Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kuliner y
Anda seorang karyawan kantoran tentu pernah mendengarkan meeting atau rapat secara mingguan bersama dengan pimpinan perusahaan, berkumpul di satu ruangan yang cukup besar dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan departemen untuk membahas hal yang dirasa perlu untuk disampaikan menyangkut perusahaan. Setiap perusahaan yang mengedepankan profesionalitas dalam pekerjaan sudah tentu pasti akan melakukan aktifitas ini karena menjadi sebuah cara untuk mengukur prestasi kerja masing-masing karyawan hingga mewujudkan performance perusahaan di masa yang akan datang menjadi lebih baik. Bayangkan apa yang terjadi jika meeting rapat bersama ini tidak ada maka akan menimbulkan permasalahan tersendiri dan akan memberikan daftak negatif terhadap perusahaan secara keseluruhan.
credit: tecinteractive.co.uk |
Memang meeting rapat di era digital ini tidak hanya di ruangan berkumpul bersama tetapi menggunakan teknologi di saat pihak lain berada di luar kantor melakukan "conference meeting" untuk mewujudkan agar kesempurnaan hasil kesepakatan menjadi lebih baik. Tidak ada kata tidak bisa rapat atau meeting hari ini karena tidak di tempat, solusinya menggunakan teknologi walaupun jarak jauh masih dapat dilakukan. Nah, dari fenomena ini alasan penting apa dilaksanakannya meeting atau rapat ini untuk mengukur prestasi perusahaan di masa yang akan datang. Poin ini dapat juga anda aplikasikan ke berbagai elemen lain seperti seorang pejabat pemerintahan, swasta, perusahaan keluarga, dan lain sebagainya. Hanya saja poin yang saya sampaikan ini dapat flesibel sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Begitu banyaknya manfaat meeting dan rapat ini saya mencoba menulis di konten ini semoga dapat mencerahkan wawasan dan dapat diambil maknanya.
1. MEMBAHAS PROGRES KINERJA MASING-MASING DEPARTEMEN.
Perusahaan berjalan dengan adanya masing-masing unit departemen yang bekerja sesuai dengan job desk. Departemen sebagai personal yang bertanggungjawab dengan pola arus kerja perusahaan tentu saja ada permasalahan untuk memecahkan masalah tersebut harus dibawa ke forum. Setiap waktu berjalan tentu saja tidak selalu mulus ada masalah yang mengganjal sehingga menghambat proses pekerjaan. Saat meeting atau rapat ini lah departemen yang hadir menyampaikan kepada pimpinan perusahaan dan pihak lainnya hadir sehingga permasalahan yang ada menjadi jelas dan adanya solusi awal apa yang harus dilakukan. Berlanjutnya ke waktu berikutnya pimpinan perusahaan akan selalu menanyakan progres kinerja dari kesepakatan yang diberikan saat meeting lampu sehingga ada hasil kerja yang dapat menjawab semua permasalahan yang muncul tadi.
2. SEBAGAI MOMEN ZONA NILAI UNTUK KENAIKAN JABATAN.
Saat anda sebagai pimpinan perusahaan tentu saja akan bertemu dengan tenaga kerja inti yang berkumpul memberikan kontribusinya menjadikan perusahaan ini menjadi berkembang hingga besar. Nah, momen ini dapat dijadikan zona nilai untuk siapa karyawan yang sangat dedikasi hingga bekerja sesuai dengan SOP hingga skill dan pengetahuan tinggi untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada menjadi selesai tepat waktu. Momen ini sangat strategis dan rahasia dimana anda sebagai pimpinan selalu memantau progres selama ini dan membantu anda secara tidak langsung membuat perusahaan menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi setiap hari. Anda "hire" mereka tentu harus berkontribusi untuk menyelesaikan semua masalah yang dihadapi sehingga kepuasaan anda memberikan peluang lebih baik di kemudian hari adalah promosi ke jabatan yang lebih chalenging lagi di periode berikutnya.
3. AWAL CARA UNTUK MERENCANAKAN RENCANA STRATEGIS PERUSAHAAN.
Anda sebagai pimpinan perusahaan tentu selalu mengamati apa yang terjadi dimulai dari proses hingga output yang akan dijadikan rujukan. Tentu saja dengan meeting atau rapat ini anda bisa mengukur seberapa stabil perusahaan ini untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat di masa yang akan datang dan kebijakan seperti apa segera diambil agar perusahaan ini tetap bertahan dengan baik. Merencanakan kebijakan strategis perusahaan ini tentu berhubungan dengan kinerja dari seluruh karyawan yang terlibat di departemen sehingga anda sebagai pimpinan sudah ada wacana strategis yang harus di hadapi saat jangka pendek hingga jangka panjang. Jadi, jangan pernah tinggalkan jadwal meeting atau rapat karena menjadi wadah untuk mengetahui apa yang terjadi di perusahaan dan apa yang harus dilakukan segera.
4. SEBAGAI CARA UNTUK MEMINALISIR KECURANGAN HINGGA FRAUD PERUSAHAAN.
Setiap perjalanan perusahaan pastinya ada muncul kecurangan hingga fraud yang bisa terjadi saat operasional berjalan. Kecurangan ini bukan dalam uang saja tetapi dapat dimulai dari sistem yang diadopsi oleh perusahaan untuk bekerja dan menghadapi operasional perusahaan. Mengukur seberapa akurat sistem itu bekerja tentu saja ada sesi meeting membahas bagaimana fenomena yang terjadi keseharian sehingga performace perusahaan tetap terjaga dengan baik. Meminimalisir dan fraud yang terjadi memang tidak ada pada meeting tetapi seluruh departemen terlibat di dalam sesi rapat tersebut tentu akan terkorek informasi awal atau gejala dari departemen yang terlibat didalamnya. Anda sebagai pimpinan perusahaan akan mengambil kebijakan tertentu agar kecurang dan fraud ini tidak melebar dan terjadi lebih masive lagi ke seleuruh elemen departemen lainnya dan akhirnya perusahaan akan menjadi dampak.
Baca juga:
Baca juga:
5. SEBAGAI WADAH UNTUK MENDEKATKAN DIRI DENGAN KARYAWAN.
Pastinya momen ini dapat dijadikan sebagai cara untuk mendekatkan diri dan berinteraksi dengan karyawan sehingga mereka dapat menjadi teman terbaik anda untuk menjalankan perusahaan ini bersama-sama untuk meningkatkan performance lebih baik. Meeting atau rapat ibaratnya tempat curhat anda di forum yang sangat tepat dimana anda menjadi mengenal lebih dalam bagaimana sebenarnya perusahaan ini sekarang dengan permasalahan yang ada. Tidak itu saja, anda mengenal apa yang harus dilakukan di saat karyawan menyampaikan kesulitan hingga keterbatasan yang mereka hadapi untuk menjalankan semua kriteria agar performance perusahaan tetap terjaga. Jangan sepelekan wadah ini untuk mendekatkan diri supaya anda menjadi seorang yang berprestasi mengenal mereka sehingga anda sebagai pemimpin tidak gamang atau sendirian menghadapi tantangan masa depan yang sangat tinggi untuk memenangkan kompetisi
6. ANDA AKAN BELAJAR EFEK PSIKOLOGIS SAAT BERINTERAKSI SESAMA KARYAWAN.
Dengan momen yang tepat berkelanjutan pastinya ada hal yang dapat dirasakan yaitu efek psikologis saat berinteraksi bersama karyawan yang hadir saat itu. Pimpinan perusahaan akan mempelajari secara otodidak bagaimana karyawan yang berdedikasi menjelaskan semua aspek kinerja di sesi yang anda berikan sehingga penjelasan tersebut sangat jelas apakah profesional atau tidak. Setiap psikologi yang terwujud muncul rasa kekeluargaan secara tidak langsung akan terasa. Apabila pimpinan perusahaan tidak berperan maka tidak akan menangkap efek psikologis seperti ini dan akan selalu merasa asing saat berada di lingkungan perusahaan. Wadah interaksi sangat penting karena disitu lah pimpinan mendapatkan teman saat sulit dan mereka satu-satu pihak yang datang segera untuk membantu.
7. MOMEN TUKAR PIKIRAN HINGGA CURHAT PERMASALAHAN PEKERJAAN.
Waktu yang sangat tepat untuk tukar pikiran hingga curhat masalah penting perusahaan memang di waktu meeting atau rapat. Semua unek-unek hingga rasa yang patut disampaikan disini lah momen nya tidak terkecuali apakah departemen operasional, departemen akunting, dan seterusnya. Jadi, anda sebagai pimpinan perusahaan menjadi penengah dan pemberi jawaban akhir apa yang seharusnya dilakukan oleh masing-masing karyawan yang hadir saat meeting atau rapat. Ibaratnya, solusi agar tidak terjadi efek yang menjurus kepada penurunan produktifitas kinerja karyawan secara keseluruhan. Jadi, jangan pernah anggap remeh momen ini karena akan merugikan sekali bagi pimpinan perusahaan untuk menangkap semua respon yang hadir saat rapat meeting berlangsung.
8. MENDAPAT JAWABAN AKURAT DARI INTI PERMASALAHAN.
Untuk mengetahui jawaban permasalahan yang terjadi di dalam perusahaan tentu harus dari sumbernya. Jika anda seorang pimpinan perusahaan tentu akan menemukan jawaban yang pasti apa yang terjadi dari pihak yang terlibat langsung dengan permasalahan itu sendiri. Di waktu rapat atau meeting anda dapat mencerna secara rinci proses hingga saat itu apa sebenarnya yang terjadi, kronologis awal hingga tahap yang telah dilakukan. Keseluruhan hanya di momen ini yang didapatkan walaupun masih dapat dilakukan secara khusus ke departemen yang dimaksud tetapi di meeting anda dapat meminta masukan dari departemen lain untuk melengkapi semua jawaban lebih banyak dari persfektif yang berbeda. Jadi menyeluruh tidak dari satu pihak yang mengemukakan tetapi seluruh departemen memberikan efort kerjanya terhadap permasalahan tersebut.
Baca juga:
Baca juga:
9. AWAL KEBANGKITAN POTENSI PEMIKIRAN GLOBAL PIMPINAN ANDA.
Di awal meeting rapat seperti ini muncul pemikiran global anda untuk diri sendiri melekat di karir anda di masa yang akan datang. Mungkin anda tidak selalu memikirkan karir di perusahaan ini tetapi ada owner perusahaan lain melihat potensi anda setelah memimpin perusahan ini dibawah kendali anda beberapa tahun ini. Tentu saja anda sebagai pimpinan termasuk karyawan kantoran juga tetapi levelnya tentu berbeda dengan karyawan yang berada di departemen dibawah kendali anda. Potensi anda memang butuh tempat eksplor awal di mulai dari interaksi meeting sebagai tempat belajar anda untuk bagaimana manage karyawan secara keseluruhan serta posisi anda sendiri.
10. SEBAGAI CARA MENYATUKAN SELURUH ELEMEN DEPARTEMEN SESUAI DENGAN POLA KERJA PIMPINAN ANDA.
Disini lah peran anda sebagai pimpinan perusahaan memanfaatkan meeting rapat ini sebagai cara untuk menyatukan seluruh elemen yang ada di departemen yang ada di perusahaan untuk menjalankan pola kerja yang melekat di karakter. Ibarat anda akan berjalan akan menggunakan langkah untuk sampai ke tujuan, begitu juga di perusahaan anda butuh waktu meeting atau rapat untuk memberitahukan bahwa anda menginginkan cara seperti ini harus ditempuh dengan berbagai pertimbangan yang telah di buat. Jadi pentingnya meeting ini tentu lebih terfokus pada kesepakatan anda pimpinan dan karyawan untuk bersama-sama menjalankan pekerjaan masing-masing sesuai dengan jalur yang telah ditetapkan.
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar