Langsung ke konten utama

Bisnis Bakso Malang: Latar Belakang, Modal Usaha, Tips Menjalankannya

  Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kuliner y

Cara Membersihkan Mobil Bagian Luar Dalam Agar Tetap Mengkilap Seperti Di Salon Dapat Anda Lakukan Di Rumah

 


Ingin membersihkan mobil bagian dalam (interior) dan luar (eksterior) tetap mengkilap tanpa harus ke salon dapat anda lakukan di rumah. Teknik yang dilakukan oleh salon mobil ini dapat anda lakukan sendiri karena cukup mudah dipahami segera anda praktekan agar dapat menghemat budget yang cukup mahal ini. Memang kebersihan mobil sangat penting dan harus dilakukan oleh anda sebagai pemilik supaya bagian dalam atau luar ini tetap lebih segar dan percaya diri saat di pakai.

Alasan pemilik mobil ingin membersihkan mobil baik dalam atau luar adalah ingin kerapihan hingga kebersihan, jika anda tidak mempunyai waktu yang lama tentu masuk ke salon dengan harga yang cukup mahal. Tetapi bagi anda yang ingin langsung melakukannya sendiri dapat dilakukan asalkan ada cara dan tekniknya tepat. Banyak sekali yang mengatakan bahwa bersihnya mobil akan menentukan nilai jualnya kelak apalagi mobil yang anda miliki nanti telah menjadi status mobil bekas performancenya harus baik hingga bodi serta kolong harus bersih dari karat dan kotor.

Apalagi bagian interior tentu harus dibersihkan secara baik termasuk bagian eksterior bodi dan seluruh part penunjangnya. Mengkilatkannya tentu harus di poles menggunakan cairan khusus sehingga noda yang tidak dibersihkan dengan cara normal dapat terangkat dengan sempurna.

Itulah cara kerja dari salon mobil yang sangat rinci pekerjaannya dan rapih, nah anda dapat mengadopsi tata kerja mereka semua tetapi anda sendiri yang melakukannya. Segera simak tips cara membersihkan mobil layaknya seperti masuk ke salon yang dapat anda lakukan di garase rumah di akhir pekan nanti sehingga menjadi aktifitas penting untuk membuat mobil anda menjadi kinclong dan mengkilap.

1. AREA BODI MOBIL.
Area pertama yang harus anda perhatikan adalah bagian luar yaitu bodi mobil. Sebelum anda bekerja sebaiknya mobil berada di tempat yang teduh terbebas dari sinar matahari langsung, dan pastikan mobil sudah keadaan dingin dan sejuk termasuk ke empat ban roda. Apabila anda merasa masih butuh waktu pendinginan lakukan dan segera persiapkan beberapa alat penunjang pekerjaan nanti seperti lap atau handuk mikro dengan daya serap tinggi dan sedikit tebal. Bahan seperti ini mempunyai daya kerja cukup baik terutama angkat kotoran sempurna di permukaan hingga di sela-sela sulit sekalipun. Siapkan sabun pencuci mobil atau sampo rambut dengan ph normal bukan sabun detergen.

Saat proses pencucian berlangsung nanti telah tersedia dua ember dengan masing-masing peruntukannya. Untuk satunya digunakan untuk pembersih mobil sabun khusus mobil dengan busanya, yang lainnya air bersih untuk bilas. Setiap ember punya fungsi masing-masing dan jangan sampai salah penggunaannya. Jika anda telah menggunakan air yang mengadung busa untuk membersihkan mobil maka kain yang bekas pakai tadi anda bilas dengan ember lainnya agar kotoran yang melekat tidak kembali melekat pada mobil serta menjaga kain tetap dalam kondisi bersih untuk pemakaian berikutnya.

Telah disebutkan anda harus hindari pemakaian sabun detergen apapun jenisnya termasuk sabun pencuci piring. Jika anda gunakan maka dampaknya permukaan cat mobil akan cepat kusam dan mempercepat proses oksidasi.

Untuk urutan awal terlebih dahulu anda siram dulu semua bodi mobil dengan air bersih untuk mengikis debu dan kotoran, penyemprotan ini tentu dengan debit air cukup kuat dengan keluaran seperti air mekar. Terutama bagian yang cukup sulit seperti bawah kolong hingga sela-sela hubungan part mobil untuk keluarkan semua kotoran yang melekat gunakan air dengan keluaran cukup kencang. Perbedaan keluaran air di kolong dan permukaan tentu berbeda dengan permukaan bodi yaitu seperti air keluar dari kran.

Pengalaman saya awal untuk mencuci mobil adalah di mulai bagian atas kemudian menuju ke bawah. Setelah sabun yang di masukan ke ember yang sudah berbusa ini yang mempunyai ph sangat rendah bersama dengan spons segera baluri ke seluruh bodi yang sudah basah. Kemudian menggunakan arah dengan pola searah jarum jam agar kotoran tidak menyebar kemana-mana cukup satu area. Setelah sempurna setiap area telah bersih di gosok dengan spons ini tentu segera di bilas dengan air yang berada di ember yang satunya agar sabun ini tidak cepat mengering dan langsung bersih. Semprotan yang menggunakan selang sebagai pamungkas untuk bersihkan bodi dengan mode air seperti bunga mekar dengan semprotan air yang tidak terlalu keras agar mengikis habis sabun yang mungkin saja bersisa tidak terbawa oleh air yang saya bilas pada ember yang berisi air bersih tadi. Minimalisir untuk menunggu segera di lap dan keringkan dengan handuk atau kain yang mempunyai daya serap tinggi, peras dan ulangi sampai bersih sempurna.

Pastikan saat anda mencuci mobil seperti ini harus terbebas dari sinar matahari terik karena akan menimbulkan bercak sabun putih karena langsung kering dengan panas yang timbul. Mobil anda ini berada di tempat yang teduh agar kesalahan yang anda akibatkan dengan bercak putih sabun yang mungkin saja pernah dilakukan sebelumnya tidak terulang kembali.

2. KE-EMPAT RODA MOBIL.
Setelah satu zona telah usai dengan kebersihan yang sudah mulai terlihat, segerakan ke zona ke empat roda mobil dengan teknik yang baik dan benar. Pertama anda harus menuju ke pelek ban untuk mengorek semua noda kotor, debu, lumpur, hingga minyak yang menempel. Gunakan sabun yang sudah anda siapkan di ember khusus untuk membersihkan roda. Saat pembersihan sebaiknya sabun yang anda gunakan nanti dibiarkan selama dua menit agar dapat menyatu dengan kotoran yang menempel setelah itu di sikat (buka sikan kawat pilih bulu yang relatif lembut) kemudian segera dibilas.

Saat anda melakukan pekerjaan di sekitar roda termasuk veleg hingga di kolong yang masih satu zona dengan ban mobil harus memperhatikan beberapa poin penting sebagai berikut:

1. Anda harus memperhatikan cairan pembersih yang dipakai nanti yang mengandung unsur asam hanya ditempat pada zona veleg saja atau alloy yang punya permukaan kasar.
2. Perhatian pada roda chrome yang dapat dibuat bersih mengkilap lakukan semir logam atau pembersih kaca untuk memaksimalkan hasil.
3. Kuras semua kotoran yang berada di kolong sekitar roda yang banyak terselip kotoran termasuk pasir yang sudah kering dengan semprotan air yang cukup keras agar saat berada di sela-sela yang sulit dijangkau dengan tangan dapat terangkat semuanya. Perhatikan setiap titik karena pasti ada onggokan kotoran berbeda-beda jumlahnya saat anda melintas kubangan atau tempat berair saat anda mengendari mobil ini.

Ada pengalaman lain saat setelah membersihkan ke empat roda dan ban mobil ini dan dapat anda praktekan, hasilnya sama dengan seperti saat mobil keluar dari salon: "setelah roda kering sempurna baik ban itu sendiri hingga veleg atau alloy-nya gunakan minuman soda untuk mengusap ban, dengan bantuan kain bersih lainnya tentu ambil jumlah air soda tersebut kemudian anda usapkan ke seluruh permukaan ban mobil. Segera lihat hasilnya beberapa saat anda tidak akan pernah menyangka apa yang terjadi, roda menjadi mengkilap bersih dari kotoran".

Tetapi ada juga pilihan lainnya seperti silicone cair yang juga digunakan untuk semir ban mobil hasil dari pabrikan yang cukup umum tetapi untuk kadar pekatnya tentu berbeda-beda pilih paling direkomendasikan oleh para pecinta otomotif. Lapisi ban dengan silicone ini terlihat lebih mengkilat dan tahan lama daya tahannya terhindar dari kotoran, debu, hingga lumpur. Tetapi masalah harga tentu akan berpengaruh, jika kepekatannya cukup tinggi pastinya semua keinginan terhadap ban mobil akan terlihat baik.

Dengan campuran dengan persentase dimulai dari 70% tuppertine dan 30% silicone ini agar harga semir ban lebih terjangkau, memang untuk ketahanan mengkilap relatif lebih baik tetapi tentu berbeda dengan silicone 100% yang sangat direkomendasikan. Tergantung dari budget anda untuk mempersiapkan ini semua.

Untuk cara kerja kedua produk seperti ini hampir sama untuk membuat ban mobil menjadi mengkilap dan seperti baru hanya saja lapisan yang terbentuk tentu akan jauh berbeda dengan produk unggulan dengan lapisan yang cukup tebal untuk satu kali polesan.

3. PEMBERSIHAN KACA MOBIL.
Kaca mobil yang berada di beberapa tempat ini tentu tidak terlepas dengan melekatnya noda, kotoran, hingga tumpahan makanan. Untuk pekatnya kotoran ini memang tergantung dari kegiatan pemilik mobil seperti mobil hanya dipakai dalam kota akan jauh sekali berbeda dengan mobil yang dipakai dengan jarak jauh. Untuk membantu mengangkat kotoran yang melekat ini sebaiknya anda menggunakan kain yang berteknologikan serat mikro agar memudahkan anda untuk mencuci dan lap ke seluruh permukaan. Apabila tidak punya kain dengan teknologi seperti ini pilih kain bersih yang terbebas dari serat agat tidak meninggalkan sisa serat seperti kapas atau bulu yang akan menempel pada kaca atau bagian lainnya. Hasil yang maksimal kebersihan anda akan melihat pantulan cahaya dari kaca akan terlihat mengkilap terbebas dari kotor dan kusam.

Anda juga perlu waspada dengan kondisi kaca atau jendela dengan warna yang berbeda-beda. Warna ini tentu sudah menjadi standar dari ATPM atau pabrikan yang harus melekat pada kaca mobil karena estetika bentuk supaya mobil lebih bagus appearance-nya, dan tentu warna ini akan hilang, pudar, hingga rusak jika bersentuhan dengan cairan yang salah anda terapkan untuk kaca-kaca tersebut seperti cuka atau amonia. Selalu pantau isi kandungan cairan ini supaya anda merasa aman saat membersihkan kaca-kaca mobil nanti harus terbebas dari dua unsur cairan ini.

4. KEBERSIHAN INTERIOR MOBIL.
Kebersihan yang sangat menyita waktu lebih lama lagi saat anda akan membersihkan interior mobil secara komprehensif. Pertama kali anda harus mengeluarkan elemen yang mudah terlepas seperti karpet yang bertengger di jok depan, tengah, dan belakang. Jika terlihat kotor sekali bekas dari alas kaki baik itu pasir, noda, hingga lumpur segera cuci dan sikat kemudian anda jemur segera agar cepat kering.

Siapkan kain khusus untuk pembersihan interior ini agar noda yang berasal dari luar mobil tidak menempel di dalam, karena kepekatan dan jenisnya tentu juga berbeda. Bersihkan dan lap dashboard dengan kain yang cukup lembut berikut dengan semua sisi-sisi pintu depan, tengan, hingga bagian bagase mobil.

Siapkan vacum cleaner untuk menyedot semua benda kecil yang berada di sela-sela interior di mulai dari karpet mobil, jok, hingga bagian yang sulit terjangkau oleh tangan yaitu di bawah kursi seluruh penumpang. Jika perlu ada tombol lipat kursi segera lakukan supaya memudahkan anda untuk membersihkan lebih totalitas.

Pembersihan harus teliti jangan sampai benda asing yang tidak seharusnya disedot oleh vacum cleaner terjadi seperti benda tumpul atau tajam yang akan merusak mesin atau filter dari vacum cleaner tersebut. Setelah anda sisihkan dari alat ini tentu akan membuat keawetan dari mesin ini tetap terjaga dengan baik.

Semua debu dan kotoran yang sudah berkumpul di tempat yang terlihat dengan mata kemudian gunakan jenis jangkauan vacum cleaner yang berbeda-beda modelnya, ada yang ujungnya tipis dan sedikit besar tergantung dari objek yang akan dibersihkan.

Jika perlu filter dari mesin vacum tersebut segera dibersihkan dan lokasinya sebaiknya sedikit berjauhkan dengan mobil agar semua sampah yang tersedot yang bercampur menjadi satu ini tidak kembali lagi atau menempel di bodi mobil karena ketebalan dari debu yang berhasil tersedot cukup tebal.

Selanjutnya anda ambil busa, spons, atau kain yang cukup basah dapat anda gosokan bagian interior untuk lap kotoran yang menempel telah kering terutama di bagian jok tempat duduk dan dashboard. Sebelum anda melakukan sebaiknya lap dengan kain sedikit basah lain terlebih dahulu dan biarkan sejenak kemudian lap dengan kain dengan teknologi mikro ini untuk finalisasi. Jika masih terlihat anda ulangi lagi sampai noda yang menempel ini benar-benar terangkat semuanya. Setelah kain pertama dan kedua untuk interior ini terlihat sudah kotor segera bilas dengan bersih supaya terangkat semuannya dapat digunakan kembali ke bagian interior lainnya untuk dibersihkan.

Anda juga harus memastikan semua elemen yang telah anda lap ini harus kering semua, memastikan selalu saat bekerja. Apabila ada yang basah di bagian tertentu akan berdmpak tumbuhnya jamur yang membuat kondisi interior menjadi cepat rusak hingga bau apek saat anda berada di dalam mobil.

Detil interior memakan waktu cukup lama dan harus perjuangan keras untuk membersihkannya adalah bagian keluarnya AC. Di bagian ini tentu akan terlihat debu yang melekat di bagian yang sulit terjangkau, apabila debu yang melekat ini sulit terjangkau oleh jari anda dapat dibantu oleh sumpit atau lidi yang sudah dilapisi dengan kapas setelah anda berikan cairan vinyl agar kotoran tersebut terangkat dengan mudahnya dan terlihat mengkilat.

Perhatiaan berikutnya adalah bagian jok tempat duduk yang mempunyai design yang cukup beragam apalagi bagian jahitan yang dapat melekat noda dan kotoran lainnya. Awalnya memang anda lap awal terlebih dahulu dan kemudian lap kembali dengan kain mikro sehingga kebersihan jok ini lebih baik. Jika perlu vacum cleaner juga bekerja di sisi-sisi kulit bagian captain seat dan bagian tombol yang banyak kotoran bersembunyi. Gunakan tuas dari vacum cleaner dengan ujung tipis agar bisa masuk ke sala-sela tersebut.

Jok yang berbahan kulit tentu mempunyai treatment yang berbeda dengan flanel hingga campuran plastik dan seterusnya. Anda harus memastikan tidak salah memberikan cairan tambahan supaya permukaan dari jok atau sarung jok ini terkelupas yang mebuat estetikanya menjadi berkurang.

5. BERI AROMA SEGAR SETELAH SELESAI PEMBERSIHAN.
Rata-rata semua pekerjaan salon mobil yang sudah selesai akan diberikan kertas di kursi penumpang baik depan, tengah, atau belakan setelah karpet mobil yang sudah kering tadi diletakan. Tidak hanya itu saja aroma parfum segar juga disemprotkan secukupnya agar udara yang sebelumnya tidak enak untuk dicium kembali segar.

Jika anda ingin aroma yang natural dapat menggantungkan aroma kopi yang sedang lagi tren saat ini, tidak itu saja untuk jenis kayu manis yang diikat pun sudah menjadi alternatif pilihan. Untuk melengkapi segarnya aroma kabin penumpang di interior anda juga dapat meletakan penyerap udara yang tidak sedap di bawah jok tempat duduk untuk menghilangkan aroma asing tidak biasanya ada di dalam mobil sudah tersedia banyak di supermarket. Untuk melihat cara kerjanya, satu paket dari penyerap udara ini akan berubah wujudnya kemudian ganti dengan yang baru agar aroma di dalam kabin tetap terjaga dengan baik.

Khususnya aksesoris yang melekat di dashboard tentu sudah anda bersihkan dari debu atau kotoran yang menempel. Setelah semuanya selesai sempurna maka mobil anda sudah kembali cerah dan seperti baru lagi. Jika anda ingin letakan saja di rumah atau ditinggal dalam waktu lama sebaiknya pada malam hari diselimuti dengan jenis dan ukuran sudah tersedia di toko aksesoris mobil. Semoga bermanfaat tips cara membersihkan mobil bagian luar dan dalam yang dapat anda lakukan di rumah sendiri tetap dapat mengkilap dan kinclong laksana seperti pulang dari salon mobil.

PENTING! untuk poles permukaan cat tidak dilakukan karena harus menggunakan alat untuk mengangkat kotoran yang menempel di cat terangkat sempurna, begitu juga dengan bagian atap interior dalam mobil. Jika ada yang masih kotor harus ada sesi tambahan supaya kotoran yang menempel terutama warna hitam bekas pegangan atau sentuhan dari berbagai objek ini akan memberikan noda. Untuk pembersihan tentu lebih detil lagi harus ada tambahan cairan lain untuk mengangkat noda hitam ini. 

Baca juga:

1. Cara Memilih Kaca Film Bagus Terbaik Untuk Mobil Kesayangan Anda
2. Cara Memilih Mobil Bekas Terbaik Yang Bagus Untuk Di Pakai Sendiri
3. Bagaimana Teknik Mencuci Mobil Yang Baik Dan Benar Di Rumah Khusus Pemula

Komentar

Paling Banyak Dibaca Bulan Ini

Colokan Listrik Tiga Negara Favorit Traveler: Singapore, Malaysia, dan Thailand

Negara favorit traveling oleh seorang backpacker adalah Singapore, Malaysia, dan Thailand sudah tentu pasti akan membawa colokan listrik untuk mengisi daya baterai saat gadget sudah habis. Colokan listrik ini sebagai sahabat terbaik saat menghabiskan liburan traveling ini dan digunakan saat berada di hotel untuk mengisi seluruh daya kembali sehingga kebutuhan dunia sosial segera dapat digunakan. Adaptor atau colokan listrik walaupun ukurannya kecil tetapi sangat penting dan vital untuk semua kebutuhan gadget hingga kamera sekalipun akan bergantung dengan benda ini. Jika dilihat dari harganya sangat terjangkau tetapi jika anda lupa akan menjadikan traveling anda mimpi buruk yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Pengalaman yang kami rasakan saat melakukan traveling ke tiga negara {Singapore, Malaysia, Thailand} menjadikan tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan traveler yang pertama kali melakukan perjalanan ini sehingga mempersiapkannya supaya semua gadget yang dibawa dapat mak

Kenapa Kegagalan Bisnis Pertama Kali Oleh Pemula Begitu Menyakitkan, Untuk Bangkit Susah Sekali

  Impian seorang pemula untuk melakukan bisnis adalah sukses dan bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi. Bisnis yang dilihat di media sosial  seperti flexing yang tidak habisnya, karena para pemula melihat suksesnya saja tetapi untuk proses yang begitu sulit yang dilalui oleh mereka tidak dilihat secara utuh. Saya juga pernah merasakannya bahkan saat saya sudah melakukan bisnis tetap juga dicurangi tetapi saya tidak mempermasalahkan. Justru pengalaman itu saya bisa lebih bijaksana untuk memilih siapa saja yang bisa diajak berkolaborasi atau tidak. Fenomena yang sangat menarik sekali untuk di buat konten artikel maka di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini saya dapat sharing pengalaman. Awalnya memang kegagalan bisnis untuk pertama kali bagi pemula begitu menyakitkan, untuk bangkit begitu sulit sekali. Saat itu memang saya merasakan hal seperti itu tetapi bagaimana mengatasi sakit yang terjadi supaya bisa menatap masa depan. Berikut tahap yang saya lakukan agar supaya tetap bersem

10 Supermarket Populer Terbaik Di Kuala Lumpur Malaysia

Daftar belanja supermarket di Kuala Lumpur Malaysia dengan harga murah dengan promo yang sangat banyak tentu sangat disenangi untuk mendapatkan semua kebutuhan keseharian dengan jumlah barang yang sangat lengkap. Kebutuhan supermarket murah di Kuala Lumpur tentu sangat banyak dicari baik penduduk lokal hingga para turis untuk mencari semua kebutuhan yang tergabung dalam konsep hypermarket atau big supermarket. Jadi istilahnya grocery store shopping yang akan selalu dilakukan karena lokasinya di pusat kota, mall, hingga kenyamanan yang sangat tinggi untuk mendapatkannya maka supermarket menjadi pilihan terbaik saat berada di Kuala Lumpur Malaysia.