Langsung ke konten utama

Bisnis Bakso Malang: Latar Belakang, Modal Usaha, Tips Menjalankannya

  Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kuliner y

Bagaimana Cara Tepat Agar Bisnis Barbershop Maju Pendapatan Stabil Pelanggan Datang Setiap Hari Tidak Selalu Merugi

Setelah anda hijrah untuk membuka bisnis sendiri seperti barbershop ini dan telah menetapkan lokasi di mana berdirinya tentu sekarang saatnya masuk ke proses bagaimana bisnis ini tetap berjalanan pelanggan tetap datang setiap hari hingga pendapatan stabil tidak selalu merugi. Memang bisnis yang telah dirintis ini harus tetap semangat bahkan anda harus fokus semua pengorbanan anda untuk menciptakan nilai ekonomi lebih baik di masa yang akan datang tentu harus mengetahui bagaimana cara untuk melakukannya. 

credit: app.careerplug.com

Apa pun bisnis yang anda lakukan pastinya harus tetap diperhatikan mulai dari buka hingga tutup setiap hari. Memang untuk memulai bisnis apa pun jenisnya anda sebagai pemilik harus total terlibat di dalamnya tidak dapat di lepas begitu saja karena anda baru membuat pangsa pasar sehingga bisnis ini adalah karakter anda sendiri. Karakter memang penting karena pola akan tercipta dengan sendirinya pelanggan anda menangkap sinyal tersebt sehingga mereka tetap memilih, alasannya karena apa yang ada di bisnis barbershop milik anda telah menjadi trade mark yang tak akan terlupakan oleh mereka. Berikut yang seharusnya anda lakukan:

1. KONSEP BISNIS TELAH ANDA PILIH.
Yang menjadi menarik oleh pelanggan anda adalah konsep bisnis, misalnya anda memilih tema minimalis modern atau lainnya akan memberikan pesona saat pelanggan datang ke sana. Tidak itu saja, membuat mereka nyaman berada di dalamnya untuk menerima jasa barbershop tentu menjadi prioritas tinggi. Sebelum bisnis ini berdiri anda harus menciptakan konsep bisnis ini karena jika salah tentu pelanggan akan sulit datang hingga berfikir beberapa kali untuk mencoba jasa barbershop yang anda miliki.

Secara berkala coba lah update beberapa elemen penting barbershop seperti penyususnan peralatan, lemari, bahkan tempat service yang akan diberikan kepada pelanggan. Memang untuk memberikan kesan yang tidak monoton anda sebagai pemilik harus berani untuk merubah tata letak bahkan mengganti beberapa elemen tersebut tidak merubah konsep secara keseluruhan. Keberanian ini akan menciptakan atmosfir baru di dalam ruangan sehingga terkesan berbeda sinyal perubahan ini tidak menghilangkan konsep secara keseluruhan membuat pelanggan menjadi kaget dan secara langsung akan bercerita kepada lingkungan sosial mereka. Pola ini cara sebagai marketing tersembunyi yang dapat anda ciptakan.

2. COBA BUKA BISNIS INI SECARA ONLINE.
Memang 10 tahun yang lalu bisnis banyak berdiri secara offline, lokasi tempat berdiri maka konsumen datang kesana menjadi pelanggan dan butuh waktu yang sangat lama menciptakan bisnis ini tetap berjalanan dengan baik. Tetapi sekarang masa itu sudah mulai berubah dengan banyaknya bisnis barbershop ini atau bisnis lainnya membuka diri secara online untuk menciptakan pelanggan baru yang berada di sekitar dengan zona yang lebih luas.

Pemanfaatan teknologi digital seperti ini cukup penting saat masa sekarang ini karena pelanggan saat sekarang hampir semua memiliki smartphone untuk semua kerperluan termasuk pencarian informasi. Untuk memperkenalkan bisnis yang anda miliki tentu tidak hanya menggunakan brosur atau kertas lagi tetapi media sosial hingga media lainnya. Jadi, anda jangan pernah remehkan media online sekarang ini telah menjadi kebutuhan penting dan pastinya jika anda telah memulainya maka dengan mudah promosi online sudah bisa anda lakukan untuk mendapatkan pelanggan baru dari dunia maya.

3. PANGSA PASAR BARBERSHOP.
Bisnis yang di pilih tentu anda sudah membidik pangsa pasar yang akan dimasuki. Sangat penting karena pasar yang menjadi dominasi pendapatan barbershop anda ini tentu harus dibentuk di awal saat perjalanan bisnis ini berlangsung dapat mengawalnya dengan baik terkosentrasi pada segmen mana yang akan menjadi pelanggan anda. Misalnya, anda membuat barbershop ini untuk anak muda hingga eksekutif muda. Pastinya pasar ini harus disesuaikan dengan dunia mereka, begitu juga dengan pasar yang akan anda bidik seperti pria berkeluarga hingga mapan. 

Setiap segmen pasar akan menentukan harga, jenis service barbershop, hingga kualitas maksimal yang akan anda berikan kepada mereka. Jangan sampai salah memilih pangsa pasar karena platform ini akan menentukan hidup matinya bisnis di mulai dari pilihan ini. Riset dan teliti dengan seksama agar kualitas pendapatan yang anda raih tidak akan salah bahkan berubah dari hari ke hari.

Baca juga:

4. SELALU UPDATE KUALITAS SKILL TENAGA KERJA.
Barbershop berarti tempat gunting rambut dengan tempat yang nyaman hingga berkualitas. Jasa service yang diberikan kepada pelanggan tentu saja gunting rambut dengan berbagai model tidak hanya klasik, modern, hingga kombinasi. Mengetahui pintar atau tidaknya tenaga kerja yang bernaung di bisnis anda ini tentu anda sendiri yang mengetahuinya. Siapa saja yang bekerja tentu sudah melalui seleksi hingga training yang mungkin saja telah anda uji ketrampilannya sebelum mereka masuk.

Update skill ini tidak selalu sekolah atau training di instansi tetapi pengetahuan yang selalu anda berikan melalui morning meeting setiap minggu atau bulan dengan memberikan instruksi kepada mereka bahwa saat sekarang ini model yang lagi disukai oleh anak muda ada beberapa topik yang akan dipilih. Tetapi ini opsional jika tenaga kerjanya anda sendiri tentu anda sudah paham apa yang harus dilakukan.

5. BERIKAN MASA PROMOSI SEBAGAI CARA PEMIKAT PELANGGAN.
Tentu saja pelanggan akan selalu tertarik dengan adanya masa promosi saat bisnis yang anda jalankan ini berlangsung. Promosi ini bebas temanya apakah potongan harga atau mendapat treatment tertentu jika pelanggan memilih paket yang anda berikan misalnya setelah gunting rambut sampai 3 kali and berikan potongan harga 50% atau bahkan mendapatkan voucher tertentu untuk perawatan rambut. Promosi ini memang saat sekarang ini menjadi hal yang sangat menarik apalagi pelanggan akan selalu tertarik untuk datang mencoba peluang ini yang tentu saja tidak selalu ada.

Masa promosi ini tentu dapat anda terapkan saat bisnis di buka atau di pertengahan tahun hingga akhir tahun. Pilih momen waktu yang tepat menurut anda kapan atau bahkan di akhir bulan anda memberikan potongan harga di saat barbershop sedikit sepi juga dapat dilakukan sepanjang tahun. Jadi, lebih baik anda mengorbankan jumlah uang tertentu tetapi pelanggan anda tetap banyak datang untuk menggunakan jasa yang anda sediakan. Jika potongan harga ini tidak begitu material ya hitung-hitung masa promosi ini sebagai marketing anda kenapa tidak untuk di coba.

6. MEMBUAT BLOG KHUSUS BISNIS ANDA.
Mendekatkan diri dengan pelanggan tentu dapat anda membuat blog untuk bisnis yang anda. Blog khusus ini cerminan dan passion anda di bidang yang ditekuni sebagai jendela informasi menjelaskan bahwa pekerjaan yang ditekuni sekarang telah merubah arah kehidupan. Banyak sekali para pebisnis membuat blog untuk lebih dekat kepada pelanggan mereka supaya roda pekerjaan ini dapat selalu di kenal oleh seluruh pelanggan setia mereka.

Blog berarti anda harus bisa menulis dan wajib dilakukan harus bisa. Tulisan ini tentu bukan menulis seperti di sekolahan tetapi susuanan kata yang mudah di mengerti hingga menarik untuk selalu di baca oleh audience. Jadi, apabila anda sudah berkomitmen untuk membuat blog agar bisnis yang anda kelola sekarang ini menjadi lebih baik segera mulai dari sekarang.

Baca juga:

7. SEDIAKAN NOMER KONTAK CUSTOMER.
Saat sekarang ini pastinya pelanggan atau customer ingin lebih dekat dengan semua kebutuhannya termasuk barbershop. Apalagi pelanggan anda telah tetap bahkan selalu prioritaskan untuk tata bentuk rambut yang sangat diperhatikan oleh seorang pria selalu datang ke barbershop. Mereka ingin diperhatikan bahkan anda sebagai owner tentu harus memperhatikan hal ini karena pelanggan ingin sesuatu yang penting dalam pergaulan karena mereka lah yang membuat bisnis ini berjalanan dengan baik hingga dapat bertahan sampai saat sekarang ini.

Setelah bisnis anda berjalan baik dan pelanggan tetap sudah mulai banyak tentu ada beberapa pelanggan ingin menggunakan jasa barbershop anda nanti di jam tertentu dan dapat anda membuka sesi waktu ini khusus untuk mereka. Kenapa tidak anda sediakan nomer kontak khusus bagi pelanggan tetap anda yang bernilai ini untuk membuat mereka dihargai. Pastinya pelanggan yang mempunyai nilai bagi perkembangan bisnis anda ini tentu harus diperhatikan dengan baik.

8. SELALU DENGARKAN KELUHAN PELANGGAN MENJADI LEBIH BAIK.
Anda tentu pernah mendapatkan protes hingga ketidaksukaan pelanggan terhadap model potong rambut yang tidak sesuai dengan harapan sehingga menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Keluhan ini merupakan sinyal merah yang harus menjadi jawaban untuk merubah kompas yang pernah anda buat untuk dirubah dengan jawaban yang akan diaplikasikan masa yang akan datang. Konsumen adalah raja harus anda dengarkan untuk berbenah agar bisnis barbershop yang telah anda pilih ini menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Hal yang menurut anda sepele tetapi sangat vital untuk sebuah bisnis. Konsumen atau pelanggan yang telah berani menyuarakan apa yang mereka rasakan ini tentu sangat diapresiasi karena anda menjadi tahu apa yang seharusnya dilakukan agar tidak terjadi ungkapan perkataan seperti ini lagi di masa yang akan datang.

9. DESAIN INTERIOR MEMPERTINGGI ATMOSFIR BARBERSHOP.
Memang untuk mempertinggi artistik barbershop dan atmosfir menjadi lebih sempurna memang anda harus mempelajarinya agar bisnis ini baik ke depannya. Untuk pilihan memang harus anda sesuaikan dengan kondisi budget dan tata letak desain barbershop agar tidak terjadi salah pilih dan salah konsep. Memang desain interior ini menjadi salah satu cara membuat pelanggan anda betah hingga berfikir wow saat mereka berkunjung.

Pastinya desain ini akan memperhatikan tata cahaya di beberapa sudut yang banyak mempengaruhi suasana barbershop secara keseluruhan. Tentu saja mewujudkannya anda dapat menggunakan jasa dari konsultan atau anda sendiri dapat melakukannya jika anda ingin membuat konsep sendiri untuk barbershop ini. Perhatikan desain interior ini sebagai cara terbaik untuk membangun bisnis lebih mempunyai karakter seperti anda sebagai ownernya.

10. JAGA ATTITUDE DAN KEBERSIHAN.
Poin terakhir ini tentu saja berhubungan dengan personal, peralatan, kain, hingga lingkungan sekitar barbershop. Hal yang pertama perlu diperhatikan adalah attitude anda seperti kesopanan, tutur kata, hingga menghargai pelanggan hingga menyebut nama jika mengenalnya tentu menjadi sesuatu hal yang sangat direkomendasikan karena pastinya mereka akan merasa dekat seperti teman bahkan keluarga. Lihat saja para pebisnis barbershop yang ada di luar negeri mereka akrab bahkan memperlakukan pelanggannya sangat baik sehingga tips yang mereka berikan kepada anda akan jauh lebih tinggi. Memang untuk hal ini tidak semuanya bisa terlaksana dan mampu dilakukan oleh para barbershop tetapi sudah mulai dilakukan oleh rekan lainnya seperti di DKI Jakarta dan beberapa kota besar lainnya.

Kebersihan tidak hanya tempat tetapi diri sendiri hingga anda sebagai pemilik serta pekerja barbershop lainnya harus terbebas dari bau badan serta mulut. Memang terlihat sepele tetapi ini lah yang membuat pelanggan tidak nyaman saat anda melakukan pekerjaan gunting rambut dan lainnya sudah tentu pasti jarak antara pelanggan dengan anda cukup dekat, jika ada sesuatu yang tidak enak tercium pastinya pelanggan akan menjadi enggan datang kembali ke barbershop anda ini. Kedua poin ini harus menjadi perhatian dan sangat penting karena pelanggan pastinya akan bercerita kepada lingkungan sosial sehingga menjadi nilai yang tidak baik untuk perkembangan bisnis anda nanti.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Bulan Ini

Colokan Listrik Tiga Negara Favorit Traveler: Singapore, Malaysia, dan Thailand

Negara favorit traveling oleh seorang backpacker adalah Singapore, Malaysia, dan Thailand sudah tentu pasti akan membawa colokan listrik untuk mengisi daya baterai saat gadget sudah habis. Colokan listrik ini sebagai sahabat terbaik saat menghabiskan liburan traveling ini dan digunakan saat berada di hotel untuk mengisi seluruh daya kembali sehingga kebutuhan dunia sosial segera dapat digunakan. Adaptor atau colokan listrik walaupun ukurannya kecil tetapi sangat penting dan vital untuk semua kebutuhan gadget hingga kamera sekalipun akan bergantung dengan benda ini. Jika dilihat dari harganya sangat terjangkau tetapi jika anda lupa akan menjadikan traveling anda mimpi buruk yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Pengalaman yang kami rasakan saat melakukan traveling ke tiga negara {Singapore, Malaysia, Thailand} menjadikan tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan traveler yang pertama kali melakukan perjalanan ini sehingga mempersiapkannya supaya semua gadget yang dibawa dapat mak

Kenapa Kegagalan Bisnis Pertama Kali Oleh Pemula Begitu Menyakitkan, Untuk Bangkit Susah Sekali

  Impian seorang pemula untuk melakukan bisnis adalah sukses dan bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi. Bisnis yang dilihat di media sosial  seperti flexing yang tidak habisnya, karena para pemula melihat suksesnya saja tetapi untuk proses yang begitu sulit yang dilalui oleh mereka tidak dilihat secara utuh. Saya juga pernah merasakannya bahkan saat saya sudah melakukan bisnis tetap juga dicurangi tetapi saya tidak mempermasalahkan. Justru pengalaman itu saya bisa lebih bijaksana untuk memilih siapa saja yang bisa diajak berkolaborasi atau tidak. Fenomena yang sangat menarik sekali untuk di buat konten artikel maka di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini saya dapat sharing pengalaman. Awalnya memang kegagalan bisnis untuk pertama kali bagi pemula begitu menyakitkan, untuk bangkit begitu sulit sekali. Saat itu memang saya merasakan hal seperti itu tetapi bagaimana mengatasi sakit yang terjadi supaya bisa menatap masa depan. Berikut tahap yang saya lakukan agar supaya tetap bersem

10 Supermarket Populer Terbaik Di Kuala Lumpur Malaysia

Daftar belanja supermarket di Kuala Lumpur Malaysia dengan harga murah dengan promo yang sangat banyak tentu sangat disenangi untuk mendapatkan semua kebutuhan keseharian dengan jumlah barang yang sangat lengkap. Kebutuhan supermarket murah di Kuala Lumpur tentu sangat banyak dicari baik penduduk lokal hingga para turis untuk mencari semua kebutuhan yang tergabung dalam konsep hypermarket atau big supermarket. Jadi istilahnya grocery store shopping yang akan selalu dilakukan karena lokasinya di pusat kota, mall, hingga kenyamanan yang sangat tinggi untuk mendapatkannya maka supermarket menjadi pilihan terbaik saat berada di Kuala Lumpur Malaysia.