Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kulin...
Ternyata Begini Tips Untuk Mengembangkan Bisnis Minuman Kekiniaan, Segera Raih Kesuksesan Masa Depan
Lihat disekeliling kita, bisnis minuman kekinian tumbuh cukup siginikan sekali. Bisnis yang banyak dilirik oleh anak milenial generasi-z mampu menjadi roda penggerak ekonomi Indonesia. Hampir setiap hari isu PHK massal menghantui dunia kerja yang nyata adanya ini membuat bisnis minuman kekinian menjadi salah satu solusi untuk meraih cuan dengan pola yang tepat. Uang yang dimiliki segera diputar supaya nilai manfaat dapat terbentuk dengan baik, masa depan bisa di tata dengan baik dari sekarang.
Siapa sih yang tidak menginginkan bisnis minuman kekinian ini bisa berkembang dengan baik. Tetapi anda sebagai owner harus paham dulu sebelum menekuni bisnis ini menjadi aktifitas keseharian yang penuh dengan strategi. Untuk memahami ini semua, saya sempat berdiskusi dengan salah seorang pemilik bisnis minuman kekinian untuk membedah fenomena ini. Jadi, artikel ini menurut saya bisa membantu anda untuk membenahi bisnis ini segera mendulang kesuksesan dalam waktu yang tidak terlalu lama.
1. Pilihan Investor Tepat Sama Visi Misi.
Hal yang paling utama dipikirkan dan segera ditemukan adalah seorang investor yang mempunyai visi dan misi yang sama untuk bisnis ini. Minimal satu circle dengan pemikiran yang sama dan punya kesungguhan di bisnis minuman ini. Mulai dari lingkungan pertemanan terlebih dahulu segera ditelisik, anda pasti punya satu diantara segitu banyak teman memiliki visi dan misi yang sama. Jika sesuai maka anda bisa melakukan kolaborasi untuk membangun bisnis ini untuk ekspansi atau mekanisme baru.
Pertemanan ini menjadi networking terbaik, alasan cukup simpel yaitu "tak kenal maka tak sayang". Begitu juga di bisnis, anda harus menyatu dengan satu kesamaan sehingga tujuan yang akan diraih sama-sama disepakati. Usaha untuk memajukan bisnis dapat berjalan dengan baik.
2. Pemilihan Lokasi Bisnis Harus Tepat.
Jangan sembarang memilih lokasi untuk bisnis. Penelitian awal harus tepat supaya proses untuk berkembang tidak butuh waktu lama. Lokasi ini ibaratnya konsumen anda tertarik untuk membeli, ada aspek strategis hingga lalu lintas transportasi mudah dilalui oleh berbagai jenis kendaraan.
Jadi, jika anda bersungguh-sungguh pasti lokasi menjadi pemikiran awal untuk meletakan bisnis ini. Tidak butuh banyak biaya promosi lagi karena lokasi sudah menunjang proses perkenalan langsung dengan konsumen anda nanti.
Baca juga:
Bisnis Jus Buah Segar: Latar Belakang, Perhitungan Usaha, Tips, Dan Prospek Untuk Masa Depan
3. Siap Berkompetisi dengan Kompetitor.
You're not alone di bisnis minuman kekinian ini. Banyak sekali kompetitor yang akan bersaing untuk memenangkan kompetisi. Setiap waktu ada saja perubahan yang sangat cepat dengan memunculkan varian baru sehingga bisnis anda harus bersiap-siap untuk memikirkan strateginya. Apalagi ada rencana untuk masuk ke lokasi baru harus paham siapa saja kompetitor yang telah dulu berdiri, hingga pola bisnis mereka yang telah terbentuk.
Berkompetisi berarti ada pihak lain yang punya bisnis yang sama dengan anda. Jenis minuman relatif sama tetapi ada sentuhan lain yang bisa menarik pasar untuk membeli produk tersebut. Bersaing secara sehat akan menciptakan pasar yang sehat pula. Konsumen ada pilihan diantara jenis minuman yang ada. Anda jeli melihat peluangnya maka anda akan meraih kesuksesan.
4. Ciptakan Satu Cabang Sebagai Sumber Pendapatan Bisnis Utama.
Anda harus menciptakan satu cabang bisnis memiliki transaksi besar dan memiliki omset pendapatan tinggi. Hal ini sangat penting sekali supaya cabang tersebut dapat menopang cabang baru yang masih tahap proses berkembang. Dapat dikatakan sebagai tempat utama untuk mendapatkan keuntungan cukup menutup kerugian di cabang lain.
Ekspansi bukan serta merta mampu meraih kesuksesan baik, ada prosesnya loh. Masih banyak persiapan yang harus dibenahi hingga aspek eksternal lain harus diselesaikan. Jadi, anda harus memahami cabang yang punya reputasi baik di bisnis harus dipertahankan. Dengan berjalannya waktu anda juga membenahi ekspansi cabang baru tersebut yang telah dimulai proses tumbuh berkembangnya.
Baca juga:
Faktor Penyebab Utama Kegagalan Bisnis: Sinyal Awal Kebangkrutan Segera Bebenah
5. Siapkan Rencana Strategis Setiap Tahun.
Bisnis yang sudah dibentuk jangan dibiarkan begitu saja, ada campur tangan anda untuk membesarkannya dari waktu ke waktu. Rencana strategis akan selalu dinamis perkembangannya supaya target omset yang menjadi bidikan tepat sasaran. Berbagai rencana yang membangun harus menyatu dengan bisnis termasuk efisiensi pekerjaan tetap selalu diprioritaskan.
Strategi yang efisien selalu memilih aktifitas kerja efektif untuk menghasilkan omset. Salah sedikit bisa berakibat fatal yaitu kerugian di depan mata. Buat target yang realistis menggunakan sumber daya yang cukup sehingga semua tahap bisa terlaksana dengan baik. Target jangka pendek dan panjang bisnis menjadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan agar supaya bisnis dapat tumbuh besar di waktu yang tidak begitu lama.
6. Harus Ada Dana Tunai (Stand by Cash).
Untuk mendapatkan dana tunai terkadang sangat sulit sekali terpenuhi dalam waktu cepat. Owner harus punya dana tunai sebagai sumber daya penting jika bisnis terjadi gejolak di waktu berjalan. Bisnis harus ada topangan atau sandaran uang segera agar supaya bisa terselamatkan dari berbagai goncangan bisnis yang bisa saja terjadi.
Bisnis minuman kekinian selalu ada inovasi atau magnet penarik konsumen dengan perubahan yang dilakukan. Proses inovasi ini lah butuh dana tunai agar untuk menaikan omset penjualan di cabang tertentu bisa terlaksana dengan baik. Usahakan dana tunai terlepas dari kredit atau pinjaman online karena akan menggerus pendapatan cabang dan menambah permasalahan baru untuk melunasi.
Untuk jumlah dana tunai sangat relatif untuk bisnis minuman kekinian ini, sesuai dengan besarnya bisnis yang anda kelola. Kebutuhannya harus cukup tersedia dan segera digunakan tanpa ada yang merintanginya. Jadi, owner segera menyadari bahwa dana tunai ini semacam amunisi pamungkas untuk mendongkrak kinerja baru saat keputusan penting harus dilakukan segera.
Baca juga:
Ciri Seorang Pengusaha Sukses Meraih Impian Bisnis Membawa Perusahaan Terdepan Penuh Inovasi
Kesimpulan.
Dari hasil wawancara ini membuat saya sebagai "outsider" menjadi paham bahwa bisnis ini harus ada tahap-tahap yang harus dilalui. Salah langkah akan selalu datang kerugian yang akan terbentuk. Seorang pemilik harus berpikir logis dan strategis untuk mengambil keputusan penting. Selalu amati pasar hingga menerapkannya ke bisnis minuman kekinian agar supaya target omset penjualan selalu terpenuhi sepanjang tahun.
Selalu belajar "out of the box" dari berbagai sumber, anda harus membuka cakrawala berfikir dimulai dari lingkungan bisnis hingga kompetitor. Selalu bergerilya dengan senyap tetapi selalu mengamati apa yang terjadi. Membuat keputusan penting harus ada pertimbangan yang logis, jika diperlukan data anda harus mempersiapkannya. Adjustment setiap waktu harus selalu terjadi agar potisioning bisnis minuman kekinian ini selalu bisa bersaing dengan pemain baru.
Anda tidak bekerja sendiri untuk menjalani bisnis ini, ada pihak lain yang membantu seperti karyawan terbaik. Pilih yang punya dedikasi hingga tekun untuk membesarkan bisnis ini. Untuk supplier selalu hitung harga kompetitif agar harga pokok minuman selalu bisa ditekan berdampak pada harga jual kepada konsumen. Efisien dan efektif dua hal yang selalu berhubungan supaya rencana strategis bisnis bisa terwujud dalam waktu cepat.
Semoga tulisan ini menjadi pembelajaran untuk saya dan rekan semua yang butuh masukan bagaimana bisnis minuman kekinian ini bisa berkembang dengan baik. Proses yang panjang harus dilalui, bisnis tidak besar dalam waktu semalam. Pasar yang dibentuk selalu ada progres dari waktu ke waktu. Owner harus terlibat langsung jangan dilepas saat bisnis baru akan tumbuh. Campur tangan pemilik menjadi arahan kemana bisnis ini akan bergerak. Segera lakukan supaya tidak salah arah dan koridor yang sudah menjadi laluan bisa terlaksana dengan baik.
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar