Fenomena Muncul Ekonomi Kreatif Oleh Generasi Muda Untuk Bisnis Masa Depan: Definisi, Sebab, Ciri Khas, Manfaat Dan Dampak
Hampir seluruh dunia ekonomi kreatif cukup memberikan kontribusi yang sangat tinggi untuk pemasukan negara karena dengan ide tersebut muncul bisnis yang tidak biasa mampu mendatangan devisa yang sangat tinggi sekali. Sebagai traveler saya melihat sendiri berbagai macam ragam kreasi anak muda di beberapa negara mampu menjadikan tulang punggung pendapatan dari industri ini.
Bisnis anak muda kreatif ini sudah menjadi pilihan terbaik apalagi anda yang punya inovasi dalam membuat sebuah ide segar yang tidak terpikirkan oleh anak muda lain bersiaplah nilai ekonomi di balik itu semua menjadi harga yang cukup disegani. Di sekitar kita saja coba lihat kreasi anak negeri yang punya talenta di bidang design telah menjelma menjadi sebuah bisnis, atau seorang selegram yang memberikan konten menghibur telah terjun ke bisnis kuliner hingga fashion. Fenomena ini cukup menarik untuk dijadikan sebuah konten tulisan yang saya hubungan dengan pengalaman saya untuk pernah kecemplung ke zona ini.
Apa Itu Ekonomi Kreatif?
Menurut Wikipedia: Ekonomi kreatif adalah konsep yang intensifkan informasi dan kreatifitas dengan mengandalkan ide hingga pengetahuan dari SDM untuk memproduksi. Dari pengertian ini terjelaskan bahwa ekonomi kreatif ini berhubungan dengan ide, digabungkan dengan ilmu pengetahuan yang ada, saat produksi menggunakan SDM yang cukup sehingga tercipta sebuah produk yang punyai nilai ekonomi tinggi.
Cukup beragam sekali kreatifitas yang ada di kalangan anak muda di mulai dari kebiasaan keseharian, atau memecahkan sebuah permasalahan dengan ide yang sederhana. Dengan ide sederhana saja mampu dijual sehingga pembeli takjub dengan semua produk yang telah tercipta dari kreatifitas yang bersangkutan. Pemasukan untuk negara tentu sudah mendunia sekali, pengiriman yang dapat dilakukan langsung ini telah menjelma sebuah aktifitas ekonomi yang sudah mampu ditekuni secara totalitas tinggi.
Industri kreatif ini sudah dapat perhatian dari pemerintah karena pertumbuhannya cukup baik, awalnya pesimis tetapi di waktu yang akan datang menjadi paket optimis untuk dilakukan. Dengan berkembangnya tekologi digital yang sangat fenomenal sekali terapresiasi secara langsung saat media sosial yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone cukup terkesima akhirnya viral.
Saling keterikatan antara dunia digital dan ekonomi kreatif ini cukup tinggi apalagi hal yang sangat baru tentu memberikan peluang. Apalagi aplikasi yang cukup banyak membantu membuat sebuah ide kreatif menjadi sebuah prestasi sebagai jalan keluar untuk mulai berkreasi. Keberadaan di masyarakat sangat baik sekali apalagi jaringan internet yang sudah sangat baik ini membuat kreatifitas dari anak muda semakin menggeliat dan progres dapat berjalanan setiap detik.
Beberapa contoh ekonomi kreatif yang ditekuni oleh anak muda kreatif yang telah menjelma sebagai industri terbaik dengan kualitas tinggi hasil maha karya mereka:
1. Design.
Cakupan ide kreatif ini tergabung pada bidang arsitektur, awalnya hanya membuat gambar sebuah rumah hingga bangunan saja dengan konsep konvensional. Tapi dengan sedikit kreatifitas mampu membuat design dengan berbagai ragam macam seperti minimalis, modern, urban, dan lain sebagainya. Termasuk menggunakan jenis bahan yang sudah banyak pilihan saat sekarang ini mampu terwujud sentuhan artistik sebuah model dan selera sehingga terbentuk pula paket eksterior dan interior sebuah properti.
2. Pembuat Konten Kreatif.
Berbagai platform yang tersedia saat sekarang ini telah menjadi tempat untuk konten kreatif para anak muda. Awalnya pekerja konten ini ada di televisi atau radio, zaman sekarang sudah dapat dikerjakan di mana saja. Lihat saja perkembangannya pembuat konten ini di mulai dari seorang youtuber hingga blog personal telah menjadi inspirasi bagi rekan lainnya dan mampu menghasilkan uang yang jauh lebih besar dari pekerja konten di televisi atau radio.
3. Pekerja Seni Artistik.
Terbuka peluang pula bagi para pekerja seni artistik yang awalnya mengandalkan tempat saja sekarang sudah merambah ke kreatifitas lain. Tetap berbentuk nilai seni tetapi bentuknya sudah berbeda seperti permainan warna lampu laser hingga membuat film dokumenter hanya menggunakan smartphone saja. Peluang ekonomi kreatif di zona ini cukup tinggi, karena kebutuhan untuk memaksimalkan sebuah produk sudah bergeser ke digital tentu menggeliat sekitar 10 tahun belakangan ini. Nilai tradisi lokal tetap dapat digunakan sehingga terbentuk sebuah maha karya baru yang dapat ditonton langsung oleh pemirsa di saat itu juga.
4. Terbentuk Tema Kuliner Baru.
Terlihat sudah revolusi kuliner saat sekarang ini sangat tinggi sekali perubahannya baik dalam bentuk, rasa, hingga paket. Pergerseran selera ini tentu berdampak pada penjualan tinggi karena keunikan ini disambut antusias oleh para pembeli. Banyak sekali bentuk jenis minuman yang sangan revolusionel seperti boba, kopi, hingga makanan kekinian telah disesuaikan lidah masyarakat milenial ini.
5. Freelancer Bermunculan.
Semua skil yang ada sekarang ini sudah mampu dijual kembali dengan sistem part time oleh anak muda. Misalnya seorang design grafis telah merambah ke beberapa jenis pekerjaan logo dan tulisannya, hingga jasa pembuatan artikel jenis blog atau profesional. Keseluruhan pekerjaan kreatif ini tergabung pada job freelancer. Sebenarnya pekerjaan ini berada di perkantoran khusus bidang komunikasi atau periklanan. Tetapi, telah tercuri oleh anak muda yang sudah dapat dipelajari menjadi kreatifitas baru yang sudah dapat dikerjakan sendiri bisnis sendiri dan dilakukan sendiri.
6. Sutradara Film.
Membuat film pendek saat sekarang ini sudah menjadi industri kreatif, tidak perlu biaya besar untuk menciptakan sebuah tayangan berkualitas. Hanya menggunakan smartphone saja telah berhasil menggabungkan potongan gambar dan kualitasnya dapat disejajarkan dengan cinema full HD. Menjadi sutradara dulunya harus sekolah formal tetapi sekarang sudah dapat dilakukan secara otodidak dengan platform yang sudag tersedia seperti youtube. Lihat saja ada beberapa film pendek yang punya kualitas terbaik dan viral di media sosial.
Beberapa contoh ini sudah mejelma di masyarakat dunia, telah menjadi sebuah industri tidak dapat diremehkan sebelah mata. Prestasi yang cukup gemilang ini juga terasa di Indoensia, banyak sekali bermunculan anak mudah kreatif yang menciptakan sebuah hasil karya mereka laku terjual dan patokan harganya tidak ada sama sekali. Ekonomi kreatif ini di masa depan punya perputaran ekonomi yang sangat tinggi, tidak dapat di pandang sebelah mata sangat berpengaruh karena hampir semua pengguna smartphome selalu terkoneksi setiap detik dengan media sosial populer.
Ciri Khas Ekonomi Kreatif.
Ekonomi kreatif ini punya ciri khas yang dapat langsung terlihat dan pastinya selalu diapresiakan perkembangannya.
1. Ide Kreasi Dari Intelejensi Tinggi.
Ekonomi kreatif ini muncul karena ada ide, setelah ide tentu ada proses pengembangan dan akhirnya terbentuk sebuah produk yang berbeda di pasaran sebelumnya. Kreatifitas ini lebih condong keunikannya, original, hingga mendapat atensi dari banyak orang untuk menggunakannya.
2. Hasil Produk Dapat Dijual Langsung.
Sebelumnya produk dibuat di pabrik, di kemas, dan dipasarkan. Butuh rantai panjang untuk sampai ke konsumen sehingga harganya sedikit lebih tinggi. Berbeda dengan industri kreatif yang terhubung dengan dunia digital, pemilik dapat langsung menjualnya tanpa ada perantara. Akibatnya harga menjadi lebih terjangkau dan tidak perlu lagi rentetan panjang pelaku ekonomi untuk sampai ke konsumen akhir. Banyak sekali contoh yang dapat dilihat sekarang, para selegram telah mampu menjual langsung produk unggulan mereka ke follower setia mereka. Pasar yang mereka bentuk sendiri telah mampu menjadi konsumen utama untuk semua kreatifitas mereka.
3. Berangkat Dari Ide Tercipta Berjuta Nilai.
Ide ini datangnya tiba-tiba dan tidak semua orang mampu melakukannya. Kreatif ini muncul saat seseorang melihat sebuah fenomena dan butuh perubahan sehingga menghasilkan karya yang belum terpikirkan oleh orang lain. Semua ide tentu harus ada kapasitas pembentuk sehingga bernilai tinggi saat di jual ke konsumen akhir. Sebagai contoh ide untuk membuat sebuah konten tentu ada secara spontan, ada pula skema awal untuk alur cerita. Orisinil dari konten tentu lebih disukai tidak ada aksi yang dibuat-buat sehingga atmosfir tayangan menjadi terkesima. Itu lah kerja selegram, ada saja aksi mereka yang membuat decak kagum follower mereka dan fenomenal hasil karyanya.
Manfaat Dan Dampak Ekonomi Kreatif.
Setiap perubahan di generasi punya potensi manfaat seperti ekonomi kreatif. Yang paling dirasakan adalah mampu menggerakan ekonomi suatu negara dari kelesuan pasar. Membuka lapangan kerja baru sehingga pengangguran dapat terkurangi. Dan paling penting adalah membuka jenis pekerjaan baru yang sebelumnya di kantor sekarang sudah dapat di mulai di rumah sendiri. Jadi masyarakat disekeliling tentu terserap menjadi tenaga kerja dan pastinya ekonomi suatu daerah akan berputar dengan baik.
Baca juga:
1. Investasi Minim Resiko Cocok Sekali Untuk Pemula Seperti Anak Muda Kreatif Modern
2. Bagaimana Cara Untuk Tetap Bisa Menulis Artikel Profesional Untuk Blog
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar