan loyalitas. Perlakuan ini yang selalu diperhatikan oleh pemilik brand karena konsumen menjadi tulang punggung perusahaan untuk berkembang.

9. Secara Berkala Mereka Melakukan Survei.
Untuk menentukan skala kepuasan mereka maka perusahaan secara berkala melakukan survei terhadap seluruh produk yang dipakai oleh pelanggan setia/loyal mereka. Setiap pertanyaan punya bobot nilai tertentu sehingga total scor akan menentukan jawaban dari konsumen yang menentukan kinerja perusahaan selama ini.

10. Membuka Outlet Resmi Di Seluruh Dunia.
Untuk mendekatkan diri ke konsumen sudah tentu pasti ke dua brand ini akan membuka otlet resmi mereka di seluruh dunia. Jemput bola sebagai cara terbaik untuk menciptakan pelanggan setia mereka sehingga kedekatan ini akan memunculkan kepercayaan diri atas produk yang mereka jual.

Baca juga:

1.  Kenapa Harga Produk Apple Sangat Mahal Sekali
2.  Bagaimana Apple Company Membangun Relationship Dengan Konsumennya Selalu Baik Dan Berkelanjutan

Komentar

Paling Banyak Dibaca Bulan Ini

Ebook Panduan Liburan Murah Ke Singapura, Bacpacker Wajib Tahu

  Ada rencana melakukan perjalanan wisata ke negara Singapura tahun ini, artikel ini sangat membantu anda untuk mewujudkannya. Tidak butuh budget atau biaya mahal saat menikmati waktu liburan singkat. Hal penting adalah panduan yang harus dikenali supaya trip nanti menjadi efisien dalam biaya serta efektif waktu yang tersedia. Berikut tahapnya: Sekilas Perjalanan Wisata ke Singapura. Negara yang sangat dekat dengan Indonesia ini menjadi pilihan tepat untuk pertama kali melakukan perjalanan ke luar negeri. Pertama hal yang harus dipersiapkan adalah dokumen perjalanan yaitu paspor. WNI tidak butuh visa untuk masuk ke negara ini karena termasuk negara ASEAN. Waktu kunjungan terbatas diberikan sangat cukup saat datang berlibur di negara ini. Hal yang harus diketahui adalah umur atau masa berlaku paspor tidak kurang dari 6 bulan saat anda berada di negara ini. Efek yang bisa muncul saat umur paspor singkat proses pengurusannya akan butuh waktu sehingga menghambat masa berkunjung. Jika p...

Tahap Cara Lengkap Bagaimana Melakukan Liburan Traveling Pertama Kali Ke Singapore Secara Backpacker Ala Ransel Sangat Mudah Khusus Pemula

Anda berencana traveling liburan ke Singapura tahun ini segera pahami tata cara tahap lengkap bagaimana dapat lancar ke sana dengan kemudahan dan pastinya pengalaman ini akan teringat sepanjang masa. Negara Singapore memang sebagai negara yang banyak dipilih untuk datang selain dekat dan pastinya masih dapat dijangkau dengan harga murah meriah asalkan anda tahu cara mewujudkannya. Sharing yang kami lakukan ini tentu sangat berguna bagi anda traveler pemula yang akan melakukan perjalanan liburan ke Singapore tahun ini atau akhir tahun ini untuk menghabiskan masa cuti yang telah disetujui oleh atasan. Berikut informasi yang anda perlukan agar traveling bacpacker ransel ini tidak akan selalu teringat dan akan selalu menjadi destinasi penting untuk liburan nanti.

Tips Cara Aman Traveling Luar Negeri Fase New Normal Covid-19 [Virus Corona]: Pahami Segera Lakukan Supaya Kenyamanan Tetap Anda Raih Saat Masa Penyesuaian Besar Sudah Di Depan Mata

Khusus anda akan melakukan traveling luar negeri masa new normal Covid-19 [Virus Corona] ada beberapa tips cara yang harus dipahami saat memasuki negara tujuan dengan beberapa protokol yang harus ditaati dan dilakukan. Semua negara bebenah diri untuk memberikan atensi sangat tinggi dengan pandemik ini dimana penyebarannya melewati kerumunan dan lalu lintas penduduk dunia yang melakukan berbagai aktifitas selalu menjadi perhatian. Pemerintah negara tujuan akan selalu memantau dan memperketat beberapa standar pemeriksaan dimulai dari bandara hingga beberapa tempat penting wisata agar totalitas untuk memutus penyebaran virus ini harus tuntas dilakukan.

Bagaimana Cara Ke Bukittinggi Dari BIM (Bandara Internasional Minangkau) Padang Pariaman Sumatera Barat

  Cara ke Bukittinggi dari BIM , merupakan artikel yang sangat banyak di cari oleh para traveler yang ingin menghabiskan masa cuti tahunan di kota ini. Terkenal dengan jam Gadang yang terletak di pusat kota Bukittinggi telah menjadi landmark dunia karena mesin yang melekat di jam ini konon kabarnya hanya dua di dunia yaitu di Big Ben London dan Jam Gadang Bukittinggi. Keunikan ini lah menjadi magnet paling tinggi, hanya ada dua di dunia sudah tentu pasti kota ini sangat penting di masa lalu sehingga mampu menghadirkan mesin jam ini sampai di titik nol kota Bukittinggi. Rata-rata yang ingin melakukan perjalanan ke Bukittinggi ini memang seorang backpacker karena menggunakan transportasi bus umum atau publik sebagai pilihan terbaik. Apalagi budget yang sangat minim sekali ingin juga menghabiskan waktu liburan di Bukittinggi apa pun alasannya. Memang seorang backpacker keinginannya sangat tinggi sekali, mereka akan melakukan perjalanan dengan biaya murah selalu mencari alternatif terb...

Bisnis Kue Jajanan Pasar: Latar Belakang, Modal Usaha, Cara Menjalankan, dan Tips

Setiap ada kesempatan acara tentu kue jajanan pasar menjadi pilihan untuk menjamu para tamu yang akan hadir. Portensi bisnis kue jajanan pasar ini sangat tinggi karena kebutuhan untuk berbagai kesempatan selalu ada pelanggannya. Lihat saja di pagi hari sebelum berangkat kerja banyak sekali para penjual kaki lima menjajakan aneka jenis kue jenis jajanan pasar dengan harga yang sangat terjangkau. Begitu harumnya potensi nilai bisnis dibalik jajanan pasar ini tentu ada peluang menjadi tempat mencari nafkah anda yang halal untuk keluarga tercinta. Beraneka jenis kue jajanan pasar saat ini memang tipenya dari generasi ke generasi, tidak menutup kemungkinan ada kue kekinian yang sudah mulai disenangi turut menyumbang vocubulary selera anak milenial. Potensi ini tidak dapat dilihat sebelah mata, karena uang yang terkumpul terlihat sepele mampu menggerakan perekonomian negara ini. Saya pernah berkunjung ke salah satu kios penjualan kue di pasar tradisional, pelanggannya sangat ramai sekali. An...

Gaya Bisnis Orang Singapura, Kenali Sebelum Melakukan Kerjasama Usaha

  Gaya bisnis orang Singapura tentu menjadi perbincangan bagi anak muda saat sekarang ini untuk menjalin perniagaan dengan kesepakatan tertentu. Keunikan ini membawa sesuatu yang bisa dipahami karena menunjukan karakter dan kebiasaan mereka untuk menjalani usaha tahun berjalan untuk memperoleh keuntungan. Perekonomian ini sudah lintas negara termasuk Indonesia dan Singapura termasuk penduduk lokal sehingga terjalin hubungan bisnis yang baik dan bertahan lama di masa yang akan datang. Ya, ibaratnya jangan menjadi "culture shock" saat tidak mengenal sehingga terjadi "dispute" yang bisa terjadi hanya dengan masalah sepele saja. Budaya mereka ada perbedaannya karena tradisi yang berkembang disana, rata-rata etnis juga berpengaruh sehingga anda harus mengenal mereka sebelum menjalani semua perjalanan bisnis ini nanti. Gaya bisnis sebagai fenomena setiap belahan dunia sehingga layak untuk menjadi hal yang dimengerti agar saling menghargai, saling memahami, dan saling bere...

Bagaimana Cara Bisnis Tetap Berjalan Baik Untung Besar Dengan Minim Resiko

  Jika anda telah memiliki bisnis saat sekarang telah merasakah fase sulit hingga keuntungan sudah terbentuk. Hal ini pastinya sangat menyenangkan sekali dimana kesulitan yang sudah menjadikan bisnis lebih dewasa ini membuat sang pemilik harus tetap siaga atas permasalan yang bisa saja terjadi sepanjang tahun. Fenomena bisnis selalu tetap ada saat banyak sekali kompetitor bermunculan dengan kelebihan masing-masing. Itu lah permasalahan yang selalu dihadapi oleh bisnis yang sudah masuk ke pasar terlebih dahulu. Saya memang merasakan sekali saat bisnis sudah berjalan dengan baik tetap fokus dan selalu merawat bisnis ini tetap memberikan keuntungan. Pengalaman mengajarkan bahwasanya pemilik harus selalu awas setiap data penjualan karena berdampak pada omset tahunan. Di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini memberikan informasi bagaimana cara bisnis tetap berjalan dengan baik omset naik untung besar dengan minim resiko. Berikut penjelasan lengkapnya: 1. Monitor Selalu Bisnis Berop...

Apa Saja Kegiatan Wisata Sekitar Bukit Bintang Kuala Lumpur Malaysia Khusus Traveler Backpacker Pemula

Jika anda telah berada di Bukit Bintang Kuala Lumpur Malaysia apa saja kegiatan wisata yang akan dilakukan khusus anda seorang traveler backpacker pemula akan membutuhkan informasi ini untuk menjalani semua itinerary yang sangat penting. Pusat keramaian kota Kuala Lumpur yang tak akan pernah sepi peminat ini sebagai destinasi wisata sangat mempesona dan pastinya tetap menjadi zona terbaik untuk menghabiskan waktu liburan singkat ini. Daerah keramaian kota yang terhubung dengan transportasi penting di Kuala Lumpur Malaysia terutama KLIA atau KLIA2 ini tentu memberikan hal lain khusus anda transit diatas 12 jam keatas akan mencoba menambah pengalaman untuk mengunjungi bukit bintang sebagai tempat yang menghipnotis atau hanya cuci mata sejenak sebelum penerbangan berikutnya.

Bagaimana Cara Saya Dapat Menulis Artikel Begitu Panjang Hingga Ide Datang Dengan Mudahnya Setiap Publish Mampu Bertahan Di Halaman Pertama Mesin Pencari Dengan SEO Tepat

Memang menulis saat sekarang ini sudah menjadi pekerjaan yang saya lakukan karena sudah menjadi dunia baru setelah hijrah dari seorang karyawan kantoran hampir selama 15 tahun. Untuk proses sangat tinggi sekali kesulitannya hingga harus belajar hampir semua sumber hingga buku yang harus di beli. Tetapi hal tersebut memang sangat penting dilakukan karena dengan menulis berarti saya sudah masuk ke dunia digital seperti saat sekarang ini selalu terkoneksi dengan semua rekan seluruh dunia dan menjadi keasyikan tersendiri. Mungkin anda sendiri melihat tulisan yang saya publish di blog ini cukup panjang bahkan butuh waktu lebih dari 5 menit untuk membacanya sehingga anda sebagai reader tentu membacanya lebih rinci tidak terlewatkan satu huruf pun.

Langkah Bagaimana Cara Mudah Membersihkan Motor Di Rumah

  Setelah anda memakai seharian sekarang harus anda membersihkan cuci motor matic atau manual dengan tata cara dan langkah mudah untuk dilakukan di rumah. Seperti kita sendiri setelah beraktifitas tentu telah melekat semua kotoran sehingga harus mandi sampai di rumah, begitu juga dengan motor. Apalagi setelah musim hujan selesai tentu banyak sekali kotoran, noda, hingga percikan minyak yang sudah mulai mengeras segara di kuras sampai bersih. Untuk melakukannya tidak perlu ke tempat pencucian motor lagi, untuk berhemat anda dapat kerjakan sendiri hanya ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Proses pencucian motor matic atau manual di rumah tidaklah sulit hanya saja anda harus mengetahui informasinya bagaimana mewujudkan motor ini nanti kembali bersih, segar, dan seperti baru kembali. Nah, sharing pengalaman yang pernah saya lakukan sendiri ingin saya tulis dalam bentuk tulisan supaya rekan semua dapat melakukannya sendiri di rumah. Sangat mudah dan simak penjelasan singkat berikut...