Tidak hanya bersaing di dunia kerja, sesama perusahaan juga melakukan hal yang sama sebagai pimpinan akan menjadi cambuk untuk maju. Persaingan bisnis saat ini menjadi batu kerikil yang selalu dihadapi agar kelangsungan hidup perusahaan tetap berjalan dengan baik. Perubahan zaman sangat menentukan jika tidak maka akan ditinggalkan oleh konsumen beralih ke perusahaan yang dapat menerapkan perubahan yang terjadi di masyarakat. Polanya tetap sama memberikan kualitas terbaik tetapi perusahaan yang punya keunggulan lah akan mampu bertahan sehingga semua kebutuhan awalnya diperoleh secara offline secara sudah mulai beralih ke dunia online seperti ini lah salah satu contohnya.
"Customer is a king" sangat benar adanya, konsumen punya peranan sangat penting untuk memajukan perusahaan dengan membeli produk atau jasa yang telah disediakan untuk berbagai kebutuhan. Mungkin anda pernah melihat saat sekarang ini sebuah bisnis yang dijalankan oleh seseorang tidak membutuhkan tempat yang cukup strategis tetapi produk yang mereka jual seperti laris kacang goreng. Ada pula bisnis lain lokasinya sudah bagus tetapi perputarannya masih begitu-gitu saja.
Apa yang terjadi dengan fenomena seperti ini?. Persaingan bisnis ini cukup kompleks sehingga pemimpin perusahaan harus punya pengetahuan yang memadaai bagaimana mewujudkan produk atau jasa yang dimiliki ini cukup laris manis di mata masyarakat. Persaingan bisnis sesama kompetitor saling belajar apa yang menjadi kelemahan masing-masing pelaku di pasaran sehingga salah satu dari mereka memperbaikinya dan langsung menang di mata konsumen "boom" pecah banyak penjualannya. Ini lah yang diharapkan agar bisnis yang digeluti ini sempurna hasilnyaa dan harus ada ilmu yang menatanya.
ARTI PERSAINGAN BISNIS.
Sebuah keberhasilan harus diraih dengan perjuangan, tidak hanya mendapatkan jodoh saja anda melakukan persaingan sesama pria atau wanita tetapi untuk mendapatkan margin lebih dari apa yang telah dipersiapkan tentu butuh juga perjuangan. Persaingan bisnis yang dirasakan oleh pemilik perusahan sebagai cara untuk memenangkan kompetisi sehat agar produk atau jasa yang dimiliki diterima oleh konsumen. Tidak ada persaingan berarti sudah masuk ke zona monopoli tetapi persaingan bisnis ini ada beberapa kompetitor dengan produk atau jasa yang sama tetapi cara memasarkannya berbeda-beda.
PENYEBAB MUNCULNYA PERSAINGAN BISNIS.
Seperti saya sebutkan di awal, persaingan bisnis ini muncul karena ada kesalahan yang dibuat oleh kompetitor lain sehingga anda menjalankan bisnis yang sama mengambil peluang yang ada. Ini lah yang dilakukan oleh seorang pemimpin perusahaan sehingga bisnis yang dijalankan ini dapat berlangsung dengan baik dan wajar. Dengan kesalahan yang telah diperbaiki ini jangan terulang kembali, jika tetap berjalan maka pangsa pasar dari perusahaan yang anda kelola akan diambil oleh kompetitor lainnya. Jangan pernah tolak perubahan yang terjadi di pasar karena konsumen yang menginginkannya, jika anda terlambat maka kompetitor lainnya akan berpeluang penung untuk merebutnya dengan prestasi yang di buat.
MANFAAT PERSAINGAN BISNIS BAGI SEORANG PEMIMPIN PERUSAHAAN.
Berbagai bentuk persaingan bisnis yang terbentuk akan memberikan manfaat bagi pemimpin perusahan untuk tetap fokus menjalankan tugas yang sangat berat di masa yang akan datang:
1. Munculkan Gairah Motivasi Untuk Memenangkan Kompetisi.
Setiap kebijakan yang diambil oleh pemimpin perusahan akan berdampak pada prestasi tercipta di masa yang akan datang. Dengan adanya kompetitor di pasaran maka akan muncul gairah motivasi untuk memenangkan kompetisi sehingga produk atau jasa dapat diterima oleh konsumen. Motivasi ini lah yang menjadi sebuah pertualangan seorang pemimpin perusahaan yang selalu terasah sehingga kebijakan yang akan diterapkan harus hati-hati atau benar-benar sesuai dengan formula yang sudah dihitung resikonya.
2. Memikirkan Potensi Rugi Yang Akan Timbul.
Persaingan bisnis tentu dapat diukur sampai dimana kemampuan perusahaan mampu bersaing dengan kompetitor. Pemimpin perusahaan sudah dapat memprediksi resiko rugi yang bisa saja terjadi di saat produk atau jasa yang diperkenalkan tidak mendapat respon. Nah, ini lah keputusan dari pemimpin perusahaan bagaimana meminimalisir semua rugi ini supaya tidak terlalu membebankan perusahaan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Ada masanya umur produk tersebut, jika ada respon berarti pasar menyukai. Apabila masih lambat maka pemimpin perusahaan harus memutar otak untuk melakukan strategi lain agar mampu menarik pelanggan lagi dan tercipta penjualan.
3. Sebagai Tolak Ukur Prestasi Kerja Pemimpin Perusahaan.
Apabila pemimpin perusahaan berhasil menempatkan perusahaan terkemuka secara langsung akan menjadi prestasi. Siapa yang akan menjadi sorotan yaitu pemimpin, semakin baik prestasinya tentu namanya semakin dikenal. Tolak ukur ini salah satu cara untuk mempertahankan posisi bisnis terdepan dari kompetitor sehingga kinerja perusahaan turut berpengaruh. Setiap kebijakan yang telah dirumuskan oleh pemimpin perusahaan selalu berdampak positif apalagi penjualan semakin baik dan menjadi pemimpin di pangsa pasar di produk atau jasa yang sejenis. Persaingan yang semakin ketat tentu ada jalan keluar untuk memajukan perusahaan termasuk curi perhatian konsumen dengan produk unggulan yang dimiliki.
4. Konsumen Semakin Mengenal Produk Unggulan.
Persaingan bisnis tentu akan menghasilkan produk unggulan dengan spesifikasi terbaik yang terpilih disukai oleh pelanggan. Produk yang baik harus memiliki quality control yang sangat ketat sehingga konsumen mendapatkan sebuah produk yang selama ini dicari dan terdepan dalam setiap pembelian saat dibutuhkan. Banyak sekali produk unggulan yang ada dipasaran dari beberapa kompetitor dan kenapa konsumen begitu loyal satu produk yang sudah dipercaya dari generasi ke generasi. Manfaat dari persaingan bisnis ini lah yang menjadikan produk itu terseleksi di pasar dengan sendiri dan perusahaan tersebut menjadi baik di mata konsumen.
5. Selalu Waspada Terhadap Prestasi Kompetitor.
Kesuksesan dari kompetitor tentu menjadi pelajaran penting bagi pemimpin perusahaan. Pelajaran apa yang sangat penting di dapat dari fenomena tersebut yang akan menjadi dasar kebijakan bagi pemimpin perusahaan untuk menelaahnya. Waspada ini sebagai cerminan belajar untuk mengukur seberapa tinggi kemampuan pimpinan perusahaan dapat mencernanya sehingga prestasi untuk masuk ke pasar sudah ada formula yang tepat setelah dirumuskan. Jadi, prestasi kompetitor selalu menjadi nilai persaingan positif untuk pimpinan dengan sendirinya akan terpacu untuk lebih maju di masa yang akan datang.
Baca juga:
1. Bagaimana Cara Tepat Agar Bisnis Barbershop Maju Pendapatan Stabil Pelanggan Datang Setiap Hari Tidak Selalu Merugi
2. Bisnis Investasi Sepanjang Masa Tetap Laku Walaupun Masa Sulit Ekonomi Berlangsung Layak Anda Pilih Sebagai Investasi Jangka Panjang
3. Aktifitas Pekerjaan Bisnis Ringan Mudah Dilakukan Menghasilkan Uang Cukup Besar Dalam Waktu Cepat Tidak Lama
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar