Langsung ke konten utama

Bisnis Bakso Malang: Latar Belakang, Modal Usaha, Tips Menjalankannya

  Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kuliner y

Apa Harus Dilakukan Sebelum Menjalankan Buka Bisnis Warung Kopi Coffee Shop Sebagai Aktifitas Keseharian Sepanjang Tahun

Khusus anda memilih menjalankan bisnis warung kopi coffee shop apa yang harus dilakukan saat menjadikan ini sebagai aktifitas keseharian sepanjang tahun dengan banyak sekali pertualangan yang akan dihadapi agar bisa menang di kompetisi yang masih terbuka luas ini. Tempat nongkrong yang selalu tersebut "ngopi yuk" sore nanti dan sebagainya akan menjadi sebuah fenomena yang harus anda tangkap peluangnya jika anda mempunyai kemampuan untuk membukanya di lokasi terbaik nanti. Lihat saja banyak sekali tema warung kopi atau coffee shop yang  tumbuh dimulai dari "abang-abang membawa sepeda dengan termos terjurai sachet kopi instant" hingga warung kopi standar hingga mewah. Hampir seluruh penjuru negeri orang suka kopi apalagi mengisi waktu yang cukup lama untuk berbagai keperluan seperti meeting hingga melakukan pekerjaan saat waktu jeda harus ditempuh.

credit: london.eater.com

Nah, sebagai tema yang cukup baik untuk rekan yang ingin menjelajah bisnis warung kopi atau coffee shop ukuran sedang ya ibaratnya cocok di kantong mahasiswa ini ada hal yang harus anda perhatikan sebelum bisnis ini dimulai sehingga cermat untuk mengelola harus dimulai dari tahap yang akan kita kupas di artikel ini. 

1. HARUS KETAHUI PUSAT KOPI TERBAIK INDONESIA.
Jika anda ingin menjadikan bisnis warung kopi atau mini coffee shop ini sebaiknya anda harus ketahui pusat sentra kopi terbaik agar anda mendapatkan harga yang terbaik dan terjangkau. Dengan mengetahui sentra atau pusat kopi ini anda sudah langsung bertemu dengan para petani dan anda dapat bekerjasama dengan mereka untuk memasok kebutuhan kopi nanti. Ada beberapa jenis kopi apakah luwak, arabika, robusta, atau jenis kopi dengan rasa unik lainnya. Pelajari semua tipe dan jenis kopi yang sangat laku di pasar yang disukai oleh penikmat kopi sehingga warung kopi anda menjadi terkenal dengan keunikan saat anda tepat memilihnya. Jangan pernah lengah untuk poin pertama ini karena akan mempengaruhi kelangsungan hidup bisnis warung kopi anda nanti. 

2. SEGERA TENTUKAN DIMANA LOKASI BISNIS INI AKAN BEROPERASI.
Pastinya anda akan melakukan penelitian sejenak untuk menentukan dimana lokasi bisnis ini akan beroperasi. Apakah di mall atau lokasi lain yang unik memberikan nilai jual lain untuk sebuah tongkrongan anak melenial sat menunggu waktu senggang mereka. Walaupun sedikit trik dan anda sebagai owner harus menentukan pola atmosfir atau suasana caffee shop nanti maka riset sejenak harus dimatangkan, jangan sampai bisnis ini sudah beroperasi anda tidak puas dengan pengunjung yang tidak menyukai suasana yang telah anda bentuk. Jadi, segera tentukan sebelum bertindak agar perputaran uang nanti tetap terjaga dengan baik sepanjang tahun.

3. SEGERA TENTUKAN BUDGET UNTUK SET UP WARUNG COFFEE ATAU COFFEE SHOP.
Masalah budget ini cukup relatif untuk masing-masing owner tetapi cukup sensitif bagi yang tidak memiliki kesempatan banyak. Menjadi hal penting untuk membuat warung kopi ini adalah jumlah dana yang disiapkan, berbanding lurus dengan disign hingga elemen isian coffee shop nanti. Seperti disign ruangan, peralatan racikan kopi lengkap, gelas, piring, furniture, tata cahaya lampu, hingga aksesoris tambahan penunjang suasana warung coffee. Keseluruhan ini akan terbentuk dengan baik asalkan anda mempunyai budget yang cukup dan pastikan semua pengeluaran ini memang sesuai dengan peruntukannya.

4. SEGERA DAPATKAN IZIN BISNIS DARI INSTANSI TERKAIT.
Bisnis akan beroperasi dengan baik saatnya anda seorang owner harus mendapatkan izin usaha dari instansi terkait. Ikuti prosedur yang berlaku agar perjalanan usaha anda tidak tersendat saat terjadi pemeriksaan dari pejabat terkait, saat anda tidak memilikinya maka akan terjadi penutupan paksa. Jangan sampai terjadi hal seperti ini saat anda sudah banyak mengeluarkan dana untuk membangun bisnis ini untuk awal berdiri tentu akan hilang kesempatan saat tutup dalam jangka waktu lama. Jangan abaikan karena izin menjadi surat sakti anda untuk melakukan bisnis ini menjadi tenang dan fokus untuk mengembangkannya secara profesional.

Baca juga:

5. TENTUKAN JUMLAH KARYAWAN BEKERJA NANTI.
Sangat penting untuk menunjang semua operasional keseharian bisnis coffee shop nanti. Teliti berapa tenaga kerja paling maksimal yang dapat bekerja sama saat operasional dibuka sepanjang tahun, jika perlu anda sebagai owner juga ikut memantau dan menjadi tenaga kerja sekaligus untuk melihat perkembangannya. Anda jangan khawatir bahwa anda menjadi tenaga kerja langsung disana pastinya mempunyai nilai positif. Dapat melihat langsung keadaan bisnis itu sendiri hingga memantau dari dekat bagaimana performance dari tenaga kerja yang hadir saat itu menunjang bisnis ini berjalan. Jadi, untuk set up awal sebaiknya anda juga andil besar memonitor hingga membuat semua yang tertata dengan baik.

6. ANDA HARUS PAHAM SELUK BELUK KOPI.
Perlu untuk diketahui bahwa bisnis ini harus ada skill dan pengetahuan cukup hingga seluk beluk kopi yang ada saat sekarang ini. Jika tidak ada berarti anda sudah tidak layak melakukan bisnis ini karena harus ada dua elemen penting agar perjalanan bisnis tetap berjalan baik. Skill berarti anda ada kemampuan untuk meracik kopi yang seharusnya hingga teknik, dan pengetahuan anda harus paham bagaimana cara memilih kopi yang baik dari saat penyortiran penjual hingga siap digunakan. Aspek ini merupakan aset berharga karena tanpa pengetahuan anda akan tidak ada pedoman dan petunjuk. Jadi, apabila anda tidak mempunyai pengetahuan sama sekali sebaiknya anda harus join venture dengan rekan lainnya agar budget yang anda keluarkan dapat terselamatkan dari kerugian dan ditipu oleh oknum yang bisa terjadi.

7. BANGUN BISNIS SECARA ULET DAN KONSISTEN.
Bisnis tidak akan sukses dalam waktu semalam butuh waktu yang cukup lama hingga mendatangkan konsumen cukup banyak. Anda harus ulet dan konsisten melakukannya tidak mengenal lelah sehingga semua jawaban atas proses waktu yang menyertainya akan menjadi panen berharga di waktu nanti. Jadi, berikan yang terbaik dan jangan menggunakan bahan-bahan yang tidak sehat atau zat kimia tambahan yang akan menjadikan hasil menu produk anda tidak alami natural. Bisnis kopi ini harus mengedepankan kealamian rasa dari kopi itu sendiri dan pastinya semua penguat rasa harus alami pula menghasilkan secangkir kopi yang fenomenal. 

8. KENALKAN BISNIS ANDA MELALUI MEDIA SOSIAL POPULER.
Terkoneksi dengan internet pastinya media sosial yang populer, saat sekarang harus anda tautkan dengan bisnis ini. Lebih menjangkau semua konsumen anda tidak hanya pelanggan tetap tetapi pelanggan baru yang telah mendapat rekomendasi dari beberapa rekan mereka yang telah mencoba semua menu yang tersedia disana. Hampir semua pemilik smartphone sudah terkoneksi dengan internet, dan saat tertentu mereka ingin mencari informasi tempat nongkrong minum kopi di sekitar area warung kopi anda maka akan muncul pencarian tersebut di SEO. Apa yang harus anda lakukan?. Segera daftar di media sosial populer seperti Facebook, Instagram, dan lain sebagainya untuk menjelaskan bisnis ini. Jangan lupa untuk mendaftarkan di Map bahwa lokasi bisnis warung kopi anda berada.

Baca juga:

9. KENALI PANGSA PASAR UTAMA BISNIS COFFEE SHOP.
Pastinya anda sudah meneliti warung kopi yang anda miliki ini lebih banyak dikunjungi oleh kalangan mana. Apakah mahasiswa, kalangan menengah kebawah, atau menengah keatas. Semua aspek lini bisnis seperti ini harus anda ketahui supaya laris manisnya tentu akan berpengaruh dari pangsa pasar seperti ini. Jika anda ingin target pasar seluruh kalangan pastikan harga juga akan menentukan hingga suasana yang anda buat tentu harus berbeda. Anda coba lihat warung kopi sekelas kaki lima tentu berbeda dengan lokasi di mall atau ruko yang lebih representatif. Nah, pengetahuan ini harus anda ketahui supaya perjalanan bisnis ini sudah anda kenali kemana akan berlabuh.

10. LOGO BISNIS ADALAH TRADE MARK BISNIS ANDA.
Tentu saja warung kopi yang profesional harus ada logo yang segera dikenal oleh konsumen. Anda pelajari bagaimana bentuk hingga pemilihan warna agar konsumen langsung mengenali bahwa warung kopi ini menjadi tempat terbaik untuk nongkrong atau meeting sejenak. Sudah banyak profesional muda yang menyediakan jasa untuk pembuatan logo dan dapat anda terapkan diseluruh produk unggulan lain seperti website, media sosial, hingga pernak-pernik yang anda jual di display coffee shop nanti. Jangan sampai ketinggalan logo ini karena menjadi nilai jual penting sebuah produk menu yang anda jual di coffee shop nanti. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Bulan Ini

Colokan Listrik Tiga Negara Favorit Traveler: Singapore, Malaysia, dan Thailand

Negara favorit traveling oleh seorang backpacker adalah Singapore, Malaysia, dan Thailand sudah tentu pasti akan membawa colokan listrik untuk mengisi daya baterai saat gadget sudah habis. Colokan listrik ini sebagai sahabat terbaik saat menghabiskan liburan traveling ini dan digunakan saat berada di hotel untuk mengisi seluruh daya kembali sehingga kebutuhan dunia sosial segera dapat digunakan. Adaptor atau colokan listrik walaupun ukurannya kecil tetapi sangat penting dan vital untuk semua kebutuhan gadget hingga kamera sekalipun akan bergantung dengan benda ini. Jika dilihat dari harganya sangat terjangkau tetapi jika anda lupa akan menjadikan traveling anda mimpi buruk yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Pengalaman yang kami rasakan saat melakukan traveling ke tiga negara {Singapore, Malaysia, Thailand} menjadikan tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan traveler yang pertama kali melakukan perjalanan ini sehingga mempersiapkannya supaya semua gadget yang dibawa dapat mak

Kenapa Kegagalan Bisnis Pertama Kali Oleh Pemula Begitu Menyakitkan, Untuk Bangkit Susah Sekali

  Impian seorang pemula untuk melakukan bisnis adalah sukses dan bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi. Bisnis yang dilihat di media sosial  seperti flexing yang tidak habisnya, karena para pemula melihat suksesnya saja tetapi untuk proses yang begitu sulit yang dilalui oleh mereka tidak dilihat secara utuh. Saya juga pernah merasakannya bahkan saat saya sudah melakukan bisnis tetap juga dicurangi tetapi saya tidak mempermasalahkan. Justru pengalaman itu saya bisa lebih bijaksana untuk memilih siapa saja yang bisa diajak berkolaborasi atau tidak. Fenomena yang sangat menarik sekali untuk di buat konten artikel maka di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini saya dapat sharing pengalaman. Awalnya memang kegagalan bisnis untuk pertama kali bagi pemula begitu menyakitkan, untuk bangkit begitu sulit sekali. Saat itu memang saya merasakan hal seperti itu tetapi bagaimana mengatasi sakit yang terjadi supaya bisa menatap masa depan. Berikut tahap yang saya lakukan agar supaya tetap bersem

10 Supermarket Populer Terbaik Di Kuala Lumpur Malaysia

Daftar belanja supermarket di Kuala Lumpur Malaysia dengan harga murah dengan promo yang sangat banyak tentu sangat disenangi untuk mendapatkan semua kebutuhan keseharian dengan jumlah barang yang sangat lengkap. Kebutuhan supermarket murah di Kuala Lumpur tentu sangat banyak dicari baik penduduk lokal hingga para turis untuk mencari semua kebutuhan yang tergabung dalam konsep hypermarket atau big supermarket. Jadi istilahnya grocery store shopping yang akan selalu dilakukan karena lokasinya di pusat kota, mall, hingga kenyamanan yang sangat tinggi untuk mendapatkannya maka supermarket menjadi pilihan terbaik saat berada di Kuala Lumpur Malaysia.