Langsung ke konten utama

Bisnis Bakso Malang: Latar Belakang, Modal Usaha, Tips Menjalankannya

  Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kuliner y

Tips Mudah Membeli Sepeda Bekas Khusus Pemula: Bayar Sesuai Dengan Kondisi Dan Kualitas

 


Tingginya antusias membeli sepeda bekas saat sekarang ini tentu saja anda sebagai pemula harus mengetahui tata cara untuk mendapatkan unit yang terbaik dengan harga yang sangat terjangkau. Kebutuhan sepeda bekas sangat tinggi sekali apalagi saat sekarang ini hidup sehat sangat diperhatikan apalagi di kota besar seperti DKI Jakarta. Fasilitas pendukung hingga jalur khusus untuk sepeda telah disiapkan sehingga gowes saat libur akhir pekan saat sekarang ini telah banyak dilakukan dengan kegiatan bersepeda baik secara peroranan hingga komunitas.

Apabila anda berencana untuk membeli sepeda bekas di bulan ini dengan dana yang terbatas tidak mungkin membeli yang baru tentu di tulisan saya ini dapat membantu tips cara mudah untuk membeli sepeda bekas khusus pemula dimana anda bayar sesuai dengan kondisinya. Berikut tahap yang harus anda perhatikan:

ALASAN KENAPA MEMILIH SEPEDA.
Sudah sangat tingginya penduduk kota yang sudah peduli sekali dengan kesehatan, maka sepeda menjadi pilikan terbaik. Apalagi masa karatina yang telah hampir usai ini bergeser sudah kebiasaan hidup sehat menjadikan gowes sepeda menjadi hobi baru bahkan semua kegiatan keseharian selalu menggunakannya. Alasan kenapa banyak sekali penduduk kota besar memilih sepeda saat sekarang untuk keseharian:

1. Pastinya uang yang anda miliki sudah mulai berhemat karena tidak perlu lagi menggunakan ojek online untuk jarak tertentu. Walaupun bersepda anda tetap bergaya tapi masih hemat uang.
2. Telah adanya jalur untuk sepeda sehingga anda sudah tentu pasti akan terhindar dari kemacetan di jalur tertentu.
3. Tidak membutuhkan area parkir yang luas, apalagi di area pusat kota dapat parkir disamping anda saat rehat sejenak.
4. Anda tidak butuh BBM sama sekali jadi masih hemat uang setiap saat.
5. Anda telah membantu pemerintah untuk tidak mencemari udara sekitar.
6. Sangat bersahabat sekali kecepatan dari sepeda jika dibandingkan dengan kendaraan lain saat macet melanda.
7. Body sepeda ada bisa dilipat dan sangat mudah dibawa diposisi apapun.
8. Hanya bisa bawa sepeda anda tidak perlu menggunakan SIM seperti sepeda motor.
9. Memberikan zona menyenangkan saat anda bosan di area tertentu sehingga dapat menghilangkan stres.
10. Memberikan efek sehat terutama di bagian paha dan pinggul saat gowes.

Dengan fenomena ini tentu muncul dari rekan lain untuk memiliki sepeda, jika dilihat dari harga baru memang harganya sangat tinggi sekali apalagi merek terkenal yang telah diakui kualitasnya. Tidak usah malu ingin mendapatkan sepeda bekas sebagai alternatif untuk memilikinya dan untuk meningkatkan performance tubuh lebih sehat setelah masa pandemik ini berlalu. Ada beberapa tips mudah untuk membeli sepeda bekas nanti:

1. JENIS SEPEDA APA YANG INGIN DIBELI.
Banyak sekali jenis sepeda yang ada di pasaran, hal yang harus anda ketahui bahwa spesifikasi seperti apa yang menjadi kebutuhan anda paling mendesak seperti sepeda lipat, mountain bike, atau sepeda sport. Semakin bagus sepeda yang anda inginkan sudah tentu pasti akan berdampak pada uang yang akan dipersiapkan. Apapun jenis sepeda yang ada dipasaran sudah tentu pasti pasarnya ada, jangan sampai salah beli kebutuhan sepeda seperti apa yang paling mendesak. Seperti anda hanya untuk mengisi waktu saja saat weekend dan wara-wiri ke sekitar kompleks anda tidak perlu membeli sepeda yang mahal bahkan limited edition dan seterusnya.

2. LAKUKAN KOMPARASI HARGA DARI BEBERAPA PENJUAL SEPEDA BEKAS.
Sebagai calon pembeli sepeda bekas anda harus segera melakukan komparasi harga beberapa penjual yang ada di offline maupun online. Saat sekarang ini sangat mudah untuk melakukan riset pembelian sehingga harga pasar yang sebenarnya dapat anda ketahui tanpa adanya buffering sama sekali. Perlu anda ketahui waspada dengan harga sepeda yang sangat murah sekali karena akan berpengaruh pada kepercayaan kualitas dari sepeda itu sendiri. Komparasi ini saat sekarang telah menjadi suatu hal yang wajib untuk dilakukan supaya uang yang anda miliki ini memang sesuai dengan peruntukannya. Alasannya melakukan hal ini agar anda tidak membeli terlalu mahal untuk sepeda bekas nanti.

Cara pertama yang anda lakukan riset harga jual adalah melihat sepeda baru dari website resmi pemegang merek, dan kemudian membandingkan harga di website market place yang menjual sepeda bekas. Setelah anda mengetahui harga batas bawah dan batas atas ini baru segera menentukan di penjual mana yang sesuai dengan selera anda. Tambahan lain adalah sepeda keluaran baru dengan harga mahal biasanya untuk harga bekas tidak terlalu jauh paling 10%-15% murahnya, berbeda dengan sepeda dengan tipe tertentu tahun pembuatannya 2-3 tahun belakangan akan turun harga 15%-30% tergantung kualitasnya.

Perlu juga dicermati bahwa harga sepeda tidak berdasarkan pada merek yang ada, ada beberapa harganya masih mahal karena kualitasnya sangat tinggi dengan beberapa komponen yang dipakai. Seperti merek sepeda keluaran dari Eropa dan USA akan berbeda dengan merek sepeda di dalam negeri. Untuk harga setiap orang tentu berbeda-beda apakah mahal atau tidaknya sanat relatif, jadi pelajari anda berada di zona mana.

3. SEGERA IDENTIFIKASI SIAPA PENJUAL TERBAIK.
Dari banyaknya penjual sepeda bekas yang ada baik offline atau online ini tentu setelah anda melakukan riset telah menentukan siapa penjual yang terbaik. Tips mudah membeli sepeda bekas di poin ini tentunya anda sebagai pembeli sudah mulai mendapatkan nomer kontaknya sehingga telah melakukan komunikasi awal. Setelah berkomunikasi tentu saja anda akan mendapatkan alamat penjual yang jelas tidak hoax. Hal ini sangat penting karena banyak sekali identitas penjual dikaburkan agar tidak terdeteksi dengan baik oleh pembeli misalnya lokasi sepeda bekas berada di tempat lain sedangkan pemilik tidak tahu dimana alamatnya.

Jika lokasinya cukup jauh dari domisili anda tentu harus komunikasi lewat email WA [jika ada], hingga toko atau alamat rumah jika penjual telah percaya dengan anda. Selalu awas dengan poin ini jangan sampai anda terjebak karena semakin jauh lokasinya tentu anda akan mengeluarkan uang ekstra untuk datang kesana.

Khusus di website market place anda harus teliti performance penjual yang telah dia raih. Apakah telah bintang lima dan lainya sebagai cerminan penjual yang jujur dan telah diakui oleh para pembeli lainnya. Pastinya di market place sudah ada komentar yang dapat anda baca satu per satu agar kepercayaan anda untuk mencoba melihat sepeda bekas ini dapat anda lakukan segera.

Pada saat sepeda ini dalam kondisi barus sudah tentu pasti telah melihat bacaan review dari pembeli pertama, nah informasi ini lah yang harus anda dapatkan agar saat membeli sepeda bekas kualitas yang masih ada saat sekarang minimal mendekati baru atau umurnya tidak terlalu jauh di tahun saat sekarang ini.

4. SEGERA LAKUKAN PENGECEKAN FISIK KONDISI SEPEDA KESELURUHAN.
Setelah informasi yang anda dapatkan di poin tiga diatas dan telah menentukan pilihan maka segera datangi penjual. Visit dan pengecekan fisik harus dilakukan agar anda mengetahui kualitas sepeda bekas yang akan dibeli masih layak atau tidak. Pengecekan ini sangat harus dilakukan apakah ada bagian part yang rusak atau berkarat hingga komponen penting lainnya seperi rantai, roda, hingga veleg-nya. Aspek ini tentu saling berhubungan apalagi bodi sebagai penopang berat di pemilik harus kuat dan masih kokoh.

Saat anda berada pada zona ini pastinya anda menjaga attitude untuk tetap menenangkan diri saat pengecekan fisik. Lihat seluruh bagian sepeda dan jangan melontarkan pertanyaan apapun kepada penjual agar kemistri tercipta terlebih dahulu agar transaksi dapat dilakukan nanti, semoga. Karena begini, ada penjual yang sangat sensitif saat pembeli bertanya yang terlalu rinci sehingga tidak terjadi kenyamanan saat kunjungan anda.

Pengecekan fisik untuk sepeda bekas saat anda berkunjung ke penjualnya ada beberapa hal penting yang harus anda lakukan agar memberikan kenyakinan bahwa sepeda ini memang layak untuk dimiliki dengan harga yang pantas:

a. Cek dan teliti komponen suspensi di kedua roda apakah masih dalam kondisi baik. Karena sepeda keluaran diatas tahun 2015 telah ada suspensinya sehingga saat gowes terasa empuk dan menyenangkan.
b. Kondisi setang sepeda harus anda lihat secara teliti terutama saat anda bawa dan berbelok apakah masih responsif atau tidak. Kondisi setang yang baik lurus tegap dan responsif, apabila tidak dikhawatirkan sepeda ini pernah terjatuh atau tertabrak di objek lain sehingga bengkok atau lain sebagainya.
c. Lihat kondisi roda depan dan belakang serta veleg-nya. Jika kondisi baik bentuk roda masih standar pabrik dan pastinya veleg tidak bengkok saat dikendrai. Jika bengkok berarti sepeda ini pernah masuk lubang yang dalam atau menopang beban yang sangat berat saat sebelumnya.
d. Periksa kondisi rem apakah masih kondisi baik terutama kanvas rem-nya , kabel yang melekat, hingga kepakemannya. Rem ini paling penting saat memberhentikan sepeda berada di kondisi padat kendaraan. Rem harus kondisi baik dan bagus sehingga elemen paling krusial ini masih melekat di sepeda bekas ini.
e. Periksa gear sepeda depan atau belakang, khusus yang dibelakang sepeda keluaran terbaru telah ada gigi atau porseneling bertingkat yang digunakan untuk tanjakan atau jalan datar. Gear ini harus dalam kondisi baik dan pastikan elemen ini kualitasnya harus mendekati 85%.
f. Hindari sepeda bekas yang telah ada karat seperti pada rantai, setang, hingga bodi lainnya. Indikasinya sepeda ini tidak dapat perawatan dari pemilik sehingga performancenya saat anda miliki akan segera berkurang dengan cepat. 

Baca juga: Cara Merawat Sepeda Agar Tidak Berkarat Khusus Pemula

5. MINTA IJIN KEPADA PENJUAL UNTUK MENCOBA SEPEDA BEBERAPA SAAT.
Jika anda telah melihat kondisi sepeda bekas ini sebaiknya anda minta ijin kepada penjual untuk mencobanya di sekitar komplek agar memberikan kenyakinan bahwa sepeda ini sangat layak untuk anda miliki. Mencobanya tidak ada salahnya dan pastikan semua komponen masih baik tidak berbunyi-bunyi hingga gear nya saat dilakukan perpindahan masih kondisi baik. Penting untuk dilakukan agar anda puas dengan kualitas sepeda bekas ini nantinya.

6. SEGERA LAKUKAN TAWAR HARGA KEPADA PENJUAL.
Saat anda melihat sepeda ini di website atau market place penjual telah memasang harga. Setelah meneliti dan mencoba sepeda ini anda sudah dapat gambaran harga sepantasnya untuk di nego dan berapa jumlahnya. Menawar harga tidak ada salahnya karena sangat layak di barang bekas apapun wujudnya. Biasanya penjual ada memberikan zona nego dimulai rage 5%-15% itu pun kualitasnya masih baik. Apabila cek fisik yang anda lakukan memang pantas dengan harga segitu masih masuk akan untuk dibeli. Berbeda dengan kondisi sepeda yang ada kekurangannya dan harus diganti part maka anda harus hitung lagi berapa biaya yang harus dikeluarkan nanti saat penggantian dan waktu yang habis menyertai saat sepeda ini di bengkel. Jadi, poin ini harus benar-benar anda cermati dengan baik dan sempurna karena pola pikir setiap orang berbeda-beda menyikapi murahnya sepeda yang dicari.

PENTING: membeli sepeda bekas ini harus tenangkan diri anda untuk tetap melakukan beberapa riset kandidat penjual lainnya dengan kualitas aset yang dia miliki. Apabila anda tidak "sreg" atau tidak yakin dengan kondisi sepeda ini sebaiknya "jangan dibeli" karena salah beli mengakibatkan anda merasa menyesal setelah memilikinya. Jangan terburu-buru lakukan sembari tetapi riset penjual lainnya, jika penjual yang satu tidak sesuai berarti anda belum layak memeliki sepeda bekas denan kualitas baik dan bagus.

Baca juga: Cara Membawa Sepeda Motor Agar Tidak Cepat Lelah Dan Mengantuk

Komentar

Paling Banyak Dibaca Bulan Ini

Colokan Listrik Tiga Negara Favorit Traveler: Singapore, Malaysia, dan Thailand

Negara favorit traveling oleh seorang backpacker adalah Singapore, Malaysia, dan Thailand sudah tentu pasti akan membawa colokan listrik untuk mengisi daya baterai saat gadget sudah habis. Colokan listrik ini sebagai sahabat terbaik saat menghabiskan liburan traveling ini dan digunakan saat berada di hotel untuk mengisi seluruh daya kembali sehingga kebutuhan dunia sosial segera dapat digunakan. Adaptor atau colokan listrik walaupun ukurannya kecil tetapi sangat penting dan vital untuk semua kebutuhan gadget hingga kamera sekalipun akan bergantung dengan benda ini. Jika dilihat dari harganya sangat terjangkau tetapi jika anda lupa akan menjadikan traveling anda mimpi buruk yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Pengalaman yang kami rasakan saat melakukan traveling ke tiga negara {Singapore, Malaysia, Thailand} menjadikan tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan traveler yang pertama kali melakukan perjalanan ini sehingga mempersiapkannya supaya semua gadget yang dibawa dapat mak

Kenapa Kegagalan Bisnis Pertama Kali Oleh Pemula Begitu Menyakitkan, Untuk Bangkit Susah Sekali

  Impian seorang pemula untuk melakukan bisnis adalah sukses dan bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi. Bisnis yang dilihat di media sosial  seperti flexing yang tidak habisnya, karena para pemula melihat suksesnya saja tetapi untuk proses yang begitu sulit yang dilalui oleh mereka tidak dilihat secara utuh. Saya juga pernah merasakannya bahkan saat saya sudah melakukan bisnis tetap juga dicurangi tetapi saya tidak mempermasalahkan. Justru pengalaman itu saya bisa lebih bijaksana untuk memilih siapa saja yang bisa diajak berkolaborasi atau tidak. Fenomena yang sangat menarik sekali untuk di buat konten artikel maka di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini saya dapat sharing pengalaman. Awalnya memang kegagalan bisnis untuk pertama kali bagi pemula begitu menyakitkan, untuk bangkit begitu sulit sekali. Saat itu memang saya merasakan hal seperti itu tetapi bagaimana mengatasi sakit yang terjadi supaya bisa menatap masa depan. Berikut tahap yang saya lakukan agar supaya tetap bersem

10 Supermarket Populer Terbaik Di Kuala Lumpur Malaysia

Daftar belanja supermarket di Kuala Lumpur Malaysia dengan harga murah dengan promo yang sangat banyak tentu sangat disenangi untuk mendapatkan semua kebutuhan keseharian dengan jumlah barang yang sangat lengkap. Kebutuhan supermarket murah di Kuala Lumpur tentu sangat banyak dicari baik penduduk lokal hingga para turis untuk mencari semua kebutuhan yang tergabung dalam konsep hypermarket atau big supermarket. Jadi istilahnya grocery store shopping yang akan selalu dilakukan karena lokasinya di pusat kota, mall, hingga kenyamanan yang sangat tinggi untuk mendapatkannya maka supermarket menjadi pilihan terbaik saat berada di Kuala Lumpur Malaysia.