Masalah Dan Hambatan Yang Dihadapi Saat Touring Motor Termasuk Saat Perjalanan Mudik Pulang Kampung Khusus Pemula
Jangan ambil senangnya saja saat anda melakukan touring sepeda motor atau mudik ke kampung ada beberapa masalah atau hambatan yang akan menyertai anda di perjalanan nanti sampai tujuan akhir. Tentu perjalanan yang akan dilalui ini ada rintangan tidak hanya kondisi jalan saja tetapi masalah kendaraan motor itu sendiri yang akan menghambat perjalanan nanti. Pengalaman yang telah banyak dibagikan ke media sosial tentu menjadi pembelajaran bagi rekan pemula yang mungkin saja masih sangat awam, setidaknya tulisan ini dapat memberikan beberapa gambaran hambatan atau masalah apa yang mungkin timbul di perjalanan touring menggunakan sepeda motor.
Persiapan awal yang harus anda lakukan adalah kondisi fisik dari motor itu sendiri hingga part metal yang menyertai sehingga kendaraan ini dapat melaju dengan baik. Semua elemen yang melekat ini tidak serta merta diabaikan begitu saja karena rute yang ditempuh tentu kuda besi ini bekerja sedangkan anda sebagai biker hanya membawanya dengan kondisi baik dan nyaman. Bahkan saat berada di atas motor nanti ada hal yang tidak nyaman bahkan motor agak rewel tidak berjalanan dengan baik sehingga anda harus memperbaikinya, jika ada bengkel terdekat ada tidak menjadi permasalahan. Nah, jika jauh dari bengkel misalnya di tengah hutan tentu akan menjadi tubuh panas dingin apalagi tidak ada penduduk sama sekali tentu akan timbul permasalahan baru.
Dari fenomena ini tentu ada hal yang akan mungkin timbul masalah walaupun anda sudah memperbaiki di bengkel resmi sekalipun tetapi kondisi musibah atau kejadian yang mungkin saja terjadi tidak dapat diprediksi sama sekali. Ini lah beberapa permasalahan yang timbul saat perjalanan mudik atau jauh ke beberapa daerah dalam rangka touring atau pulang kampung sekalipun. Berikut beberapa diantaranya:
1. Rantai Kendor Buat Roda Berputar Menjadi Berisik.
Khusus untuk sepeda motor tidak matic tentu komponen pengeraknya roda belakang adalah rantai. Tugas rantai ini cukup berat karena menggerakan roda belakang untuk bergerak lebih responsif agar perjalanan ini tetap kondusif dan bertenaga. Bagian rantai ini tentu banyak sekali permasalahannya, karena bergerak dalam kondisi waktu yang lama tentu akan mengendur apalagi menempuh perjalanan berhari-hari. Lantaran rantai sebagai part yang menyalurkan tenaga mesin ke roda ini tentu berputar terus ada masanya akan kendor karena faktor penggerak tadi.
Permasalahan yang timbul ini juga berpengaruh pada beban yang dibawa oleh kuda besi ini sehingga harus bekerja ekstra kuat tetap berjalanan juga menjadi faktor sangat dominan di perjalanan nanti. Jika kendor maka menimbulkan suara berisik dan tarikan motor menjadi berkurang dan waktu tempuh semakin panjang, perasaan biker menjadi tidak nyaman karena ada rasa was-was. Solusi yang harus anda perhatikan setiap saat adalah selalu cek kondisi part rantai, jika kendor selalu di stel ulang dan selalu beri pelumas agar setiap bagian rantai tidak kering atau berkarat karena bersentuhan dengan air.
2. Tarikan Motor Tidak Responsif Secara Tiba-Tiba.
Permasalahan lainnya yang juga dirasakan adalah tarikan motor tidak responsif secara mendadak sehingga saat di gas tenaganya sangat menurun. Akibatnya saat mendaki atau menurun akselerasinya tidak baik lagi sehingga akan membahayakan biker untuk berkendara di zona tersebut. Hal yang menjadi perhatiannya adalah mengendurnya katup atau klep sehingga fenomena ini akan terjadi.
Tentu saja kondisi ini sangat sering terjadi karena perjalanan yang jauh tentu mesin bekerja lebih ekstra banyak sehingga akan menggangu kenyamanan pengendara saat touring atau perjalanan pulang kampung. Solusinya adalah anda sebagai pemilik harus service secara berkala untuk mengecek semua bagian mesin dan elemen lainnya agar pengencangan bagian yang mungkin saja terjadi dapat dibetulkan oleh teknisi. Penyetelan mesin tentu harus dilakukan ke posisi yang seharunya karena ada komponen didalamnya bergeser atau berubah posisinya karena selalu dibawa beraktifitas setiap hari harus selalu di monitor keberadaanya secara berkala.
3. Motor Seperti Batuk Atau Bunyi Brebet.
Cukup sering terjadi malah saat anda membawa motor di momen tertentu ada bunyi batuk atau brebet tentu akan menjadi masalah selalu di perjalanan. Apalagi saat motor sudah berjalan jauh atau touring tentu ada sekitar katup busi ada yang kotor atau berdebu hingga kena air harus dibetulkan. Mungkin saja terjadi saat pemasangan kop busi tersebut ada terkelupas sehingga maksimal pengapian menjadi berkurang akibatnya batuk atau brebet akan muncul dengan cepatnya.
Jika anda membiarkan permasalahan ini dan menyepelekan tentu akan membuat kerusakan parah pada mesin karena di paksa tetap bergerak tetapi kondisinya tidak baik. Segera cari bengkel terdekat untuk memperbaikinya, atau saat anda berada di bengkel resmi saat service berkala segera beri tahu teknisi untuk melihat dan jika diperlukan mengganti part tersebut.
4. Mogok Mendadak Tidak Mau Di Starter Atau Engkol.
Hal yang sangat menakutkan sebagian biker saat touring atau berkendara mudik pulang kampung adalah motor tiba-tiba mogok, mati, hingga tidak bisa lagi di starter bahkan di engkol sama sekali. Meskipun hal ini tidak semua biker mengalaminya tetapi ada pengalaman rekan lain sehingga membuat perjalanan tersebut menjadi terganggu. Alasannya adalah ada komponen yang terlibat saat menghidupkan mesin mengalami permasalahan atau kerusakan.
Mungkin saja motor tersebut tiba-tiba kampas kopling putus untuk motor manual sehingga tiba-tiba berhenti mendadak tidak dapat bergerak lagi. Solusinya memang motor harus masuk ke service berkala agar teknisi mengetahui part mana yang seharusnya sudah layak di ganti dan pemilik kendaraan sadar akan hal ini dan saat touring nanti tidak ada permasalahan sama sekali sampai tujuan lebih cepat.
Sekelumit permasalahan yang sering dihadapi oleh para bikers saat touring atau pulang mudik pulang kampung ini telah menjadi perhatian serius agar anda tidak merasakan betapa tidak nyamannya saat motor dalam kondisi tersebut. Memang anda diharuskan untuk selalu merawat hingga melakukan service secara berkala rutin sehingga teknisi selalu memonitor apa yang seharusnya diganti dan di stel kembali. Perjalanan jauh tentu harus ada persiapan yang memadaai agar waktu tempuh yang telah anda tetapkan sesuai dengan prediksi sebelum berangkat. Monitor selalu keadaan jalan yang akan dilewati hingga peralatan standar yang harus tersedia di dalam bagase motor. Jika terjadi perbaikan kecil anda tidak bingung lagi karena peralatan sudah anda persiapkan.
Baca juga:
1. Persiapan Touring Motor Ke Beberapa Daerah Khusus Pemula
2. Perlengkapan Touring Motor Wajib Anda Beli Sebelum Berangkat Khusus Pemula
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar