Bisnis-cuci-mobil sebagai usaha yang cukup menguntungkan saat sekarang ini karena kebutuhannya sudah sangat tinggi apalagi di kota besar di Indonesia. Perputaran uang cukup bagus dan tentu harus punya trik khusus bagaimana anda dapat memenangkan kompetisi yang sudah sangat tinggi sekali. Dengan banyaknya tempat pencucian mobil ada saat sekarang ini tentu masing-masing punya pasar tersendiri dan konsumen memilih yang sangat kompetitif, harga yang sangat terjangkau, tempat strategis, kebersihan tingkat tinggi, hingga tempat menunggu yang sangat representatif.
Setelah saya membaca beberapa artikel belum ada yang cukup komprehensif bahkan satu tulisan dapat membantu investor seperti anda untuk membantu sehingga terbuka wawasan yang strategis. Saya termasuk sebagai konsumen yang pernah menggunakan jasa pencucian mobil tetapi saya ada rasa yang tidak puas dengan hasilnya masih belum maksimal. Dengan harga yang saya bayarkan masih saja kurangnya, sehingga memberanikan diri untuk membuat tulisan ini dapat memberikan informasi agar anda memulai bisnis ini dapat cepat berkembang. Saya dengan latar belakang pendidikan di bidang ekonomi tentu ada perhitungan hingga studi kelayakan sehingga sebelum berbisnis anda sebagai investor dapat meneliti apakah sudah siap membangun bisnis-cuci-mobil ini di kota anda berdomisili.
1. Latar Belakang Bisnis Cuci Mobil.
Tidak ada sebuah bisnis yang akan dilakukan pasti ada sebabnya. Sebagai bisnis yang kebutuhannya sangat tinggi ini tentu dapat anda telisik sedikit demi sedikit. Menurut saya, semua yang memiliki mobil tentu tidak semua pula punya waktu yang cukup banyak. Dengan latar belakang pekerjaan yang cukup bervariatif di kota besar tentu saat mobil kotor ingin di cuci tidak ada waktu banyak ya harus pergi ke tempat pencucian mobil. Lihat saja para eksekutif muda yang harus terlihat mobil bersih di setiap suasana sudah menjadi sebuah kebutuhan, dengan pekerjaan yang begitu sibuk maka waktu untuk mencuci mobil sangat terbatas sekali waktunya.
Jumlah kendaraan roda empat di kota besar sangat tinggi apalagi setiap model baru yang keluar sudah tentu pasti ada saja peminat dan langsung berjalan pasti terlihat pesonanya. Nah, dengan fenomena ini tentu anda sebagai investor melihat peluangnya dimana tidak semua orang ada waktu cukup banyak mencuci mobil. Sebagai ilustrasi singkat saja, misalnya di DKI Jakarta sekitar 500.000 unit mobil saja yang wara-wiri di sekitar lokasi anda di jam tertentu sudah ada peluang 10% dari jumlah itu pasar yang akan menanti. Tapi, untuk mendapatkan itu semua harus ada trik yang harus dipahami agar perputaran uang yang didapat nanti akan anda dulang dengan mudahnya.
Untuk mendirikan bisnis-cuci-mobil tentu ada hal yang harus diketahui yaitu mengerti seluk beluk di bisnis ini. Apabila pengetahuan anda minim akan menjadikan bisnis ini tentu tidak berjalan dengan baik, harus ada lagi pengetahuan tambahan yang didapatkan supaya roda bisnis berjalanan dengan baik. Pastikan pengetahuan anda cukup, jangan sampai saat sudah berproses anda bergerak lama dan tidak masuk penjualan yang seharusnya sudah mulai terbentuk.
Ada hal penting yang harus anda ketahui sebelum bisnis ini berjalan, ya ibaratnya informasi khusus sebagai investor untuk menyelaraskan dengan keadaan pasar dan keinginan anda di dua poin paling penting ini. Yang lainnya akan mengikuti saja.
a. Modal Awal Anda Harus Cukup.
Mendirikan tempat pencucian mobil ini tentu tidak sedikit dana segar yang harus anda sediakan. Untuk tempat, alat, hingga semua infrastruktur pendukung harus dipersiapkan dengan baik. Sebagai gambaran saja, bisnis ini tentu butuh belanja modal yang cukup besar tidak hanya untuk tempat saja untuk mesin hidrolik saja juga menjadi alokasi yang sangat tinggi. Belum lagi ruangan yang berbentuk hall dengan ketinggian tertentu juga memakan modal awal sangat tinggi.
b. Lokasi Bisnis Berdiri.
Jika anda ingin bisnis ini berjalanan dengan cepat ya harus di tempat yang sangat strategis. Lokasi jalan urat nadi lalu-lalang kendaraan sangat penting dan aksesnya hanya di tempat tersebut. Pilihan lokasi tentu tidak mudah harus ada pihak lain yang menjual atau menyewakan tanah yang anda incar sebagai tempat bisnis. Prosesnya cukup panjang dan anda sebagai investor harus meneliti dimana tempat yang sama dengan akses seperti ini untuk memulai bisnis-cuci-mobil di kota anda.
Setelah anda mengetahui dua poin ini dengan latar belakang bisnis ini akan terbentuk tentu seperti gayung bersambut. Ada permintaan tentu ada peluang, semakin pintar anda menangkap peluang tersebut maka perputaran uang yang anda inginkan dapat terwujud dengan baik hingga berproses menjadi besar sangat mungkin anda raih dalam waktu dekat.
2. Perhitungan Usaha Pencucian Mobil.
Hal yang sangat krusial untuk memulai bisnis-cuci-mobil tentu perhitungannya seperti apa. Bisnis yang perlu modal segar untuk memulainya tentu harus anda persiapkan. Sebagai pemula yang tidak mempunyai modal terlalu besar akan menjadi pembahasan di artikel ini. Modal yang anda persiapkan tentu berhubungan dengan berapa banyak mesin hidrolik yang akan dipakai, teknologi yang menyertainya, hingga kapasitas berat mesin dapat mengangkat mobil.
Ada hal lain yang harus anda ketahui bahwa untuk memulai usaha ini ada alat atau beberapa perangkat yang akan anda pilih sebagai penunjang pekerjaan pencucian seperti tangki snow wash atau tangki salju dengan material stainless steel, untuk campuran salju atau shampo wax, hingga kompressor yang berguna untuk menyemprotkan air hingga untuk membantu mengeringkan mobil pelanggan. Pelengkap lainnya adalah pembersih mobil lainnya seperti selang air kuat, lap microfiber dengan serap tinggi, hingga perlengkapan penunjang cuci mobil lainnya.
Untuk pengeluaran belanja modal awal berkisar Rp 10 juta - Rp 12 juta, sedangkan untuk tempat belum termasuk. Saya mencoba merinci beberapa sumber daya yang harus anda persiapkan sebelum bisnis ini berproses sehingga anda sudah siap sedia berada di tempat usaha nanti. Seperti saya jelaskan diatas tentu anda sudah punya pengalaman dalam cuci mobil, dan selanjutnya segera teliti dimana supplier yang menyediakan alat-alat ini semua dan lakukan komparasi untuk mendapatkan harga terbaik, terakhir sebelum menentukan pilihan segera lihat spesifikasi, jika terjadi kerusakan ketersediaan spare part hingga tenaga ahli untuk memperbaiki tersedia di kota anda nanti.
Note: biasanya perusahaan yang menyediakan peralatan ini memberikan training atau pelatihan singkat untuk memperkenalkan produk terbaik mereka. Sesi waktu memang tergantung kesepakatan antara penjual dan investor. Alat yang akan dipasang akan diperbantukan oleh perusahaan tersebut termasuk instalasi hingga garansi barang yang akan investor beli. Tenaga kerja juga pasti akan di didik bagaimana mengoperasikan hingga seluk beluk permesinan hingga cara merawatnya saat bisnis sudah mulai berjalan.
Jika mempersiapkan modal awal untuk pekerjaan saja belum termasuk tempat apakah milik sendiri atau sewa per tahun:
Rp 60.000.000
Nilai yang tercatat ini merupakan modal untuk membeli sumber daya: 2 mesin hidrolik untuk mobil dengan berat yang sudah ditentukan oleh supplier, kompressor, tabung salju, power spray, selang untuk penyemprotan air, penghisap debu (vacuum cleaner), lap micro fiber, instalasi, hingga training, dan lainnya.
Perhitungan pendapatan bisnis-cuci-mobil:
Skema yang anda terapkan untuk karyawan adalah dengan sistem 60% untuk investor dan 40% untuk karyawan.
Asumsi pencucian mobil dengan harga Rp 50.000 sudah komplit outdoor dan indoor termasuk area mesin mobil.
25 unit per hari x Rp 50.000 = Rp 1.250.000 [bersih untuk investor 60% x Rp 1.250.000 = Rp 750.000]. Pendapatan per bulan [750.000 x 26 hari = Rp 19.500.000]. Saya asumsikan rata-rata per hari 25 unit kendaraan dapat tercuci selama jam buka.
Biaya pengeluaran saat cuci mobil:
a. Gaji karyawan langsung dibayar setiap hari setelah pencucian selesai sebanyak 5 orang dengan sistim shift. Jam buka dimulai dari pukul 11:00 - 20:00 setiap hari Senin - Minggu dimana Jumat Tutup, dengan total pengeluaran Rp 500.000 per hari, dengan hitungan per bulan [Rp 500.000 x 26 = Rp 13.000.000]
b. Biaya PDAM per bulan : Rp 400.000
c. Shampo per bulan 10 liter: Rp 100.000
d. Semir ban per bulan 5 liter: Rp 125.000
e. Service peralatan per bulan : Rp 100.000
f. Salju per bulan : Rp 500.000
Total: Rp 14.225.000
Keuntungan bersih per bulan: [Rp 19.500.000 - Rp 14.225.000 = Rp 5.275.000
3. Tips Bisnis Cuci Mobil.
Memulai sebuah bisnis tentu anda harus yakin dan tekun menjalaninya hingga berproses untuk mencapai kesuksesan. Ada beberapa tips yang harus anda kenali sebelum kecemplung ke dalam bisnis ini yang tentunya harus ada di lokasi selalu untuk merasakan bagaimana roda usaha tetap berjalan dengan baik. Hal penting yang harus anda pelajari untuk memajukan bisnis ini dengan segara ritme dan pesonanya.
a. Setelah saya sebutkan di atas bahwa lokasi ini sebaiknya harus strategis hingga dekat aksesnya ke berbagai transportasi hingga pemukiman penduduk atau keramaian kota. Hal ini sangat krusial sekali untuk perkembangan bisnis ini dikemudian hari karena pastinya semua konsumen akan melihat dan akan menjadi marketing gratis melihat bisnis-cuci-mobil telah dekat lokasinya, mereka tidak perlu lagi mencari lokasi yang tidak jauh lagi.
b. Anda gunakan karyawan yang sangat cakap, terampil, jujur, hingga mengerti cara membersihkan mobil dengan baik dan benar. Memang awalnya anda akan melakukan kerjasama dengan supplier pembelian hidrolik ini tentu ada pelatihan, pilih karyawan yang memang ingin bekerja dengan anda pastikan tidak berhenti saat sudah mengerti semua pelatihan ini selesai. Karena karyawan yang memang telah mendapat pelatihan ini biasanya mereka agak "ngenyel" mengingat dia sudah mengenal semua peralatan. Anda juga harus memahami poin ini supaya tidak salah memilih.
c. Terapkan pembayaran gaji setelah selesai bisnis selesai satu hari dengan sistem 60% : 40%. Masalah gaji sangat penting untuk disebutkan ke karyawan karena mereka tentu mempunyai penghidupan yang sederhana dan akan membawa uang hasil kerja mereka untuk keluarga. Jangan pernah menunda dan anda sendiri yang kontrol berapa banyak pekerjaan yang mereka selesaikan sehingga tidak salah perhitungan.
d. Anda tetap menerapkan kualitas untuk hasil cuci mobil nanti supaya pelanggan tetap respek dengan tempat anda. Semakin tinggi pemberian hasil yang terbaik kepada pelanggan sudah tentu pasti mereka akan datang lagi, apalagi konsumen ini tidak suka dengan hasil yang setengah-setengah. Terutama pemilik mobil menenah keatas dengan harga untuk kelas menengah ke atas pastinya akan meminta lebih. Berikan pekerjaan ini khusus pada pekerja yang terampil dan memang sangat telaten untuk membersihkannya. Terapkan kebijakan yang cukup responsif saat anda melihat konsumen datang untuk selalu memberikan kepada pekerja yang tepat supaya hasilnya tidak mengecewakan.
e. Mungkin untuk awal bisnis berdiri sebaiknya anda memberikan harga diskon untuk sekali pencucian, tidak hanya itu saja untuk beberapa kali cuci ada mendapat gratisnya untuk memberikan pelanggan tetap datang lagi di musim berikutnya. Hal ini sangat biasa sekali untuk dilakukan, untuk marketing awal untuk mendatangkan rejeki di masa yang akan datang. Sebaiknya harga yang anda pasang di awal berdiri harga pasar, tetapi ada diberikan diskon untuk waktu tertentu. Jangan lakukan harga turun nanti saat tententu anda naikan tentu akan memberikan keberatan bagi konsumen anda.
f. Jangan pernah tinggalkan bisnis-cuci-mobil anda ini dalam waktu lama, karena anda sebagai pemilik selalu hadir saat memonitor semua pekerjaan itu pun harus konsisten. Jangan percayakan 100% ke karyawan atau yang lainnya karena pastinya apa yang anda lakukan dari hati sangat berbeda sekali jika dilakukan oleh orang lain. Walaupun ini sangat sepele sekali tetapi saat awal merintis sebaiknya anda harus totalitas untuk memberikan perhatian dan kontrol semua pekerjaan tidak hanya karyawan tetapi bisnis ini tetap berproses.
g. Ada harga ada kualitas, jika anda melihat harga pasar yang ada di kota anda tentu menjadi pembelajaran apakah harga tersebut dapat anda berikan kualitas untuk semua mobil yang masuk. Tentu saja konsumen tidak akan keberatan masalah harga yang akan ditetapan asalkan kebersihan akhir mobil tetap konsisten dari waktu ke waktu.
h. Terapkan bonus tambahan kepada karyawan yang berprestasi terutama bekerja dengan kesungguhan hati. Sudah tentu pasti setiap karyawan punya pola kerja yang dilakukan dan anda pantau sendiri. Untuk reward tentu anda sebagai pemilik bisnis berhak memberikan nilai baik dalam bentuk uang tunai hingga bonus akhir tahun. Jadi, jangan segan-segan menghargai rakyat kecil dengan memperlakukan mereka sebagai partner kerja anda yang membersarkan bisnis-cuci-mobil ini di masa yang akan datang.
i. Selalu lihat hasil kerja anda untuk berproses bagaimana perkembangannya. Lihat hasil proses yang telah anda lakukan apakah sudah dapat terlihat saat bisnis ini dimulai. Jangan pernah berpuas hati jika ada masukan dari konsumen anda benahi kekurangannya, apabila belum ada anda segera tambahkan untuk memberikan hasil terbaik ke bisnis-cuci-mobil nanti. Tetap optimis apapun yang terjadi karena bisnis ini tentu punya perputaran yang dinamis dan anda selalu harus melihat positioning bisnis ini berada di zona mana.
PENTING! bisnis ini tentu ada surutnya saat musim hujan, apa yang harus anda lakukan di masa sepi pengunjung ini. Pad waktu ini tentu penurunan konsumen untuk cuci mobil akan berkurang hampir 50% lebih itu pun ramainya di waktu tertentu saja. Anda harus tetap memberikan yang terbaik jika pada waktu ini banyak waktu senggangnya dan harus ada kegiatan lainnya untuk mengisi kekosongan ini. Misalnya, pembersihan lokasi tempat cuci mobil hingga membenahi peralatan yang sudah terpakai untuk tetap dirawat dengan baik, dan seterusnya.
4. Prospek Bisnis Cuci Mobil Di Masa Akan Datang.
Sebagaimana diketahui bahwa jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke tahun akan selalu meningkat jumlahnya sehingga prosek bisnis tetap berjalan dengan baik asalkan anda tetap fokus untuk mau berproses. Memperkenalkan bisnis untuk awal memang butuh waktu dan saat anda telah sampai di puncak dan dikenal kualitas pekerjaan maka akan mengundang konsumen lainnya untuk datang. Tetap fokus dan dinamis apa yang direkomendasikan oleh konsumen supaya bisnis ini tetap berkembang di masa yang akan datang.
Anda harus tetap membuat sebuah terobosan yaitu menautkan bisnis ini dengan media sosial populer saat ini agar bisnis ini tetap terkoneksi dengan konsumen di dunia maya. Tentu saja anda ingin mendapatkan konsumen baru yang kebetulan datang di kota anda dan ingin cuci mobil, pastinya mereka akan menggunakan mesin pencari untuk mengetahui dimana tempat cuci mobil terdekat dan punya kualitas terbaik. Jangan pernah mengikuti zaman saat sekarang untuk tetap memberikan informasi seakurat mungkin apa yang anda kerjakan sehingga review positif dari semua pelanggan akan memunculkan di papan atas pencarian mesin pencari.
Bisnis lainnya:
1. Bisnis Rumah Makan Warteg: Latar Belakang, Perhitungan Usaha, Tips, Dan Prospek Untuk Masa Depan
2. Bisnis Rumah Makan Padang: Latar Belakang, Perhitungan Usaha, Tips, Dan Prospek Untuk Masa Depan
3. Bisnis Jus Buah Segar: Latar Belakang, Perhitungan Usaha, Tips, Dan Prospek Untuk Masa Depan
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar