Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kuliner y
Keunikan Akan Memberikan Peluang Untuk Menang Kompetisi Laris Manis: Bedah Kasus Bisnis Retail UNIQLO Menjadi Pelajaran Berharga Bagi Saya Sebagai Penulis
Fenomenal sekali merek produk fashion UNIQLO hampir seluruh dunia penuh dengan pembeli bahkan keunikan dari semua jenis barang yang dijual di retail ini cukup mencengangkan publik bahkan beberapa competitor menjadi kan usaha mereka di tata ulang kembali. Apa apa dengan UNIQLO?. Begitu membius para pembeli untuk selalu datang lagi dan lagi untuk mencari beberapa kebutuhan fashion hingga asesoris yang ada disana. Saya sudah datang ke toko ini di salah satu mall yang ada di Jakarta memang berbeda, dari pintu masuk sampai ke beberapa lantai yang ada di sana membuat saya terkesan dengan tata letak hingga eye catching warna yang terlibat disana.
credit: uniqlo.com |
Dari semua hal yang ada di UNIQLO ini menjadi pelajaran terbaik untuk semua terutama bagi saya untuk membenah diri dan hal apa yang dapat meningkatkan kinerja saya seorang pekerja konten yaitu penulis artikel supaya dapat bertahan dari persaingan yang ada saat sekarang ini dengan prinsip yang ada di produk ini. Ada hal yang menjadi sangat penting untuk diperhatikan tidak hanya nama produk dari Jepang yang sudah terkenal ini ada tersimpan hal yang membuat saya terkesan yang akan saya bedah kasus di tulisan saya ini.
1. NAMA MENJELASKAN PRODUK YANG DIJUAL.
Tentu saja nama yang dipilih UNIQLO akan bermakna unik dan berbeda dengan yang lain. Memang benar adanya, untuk produk yang dijual ada perbedaan walaupun jenisnya sama dengan kompetitor tapi mempunyai pembeda dan sesuai dengan selera pasar. Lihat saja untuk jenis dimulai dari balita, anak-anak, hingga dewasa. Semua keluarga datang ke tempat ini sudah bisa memilih jenis fashion seperti apa dan pastinya tipe beragam. Tidak perlu khawatir untuk tidak kebagian belanjaan, saat anak tercinta sudah dapat maka keluarga lain sudah tentu kebagian juga. Ini lah yang membuat nama produk ini sangat ramai dan pastinya yang berkunjung rata-rata keluarga besar untuk mencari berbagai kebutuhan.
2. TEKNOLOGI DI FASHION.
Teknologi yang diadopsi oleh UNIQLO sangat tinggi dan update hingga tidak terpikirkan oleh para kompetitor. Penemuan ini tentu menjadi hal yang baru dan konsumen tentu akan melihat bahwa fashion yang dibeli sebelumnya itu itu saja temanya beralih ke teknologi mutakhir yang melekat di fashion. Sesuatu yang menjadi unik bahwa sebuah penemuan sebuah iptek saja dapat juga teraplikasi ke fashion tidak hanya pada kendaraan. Jadi, ini lah yang menjadi fenomenal bagi mind set seorang konsumen dan akan menjadi perbincangan di media sosial.
3. HARGA SANGAT KOMPETITIF UNTUK BRAND MENENGAH ATAS.
Lihat saja brand yang sekelas harganya rata-rata jenis produk unggulan IDR500.000 tetapi di UNIQLO harganya masih banyak dibawahnya. Menjadi hal yang sangat unik dan pastinya sangat sensitif bagi konsumen untuk saat sekarang. Mereka mendapatkan fashion masih terjangkau tidak perlu mahal. Ini lah yang menjadi magnet penting untuk menarik pelanggan baru sehingga mereka menjadi tertarik untuk membeli dan mengajak seluruh keluarga untuk datang. Bayangkan dengan harga yang terjangkau seperti ini jika membawa seluruh anggota keluarga tentu akan menjadi peluang lain produk fashion yang ada disana sehingga omset penjualan mereka menjadi meningkat. Ini lah yang membuat UNIQLO begitu menarik dan mampu memenangkan kompetisi di brand fashion menengah atas.
4. MENJELASKAN PRODUK DENGAN TULISAN ADOPSI TEKNOLOGI FASHION.
Tentu saja hal yang sangat menyenangkan sekali saat berada di pajangan bahwa tulisan menjelaskan bahwa produk ini sudah memberikan kenyamanan saat dipakai bahkan UNIQLO menjelaskan dengan cukup baik sehingga konsumen menjadi tertarik untuk membeli. Memang benar adanya jika konsumen diberdayakan untuk dijelaskan dengan baik dengan suka rela mereka akan membeli produk tersebut. Lihat saja untuk jaket yang terlihat seperti plastik ternyata saat dipegang begitu adem saat dipakai bahkan mampu menyerap keringat dan cepat kering. Ini lah yang menjadi unik bahkan belum ada produk sejenis di kompetitor sehingga pasar mereka begitu besar.
5. MAYORITAS WARNA LEMBUT UNTUK PRODUK FASHION.
Banyak warna lembut terlihat di produk UNIQLO sehingga mata terlihat teduh untuk memilih sesuai dengan kebutuhan. Memang warna seperti ini banyak disenangi karena konsumen yang rata-rata tidak norak sehingga sesama penyuka warna ini berkumpul disana sehingga menjadi tempat yang tepat untuk eksplor satu per satu. Memang ada satu atau dua tetapi tidak menyeluruh sehingga pelanggan betah berlama-lama memilih bahkan menelusuri sudut ruang pajang. Jadi, saya berada di satu lantai khusus keluarga tentu banyak hal yang dapat dilakukan belanja satu kebutuhan tidak terlalu jauh sehingga pilihan menjadi tepat karena warna tadi yang sesuai dengan selera rata-rata pelanggan yang akan membeli.
6. UNIQLO SALING MERANGKUT MEREK TERKENAL MASUK DI RETAIL MEREKA.
Coba saja lihat ada beberapa merek terkenal mereka rangkul tidak bersaing malah kolaborasi. Apa yang terjadi?. Produk yang terkenal di dapat dengan harga yang sangat jauh terjangkau dan pastinya semua hal yang berhubungan dengan hal yang disenangi oleh anak-anak seperti karyun hingga super hero sekalipun dapat juga di temukan di retail ini. Jadi, untuk tetap eksis agar pertumbuhan bisnis berjalan dengan baik maka lakukan kolabirasi dengan kompetitor yang sudah lama di pasar sehingga bisnis anda bisa juga terbangun dengan sendirinya.
PELAJARAN APA YANG SAYA DAPAT UNTUK BISNIS SAYA SEKARANG.
Pastinya semua hal yang bermanfaat dapat menjadi pelajaran untuk diri saya sendiri untuk mengadopsi ke pekerjaan supaya menjadi lebih baik. Memang hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah selalu melakukan inovasi di berbagai bidang dan selalu belajar untuk memberikan hal yang terbaik. Tidak cukup itu saja, untuk maju tidak bisa sendirian harus melakukan kolaborasi dengan pihak yang sudah mempunyai nama setidaknya menjalin kerjasama untuk saling memperkenalkan bisnis masing-masing. Inovasi ini dapat berupa mempelajari SEO hingga memperbaiki cara menulis saya yang lebih efektif untuk satu judul artikel, dan seterusnya.
Baca juga:
Prinsip lainnya adalah memposisikan diri di suatu komunitas juga penting seperti UNIQLO berada di menengah atas dengan harga yang sangat terjangkau dan pastinya keunikan design yang ada mampu mencuri perhatian para pelanggan. Nah, ini yang menjadi penting untuk diri saya mampu memberikan konten artikel terbaik dengan penjelasan yang belum pernah ada sebelumnya. Keunikan penjelasan yang mudah dimengerti akan memberikan peluang baik untuk dibaca hingga menjadi rujukan hal sangat penting lainnya yang akan diraih. Memilih judul berarti memposisikan diri untuk genre seperti apa, seperti contoh apakah dewasa atau remaja. Ini sangat penting karena saya harus mampu bisa memberikan sebuah pemikiran yang sesuai dengan umur serta pemakaian kosa kata yang sesuai dengan genre dimaksud.
Hal lain adalah memilih platform untuk menampung semua tulisan saya tetap menjadi perhatian apakah berbayar atau tidak. Ini menjadi penting, karena saya tidak banyak mengerti dengan tools di platform berbayar dan harus maintainance setiap saat termasuk pembayaran maka saya mencari platform yang gratis dari Google yang dapat saya manfaatkan. Jadi saya tidak butuh banyak pemikiran apa yang harus saya kerjakan dengan banyaknya tombol dan prosedur yang harus dilakukan agar blog tetap stabil. Jadi saya berkolaborasi dengan Google untuk bekerjasama dan saya mengambil kesempatan itu sehingga pekerjaan sebagai penulis dapat terpenuhi dengan sempurna. Ini lah yang terjadi di UNIQLO, dia bekerjasama dengan merek yang sudah terkenal join kolaborasi untuk mereka jual di retail mereka sehingga bisnis tetap berjalan dengan baik.
Teknologi penulisan yang saya terapkan tentu harus belajar SEO dengan baik, bagaimana cara untuk memasukan beberapa kata kunci di dalam tulisan tentu harus dilakukan supaya saat pencarian tulisan saya masuk dalam daftar yang di rekomendasikan oleh Google. Jadi, iptek sangat penting karena jika tidak awas maka kita akan ketinggalan jauh dan akhirnya tidak berdaya mengikuti perkembangan zaman. Ini lah pelajaran penting yang saya rasakan karena iptek sangat cepat perubahannya dan saya harus tetap awas dan belajar terus di berbagai sumber sehingga pengadopsian teknik terbaru dari teknik sebelumnya menjadi ilmu dan skill untuk memenangkan kompetisi.
Jadi apapun ilmu yang tersirat dari hal apa yang saya lihat segera kembalikan ke pekerjaan supaya dapat berkembang sehingga poin penting yang ada di UNIQLO menjadi sinyal positif untuk semua pihak juga. Jika mampu menangkap perkembangan yang belum terpikirkan banyak oleh orang lain maka bisnis tersebut akan mudah dikenal oleh konsumen sehingga menang di kompetisi sangat mudah. Jangan pernah berhenti belajar dari sumber mana termasuk hanya mengamati seperti ini tentu akan menjawab bahwa kita dapat belajar sesama walau hanya melihat dari jauh. Tidak perlu berpuas diri selalu mengukur sampai mana kemampuan diri untuk tetap baik dan selalu awas dengan perkembangan iptek yang akan meningkatkan performance di masa yang akan datang.
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar