Dua pilihan untuk roda kendaraan yaitu ban tubeless atau ban biasa tentu telah menjadi perbincangan bahkan masih ada kebingungan dari pemilik aset. Komponen yang sangat utama di sebuah kendaraan ini untuk menempuh perjalanan dekat atau jauh tentu menjadi perhatian khusus, mana yang terbaik di antara dua pilihan ini. Fungsi utama dari ban ini adalah untuk membuat kenyamanan dan pastinya peruntukannya mempunyai keunggulan masing-masing. Jadi, saat anda memilih salah satu jenis ban ini anda sudah mengenal informasi penting apa yang melekat. Apakah cocok untuk kebutuhan anda atau tidak sehingga saat teraplikasi nanti tidak merasa salah pilih.
Fokus general saat sekarang ini di pasaran ada dua jenis pilihan ban yang sudah sangat akrab menemani semua perjalanan yaitu ban tubeless atau ban biasa. Hal yang sangat esensial perbedaan keduanya adalah hanya ada ban dalamnya saja, jika tubeless tidak ada sama sekali. Dengan dua pilihan ini pemilik kendaraan bermotor baik motor roda dua atau mobil roda empat telah beralih ke ban tubeless dan telah melupakan ban biasa. Tetapi anda sebagai pemilik mobil harus mengetahui kenapa mereka memilih lebih banyak ban tubeless dan apa saja keunggulannya. Berikut ada poin penting yang membedakannya.
1. Ban tubeless mempunyai keunggulan saat anda berkendara di jalan yang telah menginjak paku atau benda tajam tidak langsung kempes pada waktu itu dan masih dapat berjalan dengan jarak yang tidak terlalu jauh untuk sampai ke penambalan ban.
2. Ban tubeless struktur keseluruhannya lebih stabil dan lebih padat sehingga saat berkendara dan bermanuver dengan kecepatan tinggi tetap baik mobil terasa tetap kondisi nyaman.
3. Ban tubeless lebih tahan terhadap benda tajam yang tertancap, lebih tahan bocor karena struktur yang padat. Berguna sekali saat ada berada di jalan yang butuh waktu beberapa saat untuk menepi tidak berada di tengah jalan. Poin ini memberikan keamanan untuk memposisikan kendaraan di tempat yang lebih leluasa mengganti ban pengganti.
4. Ban tubeless tidak mudak kempes saat digunakan bahkan terparkir di garase rumah. Karena bahan yang padat tadi tentu melindungi semua sudut yang melekat di veleg sehingga angin di dalam tetap dalam baik.
Setelah anda mengenal keunggulan ban tubeless ini tentu ada beberapa poin yang tentu memberatkan atau kekurangannya bagi pemilik kendaraan, yaitu:
1. Harga ban tubeless tentu lebih mahal dari ban biasa, dengan kualitas bahan yang melekat lebih baik dan pastinya terjamin.
2. Ban tubeless tidak bertahan lama, saat pemilik kendaraan penggunaan kendaran setiap hari dengan rute jauh, dan dapat awet hanya satu tahun saja.
Dengan informasi ini tentu saya yang pernah menjadi konsumen ban tubeless ini adalah karet bannya lebih tebal dan cukup padat. Saat masuk ke jalan rusak atau tidak rata bahkan cenderung banyak kerikil tentu harus mengurangi laju kendaraan. Jika dipaksakan dengan kecepatan tinggi akan merusak veleg dan membuat kondisi ban cepat rusak dalam waktu yang tidak terlalu lama.
Tidak hanya itu saja, ban tubeless harus menggunakan veleg khusus yang kompatibel dengan kondisi ban yang padat tadi, jika veleg dengan adanya jari-jari hanya dapat diperuntukan ban biasa saja. Walaupun ada tempat penggantian ban punya alat untuk memasang ban tubeless ini di veleg jari-jari tetapi memaksakan yang seharusnya tidak dilakukan, akan berdampak sangat berbahaya saat anda melakukan perjalanan jauh dengan kualitas jalan yang tidak menentu kondisinya.
PELAJARAN PENTING!
Setelah mengenal semua seluk beluk ban tubeless ini sebagai pemilik kendaraan harus mengetahui bagaimana merawat ban tubeless tetap baik kondisinya termasuk usia lebih panjang. Selalu secara rutin untuk deteksi kerusakan ban tersebut lebih awal, dengan melihat setiap sudut ban yang melekat di veleg hingga batik ban yang masih dalam kondisi baik.
Hal yang menjadi perhatian juga adalah saat ban bocor pemilik mobil sebaiknya jangan langsung tutup dengan lem khusus, alasannya adalah akan memicu kerusakan permanen pada permukaan yang tidak ada bocor sehingga memunculkan masalah baru yaitu korosi pada scrat ban tadi.
Yang terakhir adalah saat anda merasakan adanya kekurangan tekanan angin ban adalah jangan langsung mengisi dalam keadaan panas tetapi saat kondisi dingin. Hindari sekali menjalankan kendaraan dalam kondisi kempes total akan merusak struktur ban hingga veleg akan pecah membuat part mobil akan rusak total.
PENUTUP.
Untuk memudahkan anda membandingkan secara langsung antara dua pilihan ini, saya coba merangkumnya lebih mudah dimengerti.
I. Ban Biasa Konvensional.
Ada beberapa poin yang diperhatikan untuk memilihnya:
a. Jangan salah, ban biasa atau konvensional ini jauh lebih kuat di jalan yang tidak bagus atau setengah rusak seperti di pedesaan. Karena struktur karetnya lebih empuk ada dua, di ban itu sendiri dan ditambah dengan ban dalam.
b. Umur ban lebih tahan lama jika dibandingkan dengan ban tubeless sebab terbuat dari komponen pendukung yang cukup kuat.
c. Manuver cukup baik di jalan raya walau ada beda dengan ban tubeless.
d. Harga beli untuk ban biasa ini lebih terjangkau.
e. Tidak ada veleg khusus untuk melekatkan ban biasa ini, hampir semua jenis dapat sesuai dan kompatibel.
f. Karena ada ban dalam untuk menampung angin maka lebih mudah bocor.
II. Ban Tubeless.
Ada beberapa poin penting yan harus diperhatikan sebelum memiliki:
a. Sangat nyaman saat berada di jalan yang sangat rata bahkan mulus seperti jalan tol.
b. Masih dapat juga berjalan walau ban sudah tertancap benda tajam seperti paku.
c. Sangat tidak nyaman saat berada di jalan kondisi basah, rusak, atau licin. Membuat berkendara lebih lambat dengan kecepatan menurun.
d. Harga beli untuk satu ban lebih mahal jika dibandingkan dengan ban biasa.
e. Ban tubeless sangat dianjurkan melekat di veleg khusus seperti racing. Apabila anda memaksakan untuk melekat di veleg biasa maka harus ditambahkan penutup ekstra di bagian jari-jarinya supaya tidak terjadi hal yang mrusak ban secara perlahan.
Baca juga:
1. Persiapan Touring Motor Ke Beberapa Daerah Khusus Pemula
2. Perlengkapan Touring Motor Wajib Anda Beli Sebelum Berangkat Khusus Pemula
3. Masalah Dan Hambatan Yang Dihadapi Saat Touring Motor Termasuk Saat Perjalanan Mudik Pulang Kampung Khusus Pemula
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar