Pola kerja seorang konten kreator ini memang tidak ada kehabisan ide, ada saja konten yang mereka buat sangat layak jadi tontonan bagi pemirsa di dunia internet. Memang kreatifitas mereka ini selalu menjadi perbincangan yang tidak akan pernah habis karena memberikan sebuah pencerahan hingga contoh yang tidak terpikirkan sebelumnya oleh kita semua. Menariknya, pekerjaan ini mungkin terlihat sepele sekali tetapi jika dinilai dengan uang nilainya sangat fantastis sekali.
Ini lah yang menjadi tema tulisan yang akan memberikan pengalaman bagi kita semua termasuk saya sehingga mengenal pola kerja konten kreator ini sangat unik bahkan untuk menghasilkan kualitas konten ini ada yang lama bahkan secara spontan pun memberikan nilai manfaat. Saya ingin memberikan beberapa pola kerja yang mungkin dapat anda jadikan langkah untuk memulai supaya mampu menjadi terdepan dan memenangkan kompetisi.
1. Selalu Update Informasi Media Sosial Secara Mobile.
Namanya saja konten kreator tentu harus update informasi apapun secara mobile di media sosial. Cara ini sudah teruji sekali apalagi mereka yang sudah punya nama di luar sana selalu intensif sekali di media sosial. Setelah mereka update informasi di media sosial hadir ide untuk menghasilkan sebuah konten yang betul-betul menjadi hiburan bahkan nilai manfaat untuk peradaban. Seperti contoh lawakan konyol yang sudah banyak hadir di media sosial menjadi konsumsi publik setiap hari. Bahkan tutorial hidup sehat sekali pun yang terlihat sangat sepele menjadi trending topik yang selalu dibahas beberapa pekan.
2. Membuat Alur Kerja Umum Menjadi Topik Khusus.
Informasi umum yang didapat mereka olah sedemikian rupa sehingga masuk dalam pola kerja untuk dikerucutkan menjadi topik khusus. Misalnya, banyak sekali konten yang menjelaskan bagaimana menjadi orang sukses. Bagi seorang konten kreator mereka langsung memberikan contoh untuk satu kasus sehingga lebih informatif untuk konsumsi publik. Jadi, publik ingin mereka tidak ingin berfikir terlalu keras untuk sesuatu hal, di kemas menjadi hal yang khusus dengan gaya penyampaian ringan menjadi rileks dan terukur. Lihat saja para pembuat konten yang lebih fokus pada mindset, mereka selalu membuat tayangan umum menjadi khusus dan lebih mudah diikuti dengan gaya penyampaian yang ringan.
3. Mereka Punya Tim Kreatif Yang Terintegrasi Pada Konten.
Konten kreator bekerja tidak sendiri mereka punya tim kreatif yang merumuskan sebuah ide yang akan jadi project strategis di masa tertentu. Mereka merumuskan segala sesuatu yang mungkin menjadi tayangan yang belum ada sebelumnya sehingga menjadi konten maha karya bagi seluruh konten kreator. Kenapa mereka bekerja menggunakan tim kreatif?. Pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama di lingkungan yang sama tentu akan memberikan hasil yang lebih baik jika dikerjakan sendiri. Potensi kesalahan dapat diminimalisir sehingga anda pemilik aset ini dapat memonitor semua kelayakan ini apakah pasar dapat menerima atau tidak. Memilih tim kreatif ini butuh strategi tertentu, dapat dari kenalan kolega hingga rekruitment yang anda lakukan sendiri.
4. Setiap Kesempatan Harus Ada Perlengkapan Record Ide.
Aktifitas keseharian selalu berhubungan dengan tempat hingga komunikasi dengan sesama. Tentu saja ide yang terlintas begitu saja harus tercatat dengan baik di peralatan digital. Seperti record suara hingga note pad mini sebagai pengingat ide tulisan yang akan di follow up. Accicental seperti ini biasanya menjadi petunjuk awal yang dapat dijadikan ide konten yang akan dibuat sehingga penelusuran semua aspek pendukung harus dipersiapkan sehingga potensi selesai konten dapat tertata dengan baik. Lihat saja mereka selalu berada di lokasi mana pun selalu membawa perlengkapan tambahan supaya kelupakaan apa yang diingat tidak hilang begitu saja, karena spontan ide ini menjadi hal yang sangat briliant bagi seorang konten kreator.
5. Kritik Membangun Untuk Kesuksesan Strategis Masa Depan.
Mereka selalu menerima kritik membangun untuk membuat kesuksesan ini tetap bertahan lama. Semua hal yang berhubungan dengan kritik membangun ini sebagai uji teknis kemampuan sehingga ada yang kurang segera dikenali supaya tidak berlarut-larut tak terselesaikan. Kesungguhan konten kreator ini memang kritikan menjadi solusi untuk berbenah, kesalahan yang pernah di buat tidak diulangi bahkan menjadi ide untuk pembuatan konten yang dikemas dalam bentuk lain. Kritik ini di dapat baik dari sosial media hingga penonton yang memberikan komentar di setiap tulisan yang mereka buat.
6. Selalu Berkumpul Bersama Sesama Tim Kreatif Lainnya.
Jika bekerja di kreatifitas tentu harus masuk ke komunitas kreatif pula. Dengan bergaul cara seperti ini tentu mungkin muncul ide yang dapat dikolaborasikan bersama-sama dengan mereka. Potensi ini bisa saja terjadi, karena ide ini datang dari mana saja. Saat bersilaturahim ke sesama ada saja potensi kreatifitas dapat diwujudkan. Siapkan waktu yang cukup untuk memulai cara ini supaya kevacuman ide yang telah datang segera dimunculkan kembali untuk berkumpul sesama tim kreatif lain di luar sana.
7. Punya Networking Tinggi Untuk Melaksanakan Ide Kreatif.
Pastinya lingkungan sosial yang telah anda bentuk selalu berkembang akhirnya networking terbentuk dapat anda lakukan kerjasama untuk ide yang telah anda miliki. Pasar anda sudah ada tentu ada pihak lain yang ingin melakukan potensial ekonomi untuk bersama-sama berkembang sehingga terwujud konten yang baik dijadikan sebuah tayangan. Banyak sekali para public figure yang selalu melakukan aspek networking ini untuk dimaksimalkan agar keselarasan konten yang akan dibuat sesuai dengan mindset ekonomi mereka.
8. Lakukan Eksperimen Mini Di Media Sosial Untuk Minta Pendapat Pemirsa.
Langkah ini juga pernah saya lihat, saat public figure ingin bertanya sesuatu hal yang akan menjadi ide sebuah konten. Seperti Arief Muhammad yang ingin membuat Ikoy-Ikoyan kendaran menjadi trending topik di media sosial. Tentu pemirsa merupakan pangsa pasar di media sosial, dan minta pendapat mereka menjadi ide tertentu untuk membuat konten yang lebih bermanfaat. Potensial seperti ini tentu menjadi solusi bagi anda yang bingung untuk menembukan ide, dapat melempar ke pemirsa sehingga menjadi langkah awal untuk menciptakan konten.
Baca juga:
Tips Supaya Blog Atau Website Anda Aman Dari Banned Oleh Google Adsense
Bagaimana Cara Untuk Tetap Bisa Menulis Artikel Profesional Untuk Blog
Bagaimana Cara Saya Dapat Menulis Artikel Begitu Panjang Hingga Ide Datang Dengan Mudahnya Setiap Publish Mampu Bertahan Di Halaman Pertama Mesin Pencari Dengan SEO Tepat
9. Kembangkan Pengalaman Orang Lain Jadi Ide Lain Untuk Konten Selanjutnya.
Tanyangan konten dari orang lain dapat menjadi dasar baru bagi anda untuk membuat konten terusan yang lebih baik lagi. Banyak sekali konten awal yang telah menjadi rujukan sebagai awal ide untuk anda. Pekerjaan tentu menjadi sedikit telah terlihat tetapi kemasan yang akan anda selesaikan tergantung kesempatan nanti. Tentu hal ini sangat lumrah sekali untuk dilakukan karena konten orang lain ini menyadarkan diri anda membuat hal lain yang lebih menarik lagi.
10. Menjalin Hubungan Baik Sesama Konten Kreator.
Kompetisi memang iya tetapi menjalin hubungan baik sesama konten kreator harus dilakukan. Selalu terwujud setiap saat tentu akan mendatangkan potensial ide lain yang akan datang kapan saja. Bisa saja dari mereka mengajak anda untuk kerjasama sehingga tayangan baru yang seharusnya tidak pernah terpikirkan oleh anda jadi terwujud dengan baik. Menjalin hubungan baik ini maknanya sangat luas sekali, bisa saja saling bersilaturahim atau saling berkumpul di kesempatan tertentu akan menciptakan kenyamanan berteman yang profesional, atau ada pihak lain yang dikenalkan kepada anda tentu bisa saja terjadi.
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar