Langsung ke konten utama

Bisnis Bakso Malang: Latar Belakang, Modal Usaha, Tips Menjalankannya

  Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kuliner y

Mengatasi Orang Tua Susah Makan Terkadang Tidak Ada Selera, Sharing Pengalaman

Mengatasi Orang Tua Susah Makan Terkadang Tidak Ada Selera

 

Mengatasi orang tua susah makan terkadang tidak ada selera, pengalaman saya sendiri saat mengasuh beliau keseharian. Semakin berumur pada usia lanjut sekarang ini ada masa tertentu beliau agak enggan makan dan saya harus membujuk beliau agar tetap mau makan walau hanya porsi sedikit. Tentu was-was melihat beliau tidak mau makan akan berdampak pada kestabilan tubuh setiap hari, apalagi beliau masih ada aktifitas keseharian walau sudah mulai terbatas. Jika kurang asupan gizi makan akan berpengaruh pada kondisi fisik, tenaga kurang, dan beliau cepat merasa lelah nantinya.

Sebab Orang Tua Usia Lanjut Tidak Ada Selera Makan.

Saya sempat berkonsultasi kepada dokter keluarga saat momen tertentu beliau tidak mau makan. Dari histori kesehatan memang beliau saat sekarang ini masih konsumsi obat setiap bulan sehingga berpengaruh pada indera pengecap lidah sehingga rasa yang ditimbulkan terkadang hambar dan tidak enak. Tentu hal ini juga saya tanya langsung kepada orang tua efek seperti ini dan beliau membenarkan hal tersebut.

Dengan rasa yang tidak karuan saat konsumsi makanan ini tentu hidangan menu yang lezat terasa biasa, dan beliau hanya mau makan hanya beberapa sendok saja. Orang tua tidak ada selera makan ini tidak bisa diprediksi, ada waktu tertentu beliau sedikit rewel dengan keadaan. Berpengaruh juga pada emosi beliau, mungkin badan tidak enak hingga ada beberapa pikiran yang beliau rasakan. 

Baca juga:  Ide Peluang Bisnis Untuk Orang Tua Yang Sudah Pensiun

Bagaimana Cara Saya Mengatasi Orang Tua Susah Makan.

Sebagai anak laki-laki yang selalu menemani beliau setiap hari sudah mengenal kapan waktu beliau tidak mau makan bahkan tidak ada selera untuk mencoba cicipi hidangan terasa butuh waktu beberapa saat. Tentu saja saya tidak membiarkan beliau mengikuti hal itu sampai tidak mau makan dan harus ada cara supaya agar hidangan yang tersaji di meja bisa beliau santap. Berikut cara yang saya lakukan untuk mengatasi orang tua susah makan:

1. Sajikan Menu Kesukaan Beliau.

Ada menu yang beliau sukai dan bisa membangkitkan semangat untuk mau menyantap hidangan tersebut. Misalnya beliau meyukai gulai daging sapi maka saya siapkan sesuai dengan porsi. Dengan menyebutkan menu tersebut beliau langsung bersemangat untuk menyantapnya sehingga cara ini cukup rekomendasi sekali saat orang tua ga mau makan. Tetapi perlu juga diketahui bahwa saya mengolah makanan tersebut menggunakan rempah yang sesuai dengan kondisi fisik beliau, lebih "mild".

2. Selalu Ganti Menu Masakan Pengganti Saat Beliau Tidak Selera Makan.

Mengganti menu masakan harus tetap dilakukan supaya tidak bosan. Ada variasi yang saya lakukan saat menyiapkan makanan orang tua, ada menu pendamping lainnya yang cukup bergizi dan bisa mengurangi rasa yang tidak enak di lidah. Seperti saya siapkan sop sayur bening untuk menetralisir rasa pahit dengan isian sayuran yang cukup terasa manis. Sayuran yang saya pilih seperti oyong, buncis, dan disertakan kentang. Untuk rasa lebih saya masukan dua buah baso sapi agar beliau semangat menikmati hidangan tersebut.

Serat dari sayur segar turut menjadi andil baik untuk kondisi pencernaan orang tua. Saya lebih banyak menghindari olahan sayur seperti tumis atau menggunakan minyak. Lebih banyak ke rebus saja, jenis sayuran yang saya rebus seperti buncis, wortel, terong, kangkung, hingga kacang pancang. Untuk jenisnya saya ganti setiap hari supaya tida terasa bosan. Kadang saya sajikan pecel dari sayuran tersebut tetapi kuah kacangnya saya pisahkan supaya orang tua sendiri yang meraciknya.

3. Sajikan Menu Tersebut Sesuai Porsi Orang Tua.

Nafsu makan orang tua juga berpengaruh pada jumlah porsi yang dihidangkan di meja makan. Untuk siasatinya saya siapkan sesuai porsi satu kali makan, jadi terlihat sedikit di meja makan dan beliau mau menikmatinya. Porsi yang dihidangkan sebaiknya lengkap ada lauk-pauk, sayuran, dan sedikit sambal cenderung manis supaya saat santap ada rasa yang cukup lengkap.

4. Makan Bersama Saat Beliau Makan.

Namanya orang tua memang ingin ditemani saat beliau makan, mengatasi orang tua yang tidak berselera makan cara ini cukup ampuh. Sambil diskusi saat makan tentu akan memberikan semangat membangkitkan selera makan beliau apalagi nostalgia saat saya kecil beliau suapi menjadi hal yang sangat disukai. Memang orang tua suka sekali membawa beliau ke masa lampau saat makan sehingga porsi yang terhidang sedikit demi sedikit habis juga beliau santap.

5. Cek Secara Berkala Kondisi Gigi Geraham Untuk Mengunah Makanan.

Kondisi gigi juga berpengaruh saat konsumsi makanan, makanan yang terlalu keras tidak beliau sukai dan hindari agar proses mengunyah tidak terlalu lama. Salah satu penyebab orang tua tidak ada selera makan juga pengaruh pada kondisi gigi. Tentu saja saya harus menyiapkan makanan yang bisa beliau konsumsi, jika sayuran agak sedikit lebih empuk begitu juga dengan daging sapi. Lebih lunak dan masih terasa enak harus bersinergi agar makanan ini bisa beliau santap sesuai dengan kondisi saat sekarang ini.

6. Tambahkan Susu Pelengkap Keseharian Beliau.

Sudah sepuh harus ada tambahan makanan cair dalam bentuk susu yang harus saya persiapkan. Memang orang tua saya ada gejala diabetes ringan harus memilih susu yang sesuai dengan kondisi beliau. Minimal satu hari sekali beliau minum susu untuk melengkapi nilai gizi dan kebutuhan kesehatan tubuh lainnya. Jenisnya cukup beragam dipasaran dan pastinya sebelum saya membeli harus konsultasi terlebih dahulu kepada dokter keluarga saat medical check-up setiap bulan.

Bahkan saya menambahkan cracker gandum yang tidak ada rasa manis untuk pendamping saat beliau minum susu. Gandum juga baik untuk orang tua karena mengandung serat yang sangat berguna bagi beliau di pencernaan nanti.

KESIMPULAN.

Pengalaman ini sudah saya terapkan kepada orang tua saya sendiri di rumah dan selama ini baik-baik saja. Orang tua tidak selera makan ini banyak sekali sebabnya bisa saja pengaruh konsumsi obat, bisa juga pengaruh pikiran dan emosi. Pandai-pandai melihat kondisi orang tua ini agar nafasu makan beliau tetap ada. Jangan biarkan beliau tidak mau makan diikuti harus kita lawan supaya nilai gizi setiap hari masih cukup.

Selama ini saya tidak menyediakan suplemen vitamin hanya menyiapkan buah segar saja di meja makan seperti pisang, jeruk manis, dan beberapa jenis buah lainnya sesuai dengan kesukaan orang tua. Pemilihannya harus disesuaikan pula dengan kondisi orang tua yang ada gejala diabetes ringan. Hindari buah dengan rasa manis yang berlebihan seperti semangka, terkadang konsultasi saat medical check-up setiap bulan turut meminta pendapat dari dokter sangat direkomendasikan untuk dilakukan. Sehingga informasi yang akurat untuk beliau tetap saya dapatkan dari dokter keluarga.

Selalu awasi selalu saat beliau tidak ada nafsu makan, jangan biarkan beliau berfikir terlalu keras untuk membangkitkan emosi tidak stabil. Selalu pilih dan pilah apa saja informasi yang layak beliau dengar atau tunggu momen tertentu untuk menyampaikan kepadanya. Orang tua usia lanjut ibarat sudah menjadi anak-anak kembali, setiap keseharian selalu ada saja perubahan yang terjadi. Kontrol selalu agar beliau tetap merasa nyaman berada disamping anak yang merawat dan menjadi ladang amal yang sangat tinggi nilainya. Semoga bermanfaat sharing informasi ini kepada rekan yang sedang mengasuh orang tua usia lanjut.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Bulan Ini

Colokan Listrik Tiga Negara Favorit Traveler: Singapore, Malaysia, dan Thailand

Negara favorit traveling oleh seorang backpacker adalah Singapore, Malaysia, dan Thailand sudah tentu pasti akan membawa colokan listrik untuk mengisi daya baterai saat gadget sudah habis. Colokan listrik ini sebagai sahabat terbaik saat menghabiskan liburan traveling ini dan digunakan saat berada di hotel untuk mengisi seluruh daya kembali sehingga kebutuhan dunia sosial segera dapat digunakan. Adaptor atau colokan listrik walaupun ukurannya kecil tetapi sangat penting dan vital untuk semua kebutuhan gadget hingga kamera sekalipun akan bergantung dengan benda ini. Jika dilihat dari harganya sangat terjangkau tetapi jika anda lupa akan menjadikan traveling anda mimpi buruk yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Pengalaman yang kami rasakan saat melakukan traveling ke tiga negara {Singapore, Malaysia, Thailand} menjadikan tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan traveler yang pertama kali melakukan perjalanan ini sehingga mempersiapkannya supaya semua gadget yang dibawa dapat mak

Kenapa Kegagalan Bisnis Pertama Kali Oleh Pemula Begitu Menyakitkan, Untuk Bangkit Susah Sekali

  Impian seorang pemula untuk melakukan bisnis adalah sukses dan bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi. Bisnis yang dilihat di media sosial  seperti flexing yang tidak habisnya, karena para pemula melihat suksesnya saja tetapi untuk proses yang begitu sulit yang dilalui oleh mereka tidak dilihat secara utuh. Saya juga pernah merasakannya bahkan saat saya sudah melakukan bisnis tetap juga dicurangi tetapi saya tidak mempermasalahkan. Justru pengalaman itu saya bisa lebih bijaksana untuk memilih siapa saja yang bisa diajak berkolaborasi atau tidak. Fenomena yang sangat menarik sekali untuk di buat konten artikel maka di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini saya dapat sharing pengalaman. Awalnya memang kegagalan bisnis untuk pertama kali bagi pemula begitu menyakitkan, untuk bangkit begitu sulit sekali. Saat itu memang saya merasakan hal seperti itu tetapi bagaimana mengatasi sakit yang terjadi supaya bisa menatap masa depan. Berikut tahap yang saya lakukan agar supaya tetap bersem

10 Supermarket Populer Terbaik Di Kuala Lumpur Malaysia

Daftar belanja supermarket di Kuala Lumpur Malaysia dengan harga murah dengan promo yang sangat banyak tentu sangat disenangi untuk mendapatkan semua kebutuhan keseharian dengan jumlah barang yang sangat lengkap. Kebutuhan supermarket murah di Kuala Lumpur tentu sangat banyak dicari baik penduduk lokal hingga para turis untuk mencari semua kebutuhan yang tergabung dalam konsep hypermarket atau big supermarket. Jadi istilahnya grocery store shopping yang akan selalu dilakukan karena lokasinya di pusat kota, mall, hingga kenyamanan yang sangat tinggi untuk mendapatkannya maka supermarket menjadi pilihan terbaik saat berada di Kuala Lumpur Malaysia.