Konsumsi buah masyarakat dari tahun ke tahun cukup meningkat bahkan menjadi hobi baru untuk keluarga meningkatkan asupan serat, vitamin, dan mineral. Fenomena ini terjadi di kota besar dimana pangsa pasar buah segar sangat tinggi, bahkan jenis yang tersedia cukup lengkap mejadi destinasi belanja yang sangat ramai. Saya ada berkunjung di salah satu pasar tradisional bercerita dengan penjual buah di mana buah yang datang saat bongkar muat untuk di jual bisa berton-ton jumlahnya, bahkan berapa pun jumlahnya ada di pasar mampu terserap semua hanya dalam satu minggu saja.
Memang hal yang sangat mengembirakan bahwa buah segar menjadi salah satu bisnis yang sangat menguntungkan bahkan bisnis ini dikemas dengan serius banyak sekali peminatnya. Tentu menjadi pilihan yang cukup tepat saat anda ingin banting stir dari karyawan kantoran menjadi seseorang yang punya bisnis toko buah segar dapat membaca artikel ini sebagai acuan untuk merebut pangsa pasar baru.
1. Latar Belakang Bisnis Buah Segar.
Kebutuhan masyarakat yang begitu tinggi konsumsi buah segar setiap keluarga membuat pasar tradisional menjadi pilihan untuk memburu jenis buah yang disenangi. Masih relatif sedikit pemilik bisnis buah segar di kota besar yang cukup representatif menjual lengkap jenisnya sehingga masyarakat lebih cenderung ke mall sebagai alternatif pilihan setelah pasar tradisional.
Buah tropis yang ada di Indonesia cukup beragam bahkan lahan perkebunan untuk buah sudah mulai banyak dikembangkan oleh penduduk asli. Pemasarannya tentu masih cukup besar karena daya tampung untuk buah lokal dapat terserap semuanya seperti jeruk, rambutan, salak, semangka, melon, nenas, buah naga, durian, dan lain sebagainya. Buah yang dapat hadir setiap saat bahkan musiman selalu menjadi kudapan sehat yang diingini oleh masyarakat. Bahkan untuk menemukan buah tertentu saja harus pergi ke kota sebelah untuk mendapatkannya.
Fenomena ini tentu ada peluang tinggi, apalagi anda punya relasi cukup luas pemasok buah yang ada di masing-masing provinsi tentu menjadi senjata ampuh memenangkan kompetisi. Jika buah segar yang anda jual terserap semuanya maka tentu pemasok akan memprioritaskan anda untuk panen berikutnya andalah yang menjadi pembeli andalan mereka.
Jika anda punya kapasitas bergengsi di bisnis buah segar ini, coba lirik dan jalankan. Masih sangat terbatas pemain di pangsa pasar ini yang khusus untuk item buah segar. Apalagi saat perdagangan bebas saat sekarang ini lalu lintas buah cukup baik maka bisnis ini jumlah buah yang tersedia tentu lebih variatif lagi.
II. Modal Usaha Bisnis Buah Segar.
Menjalankan proses untuk bisnis buah segar tentu harus ada modal usaha awal supaya menjadi pondasi untuk melangkah. Saya lebih cenderung ke UKM dengan modal minim masih dapat memulai bisnis ini untuk berproses. Jangan khawatir, untuk modal awal ini dapat anda sesuaikan apakah harus barang bekas yang masih dalam kondisi baik atau baru. Berikut modal usaha yang akan anda siapkan nanti.
a. Rak display untuk pajang buah Rp 2.000.0000
b. Meja utuk etalase buah Rp 1.500.000
c. Lemari untuk menata buah Rp 1.000.000
d. Furnitur jenis kursi minimal 4 kursi Rp 1.500.000
e. Timbangan kilogram (manual atau digital) tergantung kondisi Rp 1.000.000
f. Freezer atau Show case Rp 2.500.000
g. Alat kemas buah siap bungkus Rp 1.200.000
i. Lainnya: Rp 3.000.000
h. Billboard nama toko Rp 800.000
j. Sewa Tempat per tahun Rp 15.000.000
Ada beberapa item diatas dapat anda turunkan harganya dan sesuaikan dengan kondisi barang seperti meja etalase, lemari, furnitur, hingga billboard (papan nama). Solusinya adalah baran bekas dengan kondisi masih baik dapat anda pilih untuk dijadikan modal awal bisnis toko buah segar.
Untuk tempat dapat anda sesuaikan dengan kondisi di lapangan, apakah anda punya tempat dapat di sulap menjadi lokasi usaha. Tentu memiliki tempat dan tidak modal awal akan menentukan, jadi sesuaikan dengan budget khusus anda yang tidak punya setelah riset di lapangan nanti.
III. Cara Menjalankan Bisnis Toko Buah Segar.
Untuk memulai bisnis atau usaha tentu anda harus mengenal caranya, tanpa cara tentu tidak terencana dengan baik. Tekat niat yang bulat untuk mulai berproses telah siap untuk dilakukan, ada beberapa cara sebagai tahap awal untuk menjalankan bisnis toko buah segar ini:
a. Tempat Bisnis Toko.
Sebagai tempat yang akan menjadi tolak ukur sukses adalah dimana tempatnya. Pilihan terbaik adalah lokasinya di jalan utama, mudah akses untuk semua jenis transportasi, hingga dekat dengan keramaian kota. Seluruh aspek ini adalah nilai plus karena lokasi mudah terlihat saat masyarakat beraktifitas. Hal yang menjadi penilaian baik lainnya adalah lokasi ini menjadi marketing gratis saat papan nama terlihat maka masyarakat langsung mengenal.
b. Nama Suplier Buah Telah Anda Miliki.
Mendapatkan buah segar tentu ada pihak lain untuk melakukan kerjasama yaitu para supplier pertama. Termasuk pemilik lahan yang menjual hasil panennya tentu menjadi prioritas paling utama. Untuk awal ini tentu anda lebih banyak bergerak ke pelosok daerah untuk prospek jenis buah apa yang akan menjadi sentra pemasok penting di toko buah nanti. Kenapa harus ke tangan pertama untuk menekan harga dan acuan harga murah saat telah sampai di toko.
c. Paham Kualitas Buah.
Tidak semua buah dapat di jual di toko harus ada sortiran supaya kualitas terjamin tetap prioritas. Kualitas buah tentu berhubungan dengan segar sampai ke konsumen, tidak busuk, hingga cacat. Apabila anda sudah mengenal poin ini dengan seksama, itu lah quality control bisnis yang cukup penting. Jangan campur buah yang terlihat busuk dengan baik karena akan mempengaruh penjualan nanti.
d. Display Rack Harus Ada.
Buah segar yang baru datang sebaiknya anda pajang di lemari pajang. Dengan cara ini ruangan terlihat tertata dengan baik dan dari pintu masuk mata konsumen langsung melihatnya. Penyusunan buah ini harus rapi, jangan campur dengan buah lain supaya terkelompokan. Konsumen senang melihat buah yang terpajang ini, tidak repot lagi datang untuk sortir tinggal ambil dan timbang.
e. Kemas Buah Kupas.
Tidak selalu buah segar menjadi nilai jual utama, untuk buah tertentu dapat anda ciptakan potongan buah segar supaya buah yang masuk ini cepat perputarannya. Mencegah cepat busuk menjadi alasan utama. Buah kupas dapat anda buat pula satu kemasan ada beberapa jenis buah didalamya sehingga ada masukan penjualan lain di toko buah segar nanti.
f. Buas Jus Buah Segar.
Alternatif tambahan lain adalah siapkan jenis produk unggulan lain yang siap minum yaitu jus buah segar. Sama dengan poin "e" di atas, agar perputaran buah cukup cepat tentu harus ada diversifikasi produk unggulan yang dapat di jual di toko buah segar nanti. Jangan lupakan kualitas buah harus paling utama, karena akan menentukan rasa saat di minum nanti.
Baca juga:
Bisnis Toko Material Bangunan
Bisnis Beras
Bisnis Oleh Oleh Khas Daerah
Bisnis Les Private Untuk Pelajar Khusus Pemula
IV. Tips Bisnis Toko Buah Segar.
Setelah bisnis sudah berjalan ada beberapa tips yang harus anda ketahui supaya toko bah segar ini tetap konsisten memberikan kualitas terbaik bagi pelanggannya. Berikut tips yang saya maksud:
a. Design Sangat Menentukan.
Untuk menarik pelanggan tentu anda harus melakukan design sedemikian rupa supaya buah yang masuk tidak monoton begitu saja. Coba anda perhatikan design di pasar tradisional dan mall pasti ada perbedaannya. Dari sini anda curi kesempatan ilmu tersebut di toko buah. Banyak sekali design yang ada tentu dapat sesuaikan dengan kemampuan, apakah ada nuansa tradisional hingga gubuk sederhana untuk display buah yang masih ada dahannya. Buat semenarik mungkin agar kenyamanan berbelanja dari konsumen dapat anda wujudkan. Apa yang menjadi nilai plus di toko anda?. Itu lah yang akan di cari oleh pelanggan tidak di tempat lain.
b. Waspada Dengan Harga.
Harga adalah hal yang sangat riskan sekali untuk disebutkan, anda harus fleksibel dengan harga ini. Jika musimnya tiba tentu harga sedikit dapat turun, apabila jumlahnya telah terbatas tentu harga akan menyesuaikan. Survei harga sebenarnya juga anda lakukan, apabila pembelian jumlah tertentu anda berikan potongan harga khusus karena akan berdampak kesenangan pelanggan ya seperti ini. Lebih baik anda memberikan harga yang sudah sedikit naik dari harga supplier hingga perputaran bagus, dari pada anda menerapkan harga tinggi tetapi lama perputarannya.
c. Quality Control.
Saat buah masuk ke toko tentu ada kotoran yang melekat bahkan harus ada pembersihan sebelum di pajang. Kebersihan ini tentu akan menentukan harga, karena telah masuk dalam proses quality control dari toko. Teknik pembersihannya tentu tergantung dari kondisi buah, buah yang lunak tentu beda dengan buah yang keras. Seperti contoh buah pisang dengan buah durian tentu teknik pembersihannya sangat berbeda. Selalu prioritaskan quality control ini supaya buah yang telah dipajang telah layak di jual.
d. Attitude Kepada Pelanggan.
Anda harus turun langsung membantu pelanggan saat memilih buah, jika ada penjelasan tambahan dapat anda sampaikan. Konsumen adalah raja benar adanya, attitude seperti ini secara tidak langsung telah menciptakan pelanggan setia anda nanti untuk tetap datang berbelanja di toko buah segar ini.
e. Buat Produk Nilai Jual Lain.
Seperti sudah saya tulis di atas ada diversifikasi produk jual lain seperti buah potong dan jus. Buat kreasi lainnya seperti rujak buah tentu menjadi alternatif belanja lainnya. Semua cara ini dilakukan agar supaya buah yang masuk cepat perputarannya apalagi masa umur tentu harus menjadi dateline bisnis yang harus selalu di pantau dengan benar.
f. Promosi Khusus Hari Tertentu.
Teliti juga pola belanja pelangan, beri promosi khusus jika buah segar dalam kondisi banjir dipasaran. Biasanya jeruk, duku, durian, atau rambutan. Nah, peluang ini dapat anda terapkan di toko buah dengan promosi khusus di hari tertentu. Cara seperti ini akan meningkatkan perputaran buah, semakin cepat perputarannya tentu semakin baik. Nilai uang yang akan didapat tentu akan menjadi lebih kompetitif.
g. Jangan Takut Dengan Kompetitor.
Bisnis sudah tentu ada kompetitor di suatu tempat, anda jangan khawatir dengan hal ini. Pelanggan sudah mengenal kualitas toko buah anda tentu telah tercipta pelanggan setia. Kompetitor adalah semangat anda untuk memenangkan kompetisi, jika berhasil toko andalah yang menjadi pemenangnya. Belajar juga apa yang diterapkan oleh kompetitor, anda adopsi beberapa dan sesuaikan dengan karakter bisnis anda ini.
h. Masa Expired Buah Terbatas.
Ada beberapa jenis buah masa umurnya terpajang sangat terbatas. Waspada dengan hal ini, dan selalu tiap hari anda cek kondisinya. Jika ada buah yang terlihat masa berlakukan telah dekat maka dapat anda olah ke produk lain yang masih layak untuk di jual. Jangan lama-lama buah segar ini terpajang, ada dimasukan ke dalam freezer atau show case agar tahan lama untuk dijual dapat anda andalkan.
i. Waspada Suhu Ruang Pada Toko.
Buah butuh udara sejuk supaya tidak cepat busuk. Anda harus siapkan beberapa AC atau ruangan terbuka agar kondisi buah tidak cepat masa expirednya. Memang buah sangat rentan dengan suhu panas, karena akan mempercepat proses matangnya. Segera benahi posisi letak buah agar tidak terjadi kerusakan kualitasnya saat di jual nanti.
j. Ciptakan Produk Turunan Buah Segar.
Olahan produk buah segar juga dapat menjadi alternatif ciptaan nilai jual lain. Seperti contoh anda olah lagi nenas jadi selai, begitu juga dengan stroberi. Sesuaikan semua aspek yang bisa anda kreasikan supaya memberikan pendapatan tambahan di toko buah segar nanti. Jika anda bisa membuat kreatifitas seperti ini dapat menyelamatkan bisnis dari persaingan yang lebih strategis lagi.
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar