Berbagai kerusakan mobil bekas apakah banjir atau tabrakan tentu perlu dikenal sejak dini karena para pemula cukup minim sekali pengetahuan sehingga perlu dibantu agar tidak salah beli. Berbagai kondisi yang terjadi saat kendaraan yang telah dipakai oleh pemilik lama tentu harus diperhatikan satu per satu agar saat dipakai nanti masih dalam kondisi baik dan tetap prima.
Tidak semua pemilik mobil lama memberikan informasi lengkap bagaimana kondisi mobil bekas tersebut. Sebagai pembeli harus ada pengalaman yang di dapat saja baik dari anda sendiri atau rekan lain yang dilibatkan nanti. Bersama-sama melihat langsung akan terdeteksi secara dini apa yang sebenarnya terjadi dengan mobil bekas tersebut. Jika sampai salah maka anda akan mengeluarkan uang ekstra lebih untuk memperbaiki sehingga ketidaknyamanan saat dimiliki sudah di depan mata. Berikut saya rangkum hal yang penting untuk diketahui dan di posting di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini:
A. Waspda Mobil Bekas Banjir.
Dengan merebaknya banjir beberapa kota yang ada di Indonesia mungkin ada kendaraan dimiliki oleh pemilik lama tenggelam. Apa yang harus diperhatikan untuk permasalahan ini:
1. Permasalahan yang paling utama adalah terjadinya korslet akibat dari air yang masuk ke dalam mobil.
2. Mesin dan kerangka bodi akan terlihat karat sehingga pertemuan masing-masing zona akan mudah keropos bahkan mudah bergerser dan cepat aus.
3. Sudah dipastikan akan turun mesin karena air yang masuk akan memasuki ke sela-sela mesin hingga part di bagian dalam harus segera dibersihkan.
4. Sistem engine kontrol unit atau ECU sudah tentu akan rusak dan harus diganti.
5. Kebersihan mobil menjadi terlihat kotor apalagi lumpur yang melekat di body hingga karpet.
Prediksi harga yang akan dikeluarkan untuk kendaraan bekas banjir ini tergantung dari usia, jika dibawah dua tahun anggarannya sekitar Rp1jt-Rp2jt apabila tiga sampai empat tahun anggarannya sekitar Rp3jt-Rp5jt bahkan lebih. Begitu juga dengan mobil keluaran terbaru harganya bisa melebihi Rp 10jt keatas.
Pekerjaan tambahan yang harus dilakukan adalah mobil dengan kondisi banjir ini seperti kanvas rem, karet pintu, ban, kaki-kaki, sampai ke dalam kabin termasuk karpet di sela-sela. Keseluruhan estimasi perbaikan ini sampai total bersih kembali anggaran dimulai dari Rp5jt-Rp10jt.
Biaya ini tentu akan ramah biaya berlipat-lipat lagi jika tidak segera dikerjakan apalagi komponen ECU sebagai komponen penting dan butuh minimal biaya perbaikan sekitar Rp1,5jt. Apabila saat anda membeli mobil bekas banjir ini di depan mata anda maka harganya akan turun drastis bisa sampai 50% dari harga normal mobil bekas.
Untuk perbaikan ini tentu tidak direkomendasikan di bengkel biasa sebaiknya di bengkel resmi dengan memberikan jaminan atas pekerjaan sehingga masalah utama efek banjir ini dapat teratasi dengan baik. Biasanya dari bengkel resmi akan memberikan garansi hingga jaminan atas pekerjaan yang telah dilakukan sehingga kenyamanan anda hingga percaya diri untuk menggunakan mobil bekas tetap terjaga dengan baik.
Teknis pemeriksaan yang dapat anda lakukan dan sebaiknya ditemani oleh rekan yang mengerti dan membantu melihat secara rinci aspek-aspek berikut ini:
1. Anda harus melakukan pengecekan mobil di bagian tengah hingga ke bawah. Saat mobil terendam banjir akan meninggalkan bekas pada bodi dan rangka ada garis yang melekat. Sehingga ciri khas ini sudah pasti terlihat dengan jelas dan pastikan terihat jelas saat pemeriksaan nanti. Akan terdeteksi dengan mudahnya karena seputih apa pun kain jika kena noda pasti akan ada bekas. Begitu juga dengan mobil terendam banjir, anda harus secara perlahan untuk melihat dari dekat.
2. Periksa dengan rinci setiap sudut interior mobil bekas nanti, bekas rendaman banjir akan tercium aroma bau yang tidak sedap dan tengik atau adanya bau lembab menyengat. Memang terkadang pemilik lama telah membersihkannya sehingga terdeteksi cukup sulit sudah di beri pewangi saat prosesnya. Tidak mungkin anda harus mencium setiap sudut setidaknya anda harus mempersiapkan indera penciuman untuk deteksi aroma yang tidak sedap.
3. Buka kembali semua karpet yang melekat di mobil bekas ini untuk melihat langsung apalagi bagian bagase belakang tentu ada bekas lumpur kering yang telah menjadi kerak atau pasir yang masih anda di sekitar zona ini. Untuk karpet bagian penumpang juga harus anda teliti satu per satu, bahkan setiap sudut saat karpet terpasang. Akan terlihat dengan sendirinya saat sudah kering, karena ada air bercampur lumpur mengering yang masih menempel di elemen akan terlihat karatnya.
4. Sambil melakukan pengecekan juga lihat dokumen resmi yang ada seperti STNK dan BPKB. Data yang tercatat harus sama tidak boleh kurang atau lebih. Identitas ini tentu sebaiknya sama dengan identitas pemilik sekarang karena akan meyakini bahwa apakah mobil ini berada di zona sering banjir atau tidak. Alamat pemilik akan memberikan informasi awal apakah memang terletak di daerah sering banjir atau tidak.
5. Untuk membandingkan komponen yang sudah asli dari pabrikan tentu harus intensif sekali saat anda melihat dari manual book. Setelah melakukan pengecekan ternyata ada perubahan atau berbeda sehingga komponen tersebut kemungkinan ada kerusakan serius seperti banjir ini. Seperti part dalam mesin yang telah diganti tetapi masih tidak dalam kondisi baik bunyinya, atau saat anda menghidupkan AC ada aroma tak sedap keluar dari sistem pendingin. Jadi, aspeknya menyeluruh agar supaya anda mengenali mobil bekas ini apakah terendam banjir atau tidak.
B. Waspada Mobil Bekas Tabrakan.
Berbeda pula untuk kasus lain dimana pemilik lama mempunyai mobil pernah tabrakan dengan kendaraan lain atau kecelakan sendiri. Apapun namanya mobil ini sudah terjadi kerusakan sehingga anda yang ingin membelinya sangat waspada sekali. Karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengenali mobil bekas tabrakan yang tidak diberitahu oleh pemilik lama dan anda sendiri yang menemukan informasinya mobil ini sudah terjadi kecelakaan yang cukup parah.
1. Terlihat Perbedaan Warna Cat Bodi.
Saat bekas tambrakan atau kecelakan sudah tentu pasti ada bagian bodi yang rusak bahkan penyok parah. Apabila pemilik lama ingin memperbaiknya tentu harus dilakukan perbaikan hingga pengecatan ulang di bagian tersebut. Kalau untuk cat bodi keseluruhan tentu biayanya cukup mahal tetapi di bagian tersebut saja tentu masih dapat dilakukan segera.
Apabila mobil sudah berumur tentu saja warna cat secara keseluruhan akan memudar jika ada perbaikan baru tentu akan memberikan efek warna lebih cerah dan berkilau sehingga terjadi perbedaan yang cukup mencolok dengan warna cat asli yang sudah lama. Seperti belang yang kentara sekali perbedaannya baik dilihat dari jauh atau dekat.
2. Ada Bagian Karet Telah Mulai Terlihat Baru.
Terlihat juga pada saat pengecekan ke bagian karet hampir seluruh bodi mobil apalagi di kap mesin terlihat karet baru telah di pasang. Saat mobil tabrakan sudah tentu pasti karet yang melekat akan rusak dan harus diganti. Apabila anda sedang melakukan pengecekan dan terdapat kasus seperti ini dapat anda tanyakan langsung ke pemilik apa penyebabnya. Untuk memberikan keyakinan lain anda lihat apakah dudukan karet yang melekat apakah masih original atau tidak.
Lengkungan atau dudukan dari pabrikan pasti akan rapi, jika diperbaiki kembali secara manual maka akan terlihat. Lekukan yang seharusnya lurus ada sedikit melenceng dari arah sebenarnya. Informasi ini akan menjelaskan bahwa ada sesuatu di mobil ini di masa lampau seperti tabrakan hebat.
3. Coba Periksa Dudukan Bumper Di Bodi Yang Berbeda.
Untuk membuat mobil menjadi lebih baik tentu dilengkapi dengan bumper depan atau belakang. Gunanya bukan hanya untuk estetika penampilan mobil saja tetapi untuk melindungi jika ada korban yang tertabrak tidak cedera cukup parah. Jika ada terlihat rusak tentu pemilik akan memperbaiki, dan pastikan dudukan yang akan melekatkan bumper ini tidak salah dan tetap rapi seperti semua.
Apabila anda memeriksa setiap sudut bumper ada yang renggang atau tidak pas maka ada kemungkinan mobil ini ada tabrakan kecil atau besar. Permukaannya tidak rata sehingga terlihat dengan jelas dudukannya sedikit lari dari normal. Pergeseran ini akibat penyok atau diperbaiki ulang sehingga dudukannya tidak normal seperti semula.
4. Lihat Dengan Seksama Tulang Rangka Mobil Apakah Ada Bekas Pukulan Atau Las Tambahan.
Mobil tabrakan tentu ada tulang rangka yang penyok bahkan pemilik berusaha untuk mengembalikannya ke posisi semula. FYI, tulang rangka mobil ini apabila posisinya tidak standar lagi maka saat berkendara tidak terasa nyaman bahkan tidak aman dikendarai.
Sebagai pembeli harus waspada di poin ini apalagi rangka mobil ada bekas perbaikan atau las tambahan. Setiap zona atau setiap sudutnya harus rata, tidak ada cacat baik di sampingnya atau sebelahan. Las ini ini akan terlihat jelas dan kemudian ditutupi dengan cat baru tetapi bekas las tambahan ini akan terlihat jelas sekali.
Bahkan ada lapisan tambahan yang ditempelkan juga dilihat dengan seksama, rapi atau berkerut turut diwaspadai. Jika ada perbaikan ada bekasnya walau tidak kentara, harus jeli melihat setiap bagian agar informasi akurat mengenai mobil bekas ini.
5. Tidak Stabilnya Stir Saat Mobil Dibawa Berkendara.
Mobil bekas tabrakan tentu banyak sekali kerusakannya, termasuk stir saat mobil dibawa akan terasa oleng hingga bermauver sangat riskan sekali. Terutama saat kecepatan +/- 60 km/jam sudah sulit dikendalikan segera getaran di stir begitu kencang.
Mobil tabrakan ini memang sangat kompleks sekali perbaikan dan anda harus menemukan kasus seperti ini harus sangat hati-hati. Tabrakan ini terjadi benturan keras dan membuat kerusakan saling menyatu. Memang rangka sebagai penahan tetapi jika tekanannya kuat akan berdampak ke seluruh aspek termasuk stir mobil. Jika rasa oleng terasa anda berhak menanyakan ke pemilik lama apa yang terjadi sehingga rasa ingin tahu anda dapat terjawab dengan pasti. Apabila ragu maka indikasi mobil ini bisa saja ada tabrakan di masa lampau.
Rata-rata tabrakan yang sering terjadi di sekitar depan, samping, dan belakang. Mungkin saja pemilik lama ada mengalami kecelakaan saat melakukan perjalanan. Jadi, kadang pemilik lama tidak menjelaskan informasi ini karena mereka takut diberitahu terjadi terhambat proses jual-beli.
Baca juga:
1. Tips Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan: Sharing Pengalaman Pribadi
2. Tips Mudah Membeli Mobil Bekas Avanza Atau Xenia Berkualitas Baik Agar Tetap Nyaman Dikendarai
3. Cara Memilih Mobil Jenis Matic Performa Bagus Berkualitas Baik
Penutup.
Memang membeli mobil bekas (banjir atau tabrakan) harganya sangat jatuh sekali tetapi pemilik lama tentu tidak begitu saja pasrah. Mereka mencoba untuk mengaburkannya dan anda sebagai pembeli harus ekstra kuat mengungkapkan fenomena dibalik itu semua. Anda harus teliti satu per satu minimal dari poin yang saya jelaskan diatas dapat membantu.
Jangan pergi sendirian untuk melakukan pengecekan, sebaiknya bawa teman atau keluarga yang sangat paham seluk beluk mobil bekas seperti ini. Dengan bersama-sama melihat langsung tentu akan mendapatkan jawaban pasti keadaan mobil bekas tersebut. Dari pemilik lama terkadang tidak dapat diharapkan banyak karena mereka ingin mobilnya cepat laku. Apalagi di show room tentu tidak jelas siapa pemiliknya hanya petugas show room saja yang tidak jelas betul sejarah mobil ini.
Tetap waspada jangan sampai anda memiliki aset mobil bekas berasal dari keadaan kerendam banjir atau bekas tabrakan. Kedua permasalahan ini selalu ada setiap pemilik kendaraan di seluruh Indoensia. Jika ada indikasi seperti ini sebaiknya anda hindari karena biaya perawatannya sangat tinggi dan kualitasnya menjadi menurun jika anda ingin memakainya dalam waktu yang cukup panjang. Bijaksana belanja mobil dan pilih yang paling baik dari semua keinginan anda untuk mencari mobil bekas.
Update: 26/9/2023
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar