Tidak semua pemilik mau memberikan rahasia dapur mereka kepada orang lain, informasi yang selalu ditutup rapat pintunya ini sangat sulit untuk mendapatkannya. Ada penjual yang memberikan rahasia bisnis minuman dapat menghasilkan keuntungan besar. Siapa sih yang tidak mau, rahasia yang selama ini ternyata sangat umum dilakukan. Tetapi tidak semua pihak dapat menangkap sinyal tersebut. Dengan kesungguhan hati penjual ini mau berbagi rahasia tersebut karena berbagi ilmu sama saja sedekah dan rejeki sudah ada Allah SWT yang mengatur, tuturnya.
Industri minuman tertutama bertema "street food" ini saat sekarang sangat tinggi sekali perkembangannya. Minuman skala cafe terkenal saat sekarang sudah ada yang jual di kaki lima. Tidak ada sekat lagi karena informasi yang sangat tinggi perubahan ini membuat para pemula bergerilya untuk mencoba dan mendapatkan peruntungan bisnis di tahun ini. Berbagai inovasi yang diciptakan mampu menarik pembeli untuk datang sehingga persaingan sempurna di kaki lima saat sekarang sudah sangat jelas terlihat.
Berbagai contoh minuman telah membuat perubahan hidup bagi rekan kita yang sudah ter-PHK oleh perusahaan sehingga pilihan ini sangat tepat untuk ditekuninya. Memang sebelum memulai bisnis minuman banyak sekali hambatannya, bingung harus mulai dari mana. Kuatnya media sosial yang sangat tinggi pengaruhnya ini membuat "sobat" ini membagi rahasia berkembangnya bisnis minuman sampai saat sekarang. Tetap bertahan dengan banyaknya kompetitor tidak akan pernah ragu. Mari kita simak rahasia dapur menjalankan bisnis minuman ini sehingga mampu menjadi inspirasi untuk kita semua yang ingin mencoba peruntungan di tahun ini.
1. Langkah Awal Memulai Bisnis Minuman.
Awal memulai sangat berat untuk menentukan pilihan. Riset dan dukungan media sosial sebagai cara awal untuk memilih bisnis minuman apa yang cocok untuk ditekuni. Berbagai aspek saling berhubungan tetap dipikirkan, jangan sampai pilihan tersebut memberatkan anda untuk berproses nanti. Maksudnya adalah, ketersediaan bahan baku yang cukup hingga pasar yang ada dapat menerima minuman itu.
Cara yang dilakukan oleh "sobat" kita ini adalah mengamati semua informasi yang didapat. Dimulai dari media sosial hingga kompetitor yang ada disekitar jualan nanti. Gejolah diri sangat tinggi membuat kebingungan tingkat tinggi muncul saat akan menentukan pilihan. Muncul ide bisnis minuman ini tidak terlepas dari modal yang disiapkan tidak terlalu besar hingga pasar yang ada masih terbuka luas. Berbagai jenis rasa hingga bahan baku sangat berlimpah dipasaran. Racikan bahan sangat mudah dilakukan hingga tempat jualan bisa dimulai dari kaki lima.
Memang ada aspek alam yang akan menjadi hambatan yaitu saat musim hujan, dimana minuman ini akan tersendat penjualannya. Hal ini tidak menjadi permasalahan, ada solusi lain yang bisa dilakukan agar bisnis minuman ini tetap berjalan dengan baik. Jadi, semua informasi lengkap untuk bisnis minuman ini sudah terangkum sehingga tata laksana di lapangan nanti sudah ada gambaran jelas.
2. Bahan Berkualitas di Minuman.
Rasa akan menjadi pembeda saat bahan berkualitas yang digunakan. Jangan pernah memilih bahan dibawah standar akan berdampak pada penjualan nanti. Ini lah yang selalu dilakukan oleh rekan kita ini, bisnis minuman harus menggunakan bahan berkualitas. Konsumen akan merasakan langsung jika rasa sangat penting dari bahan-bahan yang digunakan nanti.
Untuk campuran buah sebagai toping minuman nanti juga dari buah terpilih. Saat minuman bercampur dengan buah akan tercipta rasa baru yang segar sehingga berpengaruh pada omset jualan setiap hari. Proses racikan ini sebaiknya diperlihatkan langsung kepada konsumen supaya mengenali minuman yang dibeli nanti memang menggunakan bahan berkualitas tinggi untuk setiap "cup" nya. Cara ini lah yang selalu dilakukan untuk meyakinkan konsumen bahwa minuman ini menggunakan bahan berkualitas baik.
Bisnis lainnya:
Bisnis Barbershop Gunting Rambut Pria: Latar Belakang, Modal Keuntungan, Tips Bagaimana Menjalankannya
3. Ciptakan Variasi Rasa dan Selalu Berinovasi.
Menciptakan variasi rasa memang harus ada riset awal, kesukaan di satu daerah dengan daerah lain pasti berbeda. Ada yang suka jeruk, melon, semangka, hingga mangga tentu selalu ada informasinya. Pengaruh musim tetap menjadi hal yang harus menjadi pertimbangan, saat musim-musimnya datang tentu harga buah sebagai campuran minuman harganya lebih murah.
Inovasi lainnya tentu harus dibarengi dengan sambutan masyarakat saat diperkenalkan. Jangan buat minuman yang sudah ada gejala tidak laku, buat variasi rasa dengan mencampurkan berbagai minuman yang ada agar habis terjual pada hari itu. Ini lah pola kerja dari rekan kita untuk siasati agar jenis minuman yang ada bisa diterima oleh pembeli dan mengurangi kerugian tidak laku terjual.
4. Display Menarik Pelanggan Termasuk Kemasan.
Walaupun bertema street food harus tertata dengan baik. Buat tempat minuman yang akan dijual ditempatnya dengan desain yang tidak pasaran. Menggunakan rancang bangun tempat usaha harus juga menjadi perhatian, apalagi corak yang menarik perhatian pelanggan harus dipikirkan. Display yang dimaksudkan ini tentu sebagai pembeda dengan kompetitor, gunakan payung warna-warni hingga papan nama sehingga konsumen langsung mengenali bisnis minuman anda nanti.
Kemasan cup yang tersedia harus sesuai dengan harga jual. Ukuran menengah dan jumbo bisa menjadi awal. Permasalahan harga tentu berdampak pada isian hingga toping yang tersedia. Cup yang ada dipasaran sangat banyak jenisnya, hingga keunikan bungkusan berbentuk kantong plastik yang ada "seal" perekat juga menjadi alternatif pilihan.
Display dan keunikan kemasan saling erat hubungannya. Usahakan ada pembeda dengan kompetitor supaya keunikan ini menjadi daya tarik tinggi ke bisnis minuman anda ini. Hal ini lah yang dilakukan oleh rekan kita ini sehingga magnet penjualan tetap stabil sepanjang tahun.
5. Lokasi Sebagai Penentu Bisnis.
Bisnis akan berkembang baik saat pemilihan lokasi tepat apalagi jenis minuman seperti ini. Patokannya adalah apakah dekat dengan sekolah, pasar, atau pemukiman penduduk. Aspek keramaian menjadi tonggak sejarah berkembangnya bisnis, apalagi lalu lintas yang cukup ramai menjadi hal prinsip untuk sebuah omset penjualan.
Memang faktor ini selalu menjadi hal yang dipikirkan oleh pemilik bisnis termasuk rekan kita ini. Pemilihan di tempat ramai seperti sekolah dan perkantoran harus dipilih. Karena pasar disekeliling menjadi daya tarik utama pasar untuk membeli minuman yang dijual. Tidak butuh ekstra tenaga untuk menunggu pembeli karena pembeli sudah terfokus di tempat keramaian seperti yang disebutkan di atas. Nah, sebagai pemula anda harus meneliti terlebih dahulu lokasi potensial untuk memulai bisnis minuman. Terbuka juga untuk bisnis yang berhubungan dengan makanan lain, faktor lokasi turut berpengaruh.
Poin ini memang banyak sekali dipikirkan oleh pebisnis karena pembeli harus didatangi alias jemput bola agar jualan tersebut tetap ada pembeli sepanjang tahun. Fokus keramaian pembeli sebagai faktor penentu kemenangan dengan kompetitor sehingga omset penjualan dapat dinamis sepanjang waktu.
Bisnis lainnya:
Bisnis Cafe Dan Resto: Latar Belakang, Cara Memulai, Modal Usaha, Tips Menjalankannya
6. Media Sosial Sarana Promosi Bisnis.
Memang keseharian pembeli tidak terlepas dari media sosial. Keampuhan media sosial ini sudah teruji kualitasnya dimana pasar baru yang belum terjangkau mampu dijembatani antara penjual dan pembeli. Berbagai informasi yang tidak tersedia oleh penjual didapat dari komentar positif dari pembeli lainnya sehingga mampu mendongkrak omset sepanjang waktu.
Rekan yang sudah menggunakan media sosial turut memberikan pengalaman mereka dimana pencarian di media sosial sangat tinggi. Rekomendasi dari pembeli yang sudah merasakan produk minuman yang anda jual masuk dalam kategori pencarian mereka. Istilahnya, pembeli butuh sesuatu yang baru dan belum pernah merasakan minuman tersebut sebelumnya. Apalagi jualan anda ada keunikan tersendiri akan diburu dimanapun lokasi itu berada.
Segera gunakan media sosial sebagai rumah digital anda di dunia internet, potensi kesuksesan turut membantu sehingga anda bisa terhubung dengan konsumen setiap anda. Segera buat "reel" atau status setiap berkala sehingga jenis minuman terbaru dapat langsung sampai ke konsumen setia dan baru.
7. Jangan Paksakan Modal Besar Saat Mulai Bisnis.
Memulai bisnis memang disesuaikan dengan kemampuan. Rekan kita sudah memberikan rahasianya yaitu dengan modal seadaanya tetap bisa memulai bisnis minuman ini. Setelah berkembang pada waktunya untuk menata lebih representatif menjadi skenario lain. Jadi, ikuti prosesnya hingga ekspansi bisa terlaksana dengan sendirinya.
Pasalnya, modal memang sebagian orang menjadi hal yang sangat menakutkan bagi pemula. Apakah cukup dengan modal segitu, terus balik modal kapan. Pertanyaan seperti ini sebenarnya "bayangan" selalu mengikuti. Di posisi mana kita akan berdiri akan menentukan bayangan itu. Jadi, persiapan modal sangat relatif sekali. Dimulai dari Rp 1 juta saja sudah sangat lebih dari cukup untuk menciptakan infrastruktur bisnis minuman. Etalase, furniture, payung fantasi, hingga lainnya ini sudah sangat memadaai sekali.
8. Kebersihan Harus Terjaga.
Walaupun jualan di kaki lima kebersihan harus terjaga dengan baik. Ada sekat tertentu agar debut tidak menyatu dengan minuman. Hingga menggunakan sarung tangan saat menyajikan minuman ke cup. Kebersihan ini akan memberikan efek positif kepada pelanggan hingga tidak adanya lalat menghinggapi.
Pola seperti ini tentu sangat umum sekali, kebersihan menjadi hal yang sangat prinsip sekali. Semakin mengutamakan kebersihan tentu pembeli akan memberikan pengalaman terbaik saat mereka koneksi dengan media sosial anda. Mengabaikan kebersihan berarti anda sudah menjauhkan kesuksesan dari bisnis yang anda lakukan. Namanya minuman berarti berhubungan dengan higienitas. Rahasia ini sudah sangat terlihat jelas saat penjual yang selalu mendepankan aktifitas setiap berinteraksi dengan pembeli.
Bisnis lainnya:
Bisnis Toko Buah Segar: Latar Belakang, Modal Usaha, Cara Menjalankan, dan Tips
9. Bersedekahlah.
Rahasia yang tidak semua pemilik bisnis melakukannya adalah bersedekah. Rekan kita ini seorang muslim yang taat tetap konsisten melakukan sedekah ke sesama, apalagi fakir miskin hingga anak yatim. Jumlahnya tidak seberapa tetapi dampaknya sangat besar terhadap perkembangan bisnis minuman.
Uniknya ada waktu tertentu disediakan momen mengundang anak yatim untuk menikmati sajian minuman yang di jual. Sisihkan harta untuk sesama sudah disuruh dalam Al-Qur'an, dan kita sebagai hambanya harus melakukan. Hal tersebut juga berlaku untuk zakat wajib dikeluarkan sekali setahun. Tetapi untuk mudahnya setiap hari dilakukan, lebihkan sedikit anggap saja sedekah. Tidak pernah terpikirkan oleh pemula dimana ada hak orang lain saat bisnis ini ditekuni.
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar