Bisnis lainnya yaitu oleh oleh khas daerah juga telah banyak dilirik oleh para pebisnis anak muda dengan berbagai variatif olahan makanan. Alasannya sangat simpel sekali yaitu saat melancong ke suatu daerah sudah tentu pasti akan membawa buah tangan yang akan dihadiahkan ke sanak saudara atau bahkan ke rekan kerja. Banyak sekali jenisnya tetapi yang masih bertahan sampai sekarang adalah oleh oleh khas dari daerah yang sudah melegenda dari masa ke masa.
Jangan pernah putus asa karena bisnis oleh oleh khas daerah masih terbuka luas asalnya anda mampu memenangkan kompetisi dan merebut pasar yang sudah dibuat oleh para kompetitior lainnya. Bisnis yang tidak akan pernah mati ini tentu disenangi oleh para pelancong untuk membawa hadiah saat mereka menghabiskan liburan di daerah tersebut. Berjuta jenis oleh oleh yang ada saat sekarang ini tentu berdasarkan selera dari pelancong dan penduduk lokal sehingga mereka kemas untuk di jual di toko nanti.
I. Latar Belakang Bisnis Oleh Oleh Khas Daerah.
Sebagai bisnis yang mengedepankan olahan makanan di daerah ini banyak dicari oleh para turis saat kembali ke daerah asal. Oleh oleh yang di jual cukup variatif di mulai dari hasil utama di daeraht hingga kekinian. Dengan berbagai rasa dan kemasan tentu akan menjadikan jumlah banyaknya oeh oleh disesuaikan dengan permintaan pasar, apabila stok terlalu banyak dan banyak menumpuk tentu tidak bagus kualitasnya untuk beberapa waktu ke depan. Pilih jenis yang paling lari manis di jual supaya perputaran uang yang didapatkan selalu baik setiap waktu.
Oleh oleh adalah benda penting yang harus dibawa pulang saat turis berkunjung untuk menghabiskan waktu liburan mereka disana. Peluang ini lah yang menjadikan bisnis oleh oleh khas daerah ini tetap menjelma sebagai tumpuan hidup UMKM seluruh dunia dan Indonesia. Anda dapat memulainya dan kenali diri anda seberapa mampu untuk memenangkan kompetisi nanti.
II. Bagaimana Cara Memulai Bisnis Oleh Oleh Khas Daerah.
Apabila anda punya kapabilitas untuk membuka bisnis oleh oleh khas daerah tentu telah melakukan riset. Semua jenis makanan ringan hingga kuliner ringan tentu mendapat perhatian dan segera teliti pasarnya bagaimana. Berikut cara memulai merintisnya:
a. Anda tidak perlu harus membuka langsung besar seperti kompetitor lainnya. Cukup pilih beberapa oleh oleh khas daerah yang telah ternama dan lakukan diversifikasi rasa dan kemasan. Dengan cara ini tentu anda dapat merebut pasar baru denan varian baru sehingga pelanggan tentu ingin mencobanya. Tidak perlu banyak cukup dua jenis oleh oleh saja sebagai awal proses, setelah anda meraciknya punya pangsa pasar baru.
b. Kemudian anda melihat kompetitor bagaimana mengemas oleh oleh tersebut. Jika ada peluang anda design lebih menarik tentu akan memberikan nilai plus, dan sentuhan modern ini juga harus punya citra rasa baru tidak lupa rasa originalnya dipertahankan. Dengan fenomena ini bisnis oleh oleh anda khas di daerah tersebut punya daya tarik tersendiri.
c. Tidak perlu langsung penjualan tinggi, anda masukan ke market place dan segera launching di media sosial populer untuk pemasaran. Yang paling digemari media sosial populer tersebut adalah Instagram dengan peluang yang cukup cihuy badai. Jika anda masuk ke market place juga dipersilahkan untuk jangka panjang. Jangan dilupakan bahwa selalu posting hal yang sangat inspiratif dari produk anda yang memberikan decak kagum viewers.
d. Apabila anda merasa produk oleh oleh khas daerah anda punya nilai jual tinggi dapat melakukan kerjasama dengan selebgram. Cara yang cukup ampuh untuk memperkenalkan produk terbaik anda ini dengan potensi penjualan yang cukup baik di masa yang akan datang. Selebgram akan review semua produk oleh oleh anda ini dengan jujur sehingga follower mereka akan ikut serta menikmati dan membeli produk yang anda buat.
e. Sebaiknya anda mengurus ijin produk ke depkes untuk mendapatkan kode nomer yang mengakui produk anda telah terdaftar. Alangkah lebih baik lagi anda mengurus halal MUI setempat hingga memberikan value tinggi terhadap oleh oleh yang anda buat. Jika memungkinkan juga segera urus juga izin usaha ke pejabat setempat sehingga akses untuk masuk ke perusahaan ritel terbuka luas.
f. Jangan terburu-buru untuk membuka outlet kios atau toko jika anda tidak punya budget cukup. Di mulai saja dari rumah dan manfaatkan yang ada saja terlebih dahulu. Pastikan semua proses anda lakukan memang punya standar kesehatan dan menggunakan bahan-bahan prima agar menghasilkan produk yang berkualitas. Jangan pernah anggap remeh poin ini karena banyak dari pemula ingin cepat besar dalam waktu semalam, ikuti prosesnya dan jangan terburu-buru.
III. Modal Bisnis Oleh Oleh Khas Daerah.
Untuk memulai bisnis oleh oleh khas daerah tidak butuh modal yang sangat besar, dimulai dari Rp 100.000 saja sudah dapat memulainya. Siapkan jenis oleh oleh yang akan menjadi target pilih bahan baku yang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional. Seorang pebisnis besar memulainya dari beberapa jenis saja terlebih dahulu setelah berkembang dan berproses tentu dapat anda tentukan bagaimana untuk memajukannya.
Untuk tempat tidak perlu harus di ruko dari rumah tempat tinggal saja dapat memulainya. Gunakan semua peralatan dapur yang dimiliki hanya perlu beberapa alat tambahan yang mungkin harus anda persiapkan yaitu mesin seal plastik untuk paking oleh oleh yang juga dilengkapi dengan vacum makanan supaya dapat tahan lama. Jangan pernah menggunakan pengawet makanan dan beri kode masa expire produk di setiap kemasan. Beri kesan oleh oleh khas daerah ini dengan label supaya mudah dikenali dan konsumen akan paham dan langsung mengenal merek oleh oleh yang telah mencuri perhatian dengan rasa yang berbeda.
IV. Tips Menjalankan Bisnis Oleh Oleh Khas Daerah.
Sebagai pemula yang ingin masuk ke pasar bisnis oleh oleh khas daerah masih terbuka luas, dan apa saja tips yang harus anda perhatikan agar dapat bersaing dengan produk sejenis telah di mulai oleh kompetitor.
a. Menjalankan bisnis ini tentu ada prosesnya tidak langsung besar dalam waktu cepat. Ikuti prosesnya dengan berbagai rintangan yang akan dihadapi. Untuk memilih jenis oleh oleh sebaiknya pilih yang paling banyak disukai terlebih dahulu supaya anda masih dapat menciptakan perputaran nilai ekonomi. Misalnya, anda ingin membuat jenis oleh oleh dari olahan singkong. Tentu banyak sekali jenis olahan yang tercipta dari singkong, apabila sebelumnya lebih banyak ke rasa original sekarang buat varian rasa lain yang akan memberikan pembeda anda dengan kompetitor.
b. Apabila anda ingin kerjasama titip jual ke supermarket ikuti semua persyaratan yang diberlakukan agar produk oleh oleh anda dapat masuk ke ritel. Memang persyaratan ini telah menjadi sebuah peraturan yang ditetapkan agar produk makanan ini sesuai dengan standar.
c. Gunakan bahan baku yang terbaik dan berkualitas baik untuk mendapatkan hasil yang disenangi oleh konsumen. Sudah jelas bahan baku yang berkualitas akan tercipta rasa yang enak dan tahan lama. Jangan pernah coba-coba untuk menggunakan bahan baku dibawah standar, apabila konsumen telah kecewa dengan produk oleh oleh anda maka untuk berkembang anda tentu akan penuh kesulitan.
d. Jika anda menggunakan media sosial berikan harga khusus saat anda meluncurkan produk dengan rasa baru. Ya ibaratnya marketing terselubung anda untuk memberitahu kepada konsumen bahwa ada varian baru yang jauh lebih gurih dan lezat. Lakukan di waktu yang menurut anda lagi banyak-banyaknya penjualan seperti akhir pekan atau memasuki hari besar keagamaan.
e. Apabila produk anda telah mempunyai standar yang cukup baik dapat masuk ke promosi ke selegram sehingga pangsa pasar anda terbentuk lebih luas lagi. Pilih selebgram yang punya reputasi baik dan punya daya peluang tinggi untuk memasarkan produk oleh oleh anda ini dengan berjuta kesempatan di masa yang akan datang.
f. Jika proses telah berjalan dengan baik apabila modal ingin ditambah dapat anda mulai dari menciptakan produk oleh oleh baru yang belum ada dipasaran. Atau setidaknya anda modifikasi seperti lebih pedas atau mungkin lebih berat dengan harga nambah sedikit. Jadi, peluang ini dapat saja terwujud saat anda ingin memulai menambah modal untuk membuat produk baru. Sediakan dengan jumlah yang cukup jangan berlebihan karena anda baru memasuki pasar baru dan lihat perkembangannya.
g. Penjualan secara online tidak dari market place juga dapat anda coba dengan sistem tunai. Apabila konsumen sudah mulai mengenal oleh oleh anda tentu dapat langsung pesan ke media sosial yang anda miliki sehingga pasar yang terbentuk jauh lebih besar lagi. Memang di market place ada peluang tetapi anda menciptakan sendiri jangan menunggu dan buat kreatifitas untuk mewujudkannya.
h. Apabila pemasaran sudah mulai baik anda dapat kerjasama dengan travel agent atau para tour guide untuk memberikan peluang kerjasama pemasaran oleh oleh khas daerah ini. Dengan cara ini tentu produk yang anda ciptakan akan memberikan peluang tambahan lain, memang butuh waktu untuk berkembang lebih baik lagi sehingga penjualan akan terbentuk di masa yang akan datang saat suasana traveling sudah kembali normal.
PENUTUP.
Bisnis oleh oleh khas daerah ini memang tergantung dari kondusifnya situasi traveling, dan secara online. Ada pasang surutnya dan setiap proses itu harus anda ketahui bagaimana untuk tetap bertahan dan lakukan yang terbaik. Jika saat berjalannya waktu ada beberapa jenis produk lambat perputarannya dan cepat. Pelajari siklus seperti ini supaya anda tidak terlalu tinggi ruginya dan lakukan perubahan.
Ada peluang lainnya untuk tetap berkembang ikut pameran yang dibuka oleh pihak lain sehingga anda dapat menciptakan konsumen baru dari pengunjung pameran. Biasanya dari pemerintah setempat membuka dan mengundang pemilik bisnis UMKM seperti anda ini untuk peran serta di acara tertentu. Persiapkan dan segera benahi produk unggulan anda siap diperkenalkan ke pameran yang sangat punya peluang tinggi.
Bisnis lainnya:
1. Bisnis Toko Material Bangunan: Latar Belakang, Modal Usaha, Cara Memulainya, Dan Tips Menjalankannya
2. Bisnis Beras: Latar Belakang, Modal, Cara Memulai, Dan Tips Menjalankannya
4. Bisnis Cuci Mobil: Latar Belakang, Perhitungan Usaha, Tips, Dan Prospek Untuk Masa Depan
5. Bisnis Laundry Kiloan: Latar Belakang, Perhitungan Usaha, Tips, Dan Prospek Untuk Masa Depan
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar