Langsung ke konten utama

Bisnis Bakso Malang: Latar Belakang, Modal Usaha, Tips Menjalankannya

  Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kuliner y

Segera Ketahui Tips Saat Mulai Bisnis Barbershop Gunting Rambut Pria Di Pusat Kota Khusus Pemula

Saat sekarang ini telah menjelma sebuah pilihan untuk model rambut masuk dalam bisnis barbershop gunting rambut pria dengan pesona keuntungan yang sangat menggirukan telah mulai dirasakan oleh generasi milenial. Pria juga harus dimengerti disaat mendapatkan gaya rambut yang trendi harus konsumen dapatkan agar penampilan saat melakukan aktifitas pekerjaan keseharian menjadi lebih rapi dan tertata. Dengan pesona barbershop ini tentu anda sebagai owner pemilik harus mengetahui bagaiman membaca semua keinginan pasar dengan segera mengetahui tips yang harus diperhatikan di saat memulai bisnis anak muda masa kini yaitu barbershop gunting rambut pria telah didirikan di pusat keramaian kota dengan pesona gengsi yang tak akan terbantahkan lagi. Berikut sedikit tulisan yang dapat membuka cakrawala anda sebagai pebisnis muda yang harus handal dan harus mampu membaca fenomena pasar yang sangat kompetitif:

Credit: vbarbershop.com

1. SKILL TEKNIK GUNTING RAMBUT.
Tentu saja seorang barbershop gunting rambut pria harus memiliki skill pengetahuan yang cukup baik bagaimana cara membuat suatu model yang disenangi oleh pelanggan. Seorang tenaga kerja yang bekerja di barbershop anda tentu harus mempunyai pengalaman atau jam terbang yang cukup baik untuk menghadirkan teknik gunting rambut yang cukup profesional. Pemilihan tenaga kerha tentu saja harus ada seleksi yang cukup ketat dengan melihat latar belakang pekerjaan selama ini dan pertimbangkan lainnya seperti pendidikan tambahan yang telah dia dapatkan sebelumnya kursus singkat untuk meningkatkan kinerja di teknik pemotongan rambut. Kemampuan ini harus mutlak bahkan wajib karena dengan adanya teknik skill untuk gunting rambut ini dimiliki pastinya akan menopang kelangsungan hidup bisnis anda dikemudian hari.

2. LOKASI STRATEGIS BISNIS BARERSHOP.
Lokasi berdirinya bisnis barbershop ini cukup penting untuk dipilih apalagi akses jalan yang menjadi faktor utama lalu lintas penduduk sekitar juga tidak luput dari perhatian anda. Meletakan bisnis di lokasi yang sangat strategis tentu harus dipilih alasan utamanya yaitu kemudahan pelanggan untuk sampai ke lokasi. Saat penelitian ini harus diwaspadai beberapa faktor penting seperti harga sewa hingga target pasar yang akan menjadi konsumen tetap anda. Untuk beberapa daerah memang berbeda pola berkembangnya kota dengan jenis bangunan yang tersedia seperti rumah tradisional, ruko, hingga mall sekalipun. Pastinya anda sebagai pemilik bisnis ini tentu harus memilih mana yang terbaik sesuaikan dengan pola pikir karakter anda untuk menjadikan bisnis ini menjadi lebih menarik untuk ditekuni.

3. HATI-HATI MEMILIH KONSEP DESAIN BARBERSHOP.
Tentu saja barbershop sebagai tempat gunting rambut yang terkece saat ini untuk pria harus memiliki konsep desain yang harus sesuai dengan target pasar atau permintaan pasar. Tidak hanya itu saja beberapa model desain barbershop yang ada saat sekarang ini sudah mulai menjadi target pilihan seperti tradisional, modern, klasik, futuristik, bahkan sederhanan. Semua elemen yang ada di ruangan barbershop pastinya harus mampu mengakomodir semua fungsi yang akan digunakan dimulai dari ruang tunggu, lemari, pekerja, hingga ruangan terasa luas. Hati-hati ini menjurus kepada kenyamanan saat pelanggan anda datang ingin mendapatkan jasa yang anda tawarkan kepada mereka.

4. PERHITUNGAN MATANG SAAT TAMBAHAN TENAGA KERJA.
Menjadi sangat bijak sekali saat pemilik barbershop selalu menghitung dan meneliti dengan cermat dan akurat saat memilih tambahan tenaga kerja. Perhitungan cermat ini harus akurat karena akan berhubungan dengan keuntungan yang akan diraih disaat bisnis ini mulai berkembang. Tenaga kerja memang menjadi ujung tombak kelangsungan hidup perusahaan karena ditangan mereka lah bisnis ini berjalan semaksimal mungkin saat pelanggan sudah mulai banyak berdatangan. Pastinya, di waktu yang tepat penambahan tenaga kerja mau tidak mau harus dilakukan alasannya jika tidak ditambah pelanggan telah mulai banyak maka mereka akan meninggalkan barbershop anda dan akan memilih barbershop tetangga untuk mendapatkan perawatan yang diinginkan karena tidak mau menunggu lama saat akan dilayani.
5. AKTIFITAS KEUANGAN BARBERSHOP HARUS TERCATAT.
Uang yang masuk dan keluar harus tercatat dengan baik sebagai owner harus mengetahui keakuratan pos yang menjadi aktifitas ekonomi yang akan mengisi pundi-pundi keuangan anda nanti. Jangan pernah lengah dengan keuangan karena akan berdampak kepada kinerja anda dan target yang menjadi tujuan. Pencatatan ini sebenarnya bertujuan untuk mengetahui perputaran keuangan yang terjadi disaat konsumen menggunakan jasa dengan produk yang telah digunakan serta cost akan timbul saat melakukan gunting rambut. Jika diperlukan anda mempunyai buku catatan sendiri atau software untuk merangkum semua dokumentasi hingga dapat mengeluarkan laporan keuangan harian.

6. DESAIN BARBERSHOP DENGAN TEKNOLOGI MUTAKHIR.
Jika anda mempunyai kemampuan untuk melakukan desain barbershop sangat direkomendasikan sekali membuat semua ruangan menjadi nyaman dan menyenangkan. Dapat menggunakan cutting sticker, mural, hingga beberapa lukisan tambahan untuk meningkatkan estetika ruangan menjadi lebih baik. Desain ini sangat penting di saat anda akan memulai bisnis ini sehingga konsumen menjadi terkagum dengan keunikan bahkan keotentikan sebuah tempat gunting rambut pria yang menjadikan ciri khas anda untuk memulai aktifitas kegiatan ekonomi ini. Desain ini termasuk dalam menentukan logo sebagai yang eye cathing menjadi daya tarik tersendiri agar konsumen anda langsung teringat dengan keunikan ini.

7. PRO AKTIF MELAKUKAN MARKETING PROMOSI BARBERSHOP.
Jangan pernah lelah untuk melakukan aktifitas promosi marketing agar perjalanan bisnis barbershop anda menjadi lebih baik di kemudian hari. Promosi ini sangat beragam di mulai dari brosur hingga iklan yang anda tempatkan di sekitar lokasi hingga ke media lainnya. Dengan baiknya penggunaan smartphone dari tahun ke tahun menunjukan perkembangan yang cukup baik ini dapat juga anda masuk ke dalamnya dengan media sosial populer sehingga target pasar yang anda inginkan ini menjadi tepat sehingga konsumen yang akan mendatangi bisnis anda dapat dengan mudahnya. Lakukan secara berkala dan berikan pola yang beragam sehingga omset yang anda inginkan dapat tercapai maksimal.

8. IDENTITAS BISNIS DENGAN BLOG.
Tentu saja dengan membuat blog anda telah menjelaskan diri kepada konsumen bahwa ini lah bisnis anda yang telah ada di kota tertentu membantu para pria mendapatkan semua keinginan dengan rambut yang rapi. Blog saat sekarang ini telah menjadi sebagai jendela penghubung antara anda sebagai owner dan konsumen di dunia maya. Dengan tulisan dan desain yang cukup apik anda mampu menarik konsumen baru dari pengguna smartphone sehingga anda mampu menambah jumlah pelanggan baru yang melihat blog anda sesuai dengan selera konsumen. Jangan pernah anggap remeh dengan blog saat sekarang ini karena blog akan terhubung dengan pencarian informasi yang terhubung dengan Google, Yahoo, dan Bing.

9. SEGERA BUAT CHANEL YOUTOUBE.
Fenomena youtube sebagai media sosial yang sangat berpengaruh di dunia tayangan informasi juga dapat anda masuki dengan keunggulan yang akan di dapat. Anda sebagai owner membuat sebuah konten mengenai seluk belum dunia rambut pria dengan konsep penayangan yang sangat menarik. Tentu saja tidak mudah sebaiknya anda memulainya, sehingga kreatifitas anda di dunia broadcasting dapat juga diandalkan untuk mendatangkan pelanggan baru dari sana. Tidak perlu harus memiliki peralatan yang mutakhis cukup dari smartphone anda saja telah mampu membuat sebuah konten yang bermanfaat sehingga barbershop anda mulai dikenal.

10. SIAPKAN PAKET TAMBAHAN UNTUK KONSUMEN PRIORITAS.
Saat bisnis berjalan pastinya anda memiliki konsumen prioritas dimana konsumen ini akan meminta lebih disaat dia yakin bahwa barbersop anda mampu memberikannya seperti cuci rambut, atau paket rambut lainnya. Kebutuhan seperti ini memang harus dapat anda sediakan disaat bisnis sudah mulai berkembang dan dikenal pelanggan setia selalu datang berikanlah paket tambahan kepada mereka agar loyalitas mereka untuk datang kembali dikemudian hari tetap dapat diandalkan. Jika konsumen barbershop pria telah memberikan kenyamanan saat paket gunting rambut mereka dapatkan maka percayalah mereka ingin merasakan paket tambahan yang anda sediakan untuk menunjang gunting rambut sebagai tujuan utamanya.

11. UPDATE INFORMASI TREND MODEL RAMBUT PRIA.
Pemilik bisnis harus mempunyai pengetahuan tingkat tinggi seluk beluk gunting rambut baik dari media cetak, online, hingga kursus. Informasi ini sangat penting untuk perkembangan bisnis anda dikemudian hari karena pastinya akan berdampak pada kemampuan anda menghadirkan model yang diingini oleh konsumen. Setiap tahun dan musim pastinya akan selalu ada model rambut terbaru yang akan menjadi pilihan konsumen karena dengan model ini mereka akan selalu datang sesuai dengan kriteria keinginannya. Pentingnya update informasi trend model rambut ini akan berpengaruh kepada kelangsungan hidup bisnis anda dikemudian hari.

12. ATTITUDE SEORANG BARBERSHOP HARUS DIPERHATKAN.
Memperhatikan semua attitude seorang barbershop baik untuk diri sendiri atau pelanggan saat bekerja harus diperhatikan. Hal yang menjadi sangat prinsipal di saat bekerja adalah tidak bau badan hingga bau mulut. Saat melakukan gunting rambut pastinya anda dan konsumen akan berdekatan dan pastinya fenomena harum harus segera diperhatikan. Bayangkan jika terjadi ketidaknyamanan suasana udara disekitar tentu akan membuat konsumen gerah dan akan berpengaruh pada kedatangan di musim berikutnya. Jadi, sebelum anda melakukan aktifitas pekerjaan gunting rambut pastikan attitude seperti ini diperhatikan penuh tanpa terlewatkan.

13. KOMITMEN DENGAN JAM KERJA BARBERSHOP.
Saat anda telah berkomitmen untuk menjalankan bisnis barbershop ini harus segerakan diri stand by di tempat bisnis saat jam operasional sudah menunjukan waktunya untuk buka. Anda jangan pernah mengecewakan konsumen yang tidak akan mengetahui kapan waktu jam ramai baik pagi, siang, atau malam. Jika anda tidak tepat waktu dan tidak komitmen dengan  jam kerja yang telah disampaikan kepada pelanggan maka anda telah menurunkan omset penjualan anda sendiri dan menggali kegagalan sendiri dengan berjalanannya waktu akan membuat bisnis anda menjadi gulung tikar. Pastikan komitmen ini harus terinci dan tidak lengah agar kelangsungan hidup perusahaan barbershop ini tetap bertahan di saat kompetitor semakin banyak tumbuh.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Bulan Ini

Colokan Listrik Tiga Negara Favorit Traveler: Singapore, Malaysia, dan Thailand

Negara favorit traveling oleh seorang backpacker adalah Singapore, Malaysia, dan Thailand sudah tentu pasti akan membawa colokan listrik untuk mengisi daya baterai saat gadget sudah habis. Colokan listrik ini sebagai sahabat terbaik saat menghabiskan liburan traveling ini dan digunakan saat berada di hotel untuk mengisi seluruh daya kembali sehingga kebutuhan dunia sosial segera dapat digunakan. Adaptor atau colokan listrik walaupun ukurannya kecil tetapi sangat penting dan vital untuk semua kebutuhan gadget hingga kamera sekalipun akan bergantung dengan benda ini. Jika dilihat dari harganya sangat terjangkau tetapi jika anda lupa akan menjadikan traveling anda mimpi buruk yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Pengalaman yang kami rasakan saat melakukan traveling ke tiga negara {Singapore, Malaysia, Thailand} menjadikan tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan traveler yang pertama kali melakukan perjalanan ini sehingga mempersiapkannya supaya semua gadget yang dibawa dapat mak

Kenapa Kegagalan Bisnis Pertama Kali Oleh Pemula Begitu Menyakitkan, Untuk Bangkit Susah Sekali

  Impian seorang pemula untuk melakukan bisnis adalah sukses dan bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi. Bisnis yang dilihat di media sosial  seperti flexing yang tidak habisnya, karena para pemula melihat suksesnya saja tetapi untuk proses yang begitu sulit yang dilalui oleh mereka tidak dilihat secara utuh. Saya juga pernah merasakannya bahkan saat saya sudah melakukan bisnis tetap juga dicurangi tetapi saya tidak mempermasalahkan. Justru pengalaman itu saya bisa lebih bijaksana untuk memilih siapa saja yang bisa diajak berkolaborasi atau tidak. Fenomena yang sangat menarik sekali untuk di buat konten artikel maka di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini saya dapat sharing pengalaman. Awalnya memang kegagalan bisnis untuk pertama kali bagi pemula begitu menyakitkan, untuk bangkit begitu sulit sekali. Saat itu memang saya merasakan hal seperti itu tetapi bagaimana mengatasi sakit yang terjadi supaya bisa menatap masa depan. Berikut tahap yang saya lakukan agar supaya tetap bersem

10 Supermarket Populer Terbaik Di Kuala Lumpur Malaysia

Daftar belanja supermarket di Kuala Lumpur Malaysia dengan harga murah dengan promo yang sangat banyak tentu sangat disenangi untuk mendapatkan semua kebutuhan keseharian dengan jumlah barang yang sangat lengkap. Kebutuhan supermarket murah di Kuala Lumpur tentu sangat banyak dicari baik penduduk lokal hingga para turis untuk mencari semua kebutuhan yang tergabung dalam konsep hypermarket atau big supermarket. Jadi istilahnya grocery store shopping yang akan selalu dilakukan karena lokasinya di pusat kota, mall, hingga kenyamanan yang sangat tinggi untuk mendapatkannya maka supermarket menjadi pilihan terbaik saat berada di Kuala Lumpur Malaysia.