Dokter gigi yang telah membuka praktek klinik harus mengetahui strategi untuk mendapatkan pasien baru. Berbagai cara harus dilakukan agar pemasukan untuk klinik tetap berjalan dengan baik sehingga perputaran ekonomi dapat terbentuk dengan baik. Apabila anda lengah maka konsumen tentu akan memilih dokter gigi lain yang punya promosi yang baik sehingga anda yang punya praktek atau klinik akan jalan ditempat bahan banyak kosong beberapa waktu tanpa ada tindakan medis di klinik.
Berbagai cara promosi untuk klinik gigi dapat dilakukan asalkan anda sebagai dokter pengasuh mengenalinya. Sebagai topik yang sangat banyak dicari telah kami rangkum di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini, para pebisnis seperti anda ingin bisnis ini berkembang dengan pesat bahkan menjadi nomer satu di daerah domisili:
I. Buka Terobosan Dunia Digital Online Solusi Terbaik Saat Sekarang Ini.
Sudah zamannya internet dan dunia digital harus anda adopsi untuk mengenalkan klinik ini ke mereka. Terobosan ini sudah banyak pilihannya dan harus anda kenalkan di lini bisnis nanti. Tahap yang anda lakukan adalah sebagai berikut:
a. Memiliki Blog Atau Website Bisnis.
Blog atau website merupakan jendela bisnis yang hadir di dunia digital. Saat ini sudah mulai konsumen bertanya apa blog atau websitenya, karena dari awal ini mereka ingin mengetahui semua informasi dari bisnis klinik gigi ini. Informasi yang lengkap dan cukup rinci dimulai dari lokasi bisnis berada, customer service, jenis produk perawatan, jam pelayanan, hingga rekomendasi dari pasien yang telah mendapatkan tindakan dari dokter ahli di klinik gigi tersebut.
Baca juga: Bagaimana Cara Untuk Tetap Bisa Menulis Artikel Profesional Untuk Blog
b. Buat Konten Artikel Sesuai Dengan SEO.
Jika terhubung dengan dunia digital maka website atau blog harus mengerti bagaimana cara membuat tulisan dalam bentuk artikel supaya memberikan informasi akurat kepada pasien. Dengan artikel ini sudah ada SEO yang terbaca oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. Secara tidak langsung menggiring ke website atau blog yang anda bangun sebagai jendela bisnis di dunia internet. Banyak sekali tutorial yang ada di media online yang menjelaskannya bagaimana anda memulai SEO ini.
c. Tautkan Dengan Media Sosial Populer Seperti Facebook, Instagram, TikTok, Atau Twitter.
Media sosial yang digunakan oleh pengguna smartphone sebagai media untuk berinteraksi untuk berbagai keperluan. Saat mereka mencari informasi klinik gigi maka ada peluang bisnis anda dilirik oleh mereka. Dengan media sosial ini lah salah satu cara paling efektif yang dapat ditempuh agar peluang untuk memenangkan kompetisi dapat anda ciptakan.
Engagement konten seputar edukasi perawatan gigi dan informasi penting dibalik kesehatan gigi. Konten ini sebagai cara untuk menarik pelanggan untuk datang, seperti pembersihan karang gigi hingga cabut gigi. Untuk produk lainnya seperti behel atau kawat gigi dapat dijadikan layanan lain saat pelanggan memintanya.
d. Gunakan Selebgram Untuk Promosikan Bisnis Anda.
Banyak sekali selebgram yang membuka kerjasama dengan sistem endorsement. Anda dapat bekerjasama dengan salah satu dari mereka dan membawa bisnis klinik gigi sebagai paket yang akan dipromosikan. Pilih yang sesuai dengan karakter anda membawakan endorsement sebagai cara untuk sebuah solusi promosi.
Selebgram ini ada pilihannya seperti target pasar, umur, hingga segmen pelanggan. Aspek pasar sangat menentukan karena pelanggan yang akan menggunakan layanan ke klinik gigi pasti ada biaya yang akan mereka bayar. Jangan sampai salah saat menggunakan selebgram nanti.
e. Bangun Interaksi Dengan Platform Media Sosial: Live Moments.
Yang sangat disenangi oleh follower sosmed adalah melihat live moments secara langsung seperti apa klinik gigi yang anda miliki. Tidak usah lama-lama durasinya cukup satu tindakan, saat anda memberikan jasa kepada pasien untuk cabut gigi, atau membersihkan karang gigi. Dampaknya mereka dapat mengenal lebih dekat kesehatan gigi. Tetap lakukan untuk membangun followers dari dunia internet sangat ampuh menjadi pasien baru anda kelak di masa yang akan datang.
Untuk waktu live disesuaikan dengan target pasar, jika pasar anda lebih banyak ke umum maka pilih waktu akhir pekan. Waktu cukup berpengaruh karena saat libur mereka lebih banyak menggunakan mediia sosial untuk mendapatkan informasi.
f. Selalu Isi Website atau Blog Dengan Konten Edukasi.
Setiap konten harus berisikan informasi yang sangat bermanfaat untuk pasien atau pengunjung blog anda di sesi tertentu. Saat sekarang ini semua orang butuh informasi yang bermanfaat apalagi menjawab semua keraguan para konsumen baru yang ingin berkunjung tapi masih ragu. Edukasi seperti ini sangat perlu dilakukan dan harus anda isi di artikel yang sangat bermanfaat setiap waktu berjalan.
Edukasi cara menyikat gigi yang baik dan benar, hingga jadwal berkunjung dua kali setahun untuk pengecekan gigi. Informasi seperti ini memang sudah ada tetapi dalam bentuk tulisan langsung dari Dokter Gigi pemilik klinik harus ditingkatkan lagi. Pola seperti ini akan menggerakan hati pasien untuk datang dan segera mendapatkan tindakan dari Dokter Gigi.
g. Anda Harus Aktif Di Komunitas Kesehatan.
Salah satu cara untuk memperkenalkan bisnis anda adalah aktif di komunitas kesehatan yang sangat banyak sekali di dunia medsos. Dengan begitu anda juga ikut serta sebagai dokter ahli, membangun komunitas jadi dekat dengan anda sebagai Dokter Gigi. Jangan ragu karena di komunitas akan turut membantu proses berkembang bisnis anda kelak.
h. Berikan Potongan Harga Untuk Paket Tertentu.
Saat berproses tumbuhnya klinik Dokter Gigi adalah promosi sebagai cara terbaik. Ada tindakan tertentu dengan potongan harga khusus akhir pekan. Dengan harga yang terjangkau memberikan daya tarik tersendiri, seorang spesialis gigi dan bedah mulut sebagai ahli yang dibutuhkan oleh pasien untuk mendapatkan gigi yang sehat. Tidak semua pasien mengetahui klinik anda, cara terbaik memang memberikan potongan harga atau memilih paket tertentu untuk perawatan gigi.
i. Promosi Di Google Atau Media Sosial.
Keterbukaan media untuk promosi saat sekarang ini sudah sangat mudah dilakukan apalagi Google, Facebook, dan Instagram telah membuka peluang untuk bisnis klinik ini. Dengan harga yang sangat terjangkau dan dapat memilih target umur hingga target pasar agar promosi anda ini sampai dengan efisien. Alternatif seperti ini dapat anda lakukan untuk berproses di bisnis klinik gigi yang anda kelola.
II. Membuat Brosur Atau Reklame.
Untuk opsi ini tergantung dari kebutuhan, jika memang diperlukan dapat anda lakukan. Seperti brosur untuk 100 lembar saja sebagai awal dan di sebar di pusar keramaian kota. Atau anda memberikan brosur ini di bagi-bagi jumlahnya, seperti di perumahan atau perkantoran sebagai target terbaik.
III. Memberikan Sesi Pemeriksaan Gratis Di Waktu Tertentu.
Solusi lainnya adalah anda menyediakan waktu untuk sesi pemeriksaan gratis untuk pasien yang membawa teman atau keluarga minimal 1-2 orang. Pola seperti cukup ampuh memperbanyak prospek pasien baru dan lakukan edukasi kepada mereka.
IV. Membuat Buku Saku Cara Memelihara Gigi.
Jika anda seorang dokter gigi punya kemampuan membuat buku saku yang berisikan cara memelihara kesehatan gigi dapat menjadi solusi untuk promosi klinik anda. Dengan menjelaskan topik ringan tentu akan menarik perhatian, para pembaca langsung mempelajari satu per satu konten yang ada di buku. Berikan di halaman tertentu penjelasan bisnis klinik gigi, sehingga calon pasien akan paham ternyata anda sebagai Dokter Gigi punya klinik sendiri dengan berbagai ragam tindakan medis untuk gigi.
Baca juga:
1. Bisnis Praktek Klinik Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut: Latar Belakang, Cara Memulai, Modal Usaha, Tips Menjalaninya
2. Bisnis Klinik Kesehatan: Latar Belakang, Cara Memulai, Modal Usaha, Tips Menjalankannya
Update: 21/9/2023
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar