Menggunakan vespa untuk melakukan perjalanan jauh menjadi lebih unik karena pesona motor skutik ini telah menjadi fenomenal sekali di kalangan pecinta fanatik yang cukup banyak di Indonesia. Saat endemi sudah mulai berakhir banyak sekali rencana apalagi melakukan jalan jauh atau touring bersama vespa kesayangan bersama komunitas atau beberapa teman seperjuangan sudah menggema. Pesona vespa sudah tak tergantikan bahkan keluaran terbaru sekarang ini telah mencuri perhatian dengan teknologi mutakhir yang tertanam di mesin terbaru.
Tema perjalanan cukup bervariasi, apakah untuk mudik pulang kampung juga termasuk perjalanan jarak jauh. Butuh waktu sekian puluh jam untuk sampai tujuan bahkan ada rencana berhari-hari untuk memuaskan hasrat kebersamana dengan vespa yang disayangi ini.
Vespa termasuk kendaraan yang sudah berumur tentu harus banyak sekali permasalahan yang harus diperhatikan dengan sekasama. Apalagi rute perjalanan yang cukup panjang membuat perencanan harus matang agar semua rider yang membawa vespa tetap dalam zona nyaman tidak terjadi drama di masing-masingnya. Walaupun keterbatasan yang dimiliki pastinya semua anggota yang ikut akan memberikan sesi pengalaman mereka untuk komunitas agar trip ini memjadi ajang yang tak terlupakan mempererat silaturahim.
Jika rencana untuk touring atau jalan jauh bersama-sama komunitas vespa atau mudik bareng ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar acara akbar ini dapat menjadi momen berharga dan ajang untuk menguji kondisi vespa yang selalu dirawat bagaikan pacar sendiri. Berikut penjelasan yang telah saya rangku di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini selengkapnya:
1. Cek kondisi oli mesin dan gardan secara bersamaan, kekentalan cukup dan masih terlihat bening. Apabila anda sudah melihat secara dekat dan merabanya maka tentukan pilihan. Jika terlihat sudah hitam dan sudah layak untuk diganti segera lakukan, karena jalan jauh butuh waktu berjam-jam hingga harian ini tentu mesin harus dalam keadaan prima. Menggunakan oli yang baru sangat direkomendasikan agar performa mesin ini dapat bekerja maksimal saat perjalanan nanti.
2. Cek kondisi ban dan rem sebagai elemen penting keselamatan rider saat melakukan touring nanti. Untuk kondisi ban sudah tentu pasti batiknya masih kondisi baik dan permukaannya masih memiliki lekuk garis ban yang masih tebal, hindari permukaan sudah gundul atau botak. Kondisi ban yang bagus tentu harus kondisi sempurna tidak gundul bahkan relatif masih baru. Efeknya adalah menghindari rider dari kecelakaan terutama slip atau ban meletus tiba-tiba karena perubahan suhu di jalan.
Begitu juga dengan rem di ban depan dan belakang harus pakem saat digunakan nanti. Rem ini untuk mengontrol kelajuan kecepatan vespa. Rata-rata pilihan minyak rem untuk vespa harus disesuaikan tetapi banyak digunakan DOT 3 atau DOT 4.
3. Cek kondisi vanbelt vespa apakah dalam kondisi baik. Jika kondisinya sudah saatnya diganti direkomendasikan dilakukan, apalagi vanbelt ini behubungan dengan kinerja mesin dengan penggerak roda belakang untuk berkendara. Jika sudah terlihat aus dan membahayakan berkendara tentu anda segera menggantinya. Vanbelt ini sangat penting sekali untuk diperhatikan, jika anda lengah maka perjalanan jauh ini akan menjadi drama tersendiri.
4. Cek penerangan vespa baik lampu utama dan sein. Penerangan ini ibaratnya sinyal kepada pengendara lain di jalan raya. Pengecekan satu per satu harus dilakukan seperti lampu utama ada posisi jauh dan dekat, begitu juga dengan lampu sein harus nyala depan dan belakang dengan baik. Jika anda merasa bohlam ini sudah putus atau tidak nyala sebaiknya diganti menjadi pilihan terbaik, untuk memberikan nyala lebih baik saat digunakan.
Baca juga:
Kenali Segera Kecurangan Montir Motor Saat Service Berkala Di Bengkel Biasa: Khusus Rekan Pemula Pahami Pola Kerja Mereka
Cara Membeli Motor Bekas Matic Supaya Tidak Salah Beli
5. Tidak cukup dari segi vespa saja, dari rider juga harus mempersiapkan semua perlengkapan saat berkendara nanti seperti jaket, helmet, sarung tangan, dan masker. Aspek berkendara yang aman harus anda persiapkan sebelum berangkat agar perlindungan yang diwajibkan oleh Kepolisian ini harus anda taati.
6. Dokumen penting seperti STNK dan SIM yang masih berlaku sebagai identitas anda di perjalanan nanti. Dokumen ini sudah mandatori untuk semua rider yang membawa kendaraan harus membawa dan menjadi bukti nanti jika terjadi razia di perjalanan anda dapat memperlihatkan kepada petugas.
7. Mentaati peraturan di jalan raya, jangan ugal-ugalan saat konvoi mengganggu pengendara lainnya. Memperhatikan kondisi jalan harus selalu anda perhatikan, apalagi memasuki rute yang sudah pada anda harus sadar diri jangan membuat pengendara lain jengkel akibat ulah dari teman yang ikut touring ini.
8. Vespa yang dibawa sebaiknya sudah anda bawa ke bengkel yang resmi berpengalaman supaya test ride sebelum berangkat sudah selesai dibereskan oleh montir yang berpengalaman. Montir akan memeriksa keluhan yang anda rasakan kemudian melihat secara lebih rinci solusi terbaiknya. Vespa sebagai kendaraan yang fenomenal ini butuh montior yang punya feel tinggi karena ada rasa keterikatan tinggi dengan motor yang legendaris ini. Permasalahan yang sangat umum terjadi harus dituntas seluruhnya saat berada dibengkel.
Hal yang sering menjadi perhatikan montir yang memahami vespa ini adalah sebagai berikut:
Sparepart yang sering terpakai atau cepat habis ketika saat touring, hal ini juga harus dan penting untuk kamu periapkan sebelum memulai perjalanan, diantaranya :
1. Kampas Rem
2. kampas Kopling
3. Kabel Kopling, Gas, Rem, Perseneling
4. Stut Kopling
5. Busi
6. Mounting Shock
7. Baut-baut dan Mur Ukuran 10-11-12
8. Lampu Cadangan
9. Ban dalam
10. Kondensor khusus utk vespa pengapian platina
Part yang sering terjadi permasalahan tentu rincian diatas yang harus anda ketahui. Diteksi sejak diri kerusakan ini tentu berdasarkan keluhan yang anda rasakan. Rata-rata permasakah yang yerjadi memang rincian diatas sering terjadi perbaikan
9. Kunci penting yang harus dibawa untuk antisipasi jika terjadi sesuatu hal. Kunci sudah sangat umum harus ada di vespa ini membantu anda segera saat membuka beberapa part yang kendor atau mengganti harus menggunakan kunci tersebut. Berikut daftar kunci yang minimal harus anda bawa:
a. Kunci Busi
b. Kunci Y ukuran 11-12-13
c. Kunci Shock ukuran 14, 19, 22, 24
d. Treker Magnet
e. Kunci T ukuran 11, 12
f. Kunci Pas 10-11-12-13
g. Obeng tipe – dan +
h. Gunting
i. Pisau cutter
j. Kunci Inggris khusus vespa.
k. Tang
10. Perlengkapan masing-masing anggota member harus membawanya supaya trip ini tetap terkontrol dengan. Disesuaikan dengan kebutuhan, tetapi setidaknya setiap personal harus memiliki sendiri sesuai dengan kesempatan:
a. Jaket Khusus Touring
b. Celana Touring / outdoor
c. Kaos ganti (sesuaikan dengan kebutuhan)
d. Peralatan Charger dan HP
e. Obat-obatan dan P3K
f. Perlengkapan tidur (bantal tiup portabel, sleeping bag)
g. Perlengkapan Mandi
h. Buff atau masker
i. Celana dalam ganti (sesuaikan dengan kebutuhan)
j. Perlengkapan camping (jika ada camping)
Baca juga:
Tips Perjalanan Jauh Dengan Motor Matic, Kudu Dipersiapkan Ya
Kenapa Air Hujan Tidak Baik Digunakan Untuk Cuci Mobil Dan Motor?
PENUTUP.
Persiapan yang matang harus anda lakukan sedini mungkin agar rute jauh ini dapat terlaksana dengan baik. Apalagi motor vespa yang punya keunikan tersendiri harus diperhatikan dengan seksama. Sesama komunitas anda harus saling membantu dan memberikan yang terbaik agar semua teman yang ikut rute ini selamat sampai tujuan seluruhnya. Perjalanan jauh, mudik, atau touring polanya masih sama anda sesuaikan saja tahap-tahap ini untuk kesempatan nanti. Semoga bermanfaat.
Update: 29/9/2023
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar