Saat cuci mata di mall terlihat harga barang mewah sangat mahal tetapi masih ada saja pembeli yang datang memenuhi butik atau toko merek branded terkenal. Tidak hanya dalam fashion saja, sepatu, baju, berlian, perhiasan, parfum, hingga jam tangan sekali pun menjadi perburuan produk yang digandrungi oleh kaum menengah ke atas untuk memenuhi semua kebutuhan status sosialnya. Zona yang sudah matang dalam mempunyai segalanya yaitu merek branded, mewah, hingga harga sangat mahal menjadi sebuah pengakuan yang sudah tidak dapat terpisahkan oleh orang yang melihatnya.
Saat anda melihat sebuah brand saja dari dekat langsung terbesit di benak harga dari barang tersebut sudah menjulang tinggi sehingga terkadang seseorang yang memakainya menjadi hal yang sangat disenangi apalagi kecukupan uang sudah mampu membelinya. Dari fenomena ini mungkin saya dan anda bertanya-tanya kenapa harga barang branded ini sangat mahal sekali tetapi pembelinya ada saja datang untuk membeli tidak hanya satu jenis saja tetapi beberapa. Berikut alasan yang berhasil saya kumpulkan menurut versi kaca mata penulis:
1. Anda Menjadi Spesial Memakai Produk Branded Mahal Tersebut.
Setelah membeli barang branded mahal ini tentu konsumen tersebut merasa spesial untuk memenuhi beberapa kesempatan untuk bersosialita. Bahkan untuk satu merek saja ada yang sangat setia bahkan sangat cocok dengan karakter yang diusung oleh brand ini. Keyakinan konsumen untuk memilih tentu ada alasan karena produk yang keluar ini sesuai dengan selera konsumen tersebut dan abadi sepanjang masa.
Pesona dengan produk branded mahal ini tentu dinilai sebagai barang yang patut untuk dibeli karena memberikan penampilan pemakai menjadi keren, istimewa, dan berkarakter sebagai seseorang yang mapan. Persepsi ini lah terkadang penyuka barang branded akan tidak memperdulikan harga asalkan produk tersebut langsung mudah dikenali walau hanya dari logo saja.
2. Item Bahan Tentu Sudah Mempunyai Harga Tinggi.
Menggunakan material bahan untuk menghasilkan produk branded ini tidak sembarangan dan terpilih. Seperti benang, kancing, pola pengukuran, pola pengguntingan, hingga menjahitnya butuh harga tinggi sehingga menjadi sebuah produk terbaik di kelasnya. Hal ini lah salah satu komponen di produk branded ini harganya sangat mahal. Ada aspek lainnya, saat brand ini telah di pakai oleh artis dunia tentu seluruh mata konsumen akan tertuju ke produk tersebut apalagi terlihat logo yang terselip di sudut produk tersebut akan menambahkan harga menjadi tinggi.
3. Sudah Dari Awal Harganya Sudah Mahal.
Sejak produk ini di buat saat pertama kali diluncurkan sudah memberikan pesona harga yang sangat fantastis. Karena apa, segmen pasar yang dimasuki oleh designer ini tentu punya alasan tersendiri. Sudah nyata di pasar bahwa untuk produk yang sangat mahal sudah tentu barang mewah apalagi pintar memilih sebuah logo tentu akan memberikan kesan "wow" untuk sejumlah item hasil karya mereka.
Memang, mind-set pemikiran masyarakat global adalah jika ada barang dengan harganya selangit sudah tentu pasti mewah. Peluang pasar ini diambil oleh designer dengan keahlian yang dimiliki mampu membuat sebuat produk dengan kualitas baik hingga proses pembuatannya begitu jelimet tinggi sehingga menghasilkan sebuah maha karya yang digandrungi oleh kelas atas atau jetset.
4. Produk Branded Tahan Lama Beberapa Tahun Kedepan.
Pengalaman yang menyebutkan bahwa produk branded yang diciptakan oleh para designer ini tentu punyai material yang berkualitas sehingga terwujudklan daya tahan yang cukup lama untuk sebuah mode. Dengan mind-set ini tentu para penggila mode dunia sudah tentu sangat paham setelah melihat dari jauh saja bahan dan cutting bahan tersebut sangat sempurna tentu menggunakan material berkualitas tinggi untuk seluruh proses.
Semakin berkualitasnya bahan yang digunakan tentu akan menghasilkan produk yang kuat, apalagi ilmu dan skill yang sangat tinggi untuk sebuah produk akan memperkuat posisi harga yang harus dibayarkan oleh konsumen setia mereka. Branded akan selalu tersebut barang premium, jaminan yang akan selalu diberikan oleh nama produk tersebut tidak sembarangan sehingga ada uang ada kualitas selalu berbanding lurus.
5. Jumlah Produksi Sangat Terbatas Seluruh Dunia.
Tidak pasaran, jumlahnya produksinya terbatas seluruh dunia. Jadi, untuk mode terentu para designer hanya membuat beberapa buah saja agar gengsi bagi konsumen setianya selalu terjaga dengan baik. Misalkan saja untuk satu jam tangan mewah braded terkenal, seorang designer hanya membuat 100 unit saja di seluruh dunia. Sudah tentu pasti untuk satu unitnya akan dibandrol harga bisa mencapai ratusan juta bahkan milyaran rupiah.
Semakin langka produk tersebut ditemukan dipasaran akan menggila harganya. Karena para pemilik uang akan berlomba-lomba mencari barang tersebut karena gaya dan ekslusif dari designer ini. Akibatnya permintaan sangat tinggi sedangkan jumlah terbatas akan selalu memberikan kesan mahal untuk mendapatkannya. Saat barang tersebut telah dimiliki walau setinggi apa pun akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya karena mendapatkan barang yang sangat langka dikeluarkan oleh brand mewah terkenal di dunia.
6. Wujud Maha Karya Designer Untuk Sebuah Ide Produk Bernilai Tinggi.
Seorang designer mempunyai ide untuk menghasilkan karya tidak selalu datang begitu saja. Ada proses yang sangat panjang bahkan bertahun-tahun untuk mewujudkan maha karya spektakuler mereka. Ide hingga kreatifitas dari designer ini sangat layak untuk dihargai apalagi proses pengerjaannya tidak mudah bagi orang banyak. Proses ini lah yang selalu menjadi sebuah nilai mahal untuk produk yang sangat terbatas jumlahnya ini selalu di monitor oleh para penggila mode sehingga saat diluncurkan telah antri untuk membeli.
Designer ini punya pengetahuan yang sangat tinggi untuk semua proses yang akan dilalui. Semua pengerjaannya dapat dilakukan sendiri atau pemilihan asisten dengan persyaratan yang rumit harus dimonitor 24 jam sehari. Dengan passion yang begitu bernilai untuk sebuah karya maka designer berhak menetapkan harga yang sangat tinggi. Setiap tahap butuh proses yang sangat banyak, menggunakan bahan yang tidak ada dipasaran, hingga bentuk yang belum terpikirkan oleh designer lain menjadikan pesona produk tersebut membius para konsumen setia mereka.
7. Sebagai Produk Kolektor Untuk Investasi Jangka Panjang.
Branded ternama dan mahal menjadi alasan paling tinggi oleh para kolektor untuk membelinya, disimpan dalam waktu lama. Dengan cara ini semakin terseleksinya waktu jumlahnya semakin terbatas akan meninggikan mutu dan harganya di waktu yang akan datang. Sebagai alternatif investasi tidak hanya di tabungan saja, melainkan koleksi barang branded ini tentu menjadi solusi lain.
Jenis koleksi yang banyak di buru oleh kolektor adalah jam tangan, perhiasan, hingga batu mulia. Untuk produk lainnya sangat terbatas itu pun itemnya tidak banyak. Jenis produk ini lah yang paling banyak diburu karena designer membuatnya beberapa unit saja di seluruh dunia, bahkan ada permintaan untuk design sebuah model dirperuntukan oleh kerajaan hingga kaum jetset dunia.
8. Punya Sertifikasi Keaslian Dari Designer Produk Yang Di Jual.
Ada beberapa produk branded dan mahal punya sertifikat keslian produk yang dikeluarkan oleh designer tersebut. Kode produk hingga spesifikasi produk tersebut tertuang di sertifikat tersebut sehingga konsumen diberikan penghargaan atas pembelian produk terbaik mereka. Dengan adanya sertifikasi keaslian produk ini tentu akan mempertinggi nilai, apalagi dengan jumlahnya sangat terbatas akan memperkuat nilai tersebut hampir sepanjang masa. Contoh produk yang mempunyai sertifikasi keaslian ini seperti jam tangan, perhiasan dengan batu mulia termasuk berlian hingga lapisan emas setiap sudutnya, dan seterusnya.
KESIMPULAN.
Alasan kenapa harga barang branded sangat mewah harganya selangit dan mahal selalu ada saja yang membeli pada tulisan ini menyebutkan beberapa saja, mungkin ada aspek lain yang tersingkap oleh para konsumen karena maha karya ini di buat dari hati dan passion dari seorang designer. Mereka membeli tidak hanya sebagai prestise saja di sosialita, tetapi untuk investasi jangka panjang untuk diversifikasi penempatan uang mereka di produk yang mempunyai nilai bertahan sepanjang masa.
Semakin unik dan terbatasnya jumlah di seluruh dunia tentu akan mempertinggi nilai, apalagi di buat oleh designer terkenal akan menambah nilai jualnya lagi. Untuk masalah mahal mungkin sangat relatif bagi kaum jetset atau kalangan atas. Karena mereka punya bisnis hingga beberapa perusahaan di seluruh dunia tentu harus punya sesuatu yang berbeda dan harganya disesuaikan dengan pergaulan sesama mereka. Jadi, lihatlah alasan ini ditempatnya. Jangan beranggapan selalu konsumen yang sombong atau pamer. Apabila mereka berada di lingkungan yang sama-sama punya barang branded dan mewah sudah tentu pasti mereka juga mengikuti trendnya.
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar