Langsung ke konten utama

Bisnis Bakso Malang: Latar Belakang, Modal Usaha, Tips Menjalankannya

  Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kuliner y

Kenapa Kegagalan Bisnis Pertama Kali Oleh Pemula Begitu Menyakitkan, Untuk Bangkit Susah Sekali

Kenapa Kegagalan Bisnis Pertama Kali Oleh Pemula Begitu Menyakitkan
 

Impian seorang pemula untuk melakukan bisnis adalah sukses dan bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi. Bisnis yang dilihat di media sosial  seperti flexing yang tidak habisnya, karena para pemula melihat suksesnya saja tetapi untuk proses yang begitu sulit yang dilalui oleh mereka tidak dilihat secara utuh. Saya juga pernah merasakannya bahkan saat saya sudah melakukan bisnis tetap juga dicurangi tetapi saya tidak mempermasalahkan. Justru pengalaman itu saya bisa lebih bijaksana untuk memilih siapa saja yang bisa diajak berkolaborasi atau tidak.

Fenomena yang sangat menarik sekali untuk di buat konten artikel maka di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini saya dapat sharing pengalaman. Awalnya memang kegagalan bisnis untuk pertama kali bagi pemula begitu menyakitkan, untuk bangkit begitu sulit sekali. Saat itu memang saya merasakan hal seperti itu tetapi bagaimana mengatasi sakit yang terjadi supaya bisa menatap masa depan. Berikut tahap yang saya lakukan agar supaya tetap bersemangat untuk melanjutkan hidup yang lebih baik lagi.

1.  Sudah Menjadi Jalannya Saya Mendapat Pelajaran Hidup.
Saya lebih memandang hal tersebut memang harus terjadi dan dengan pelajaran tersebut menjadi bijak untuk menentukan pilihan di masa yang akan datang. Memang saya telah banyak membaca beberapa literatur dari mentor hingga teman di komunitas tetapi hal tersebut di luar dugaan. Kepercayaan yang sudah diberikan kepada teman yang saya ajak kerjasama tersebut hanya ingin memenuhi kebutuhan dia saja, tidak beranggapan untuk jangka panjang. Pikiran jangka pendek justru merugikan dia sendiri, akhirnya hubungan kami menjadi biasa saja hingga dia sendiri menjadi tidak enakan karena keberadaan dia sudah dikenal oleh keluarga besar saya begitu juga dia.

Pelajaran penting ini akan memberikan semacam guru yang baik bagi saya sendiri bahwasanya hal yang diluar dugaan itu bisa saja terjadi dan kita sendiri tidak menyadarinya. Walaupun begitu saya tetap bersyukur akan pengalaman ini, bisnis yang saya jalani lainnya bisa menjadi benteng kuat untuk tidak terjadi kembali.

2. Rasanya Marah Menyesal Akan Kebodohan.
Flash back kebelakang saat mengingat kejadiaan itu rasanya sangat marah, dan ada momen menyalahkan diri sendiri. Kenapa tidak begini, begitu, lain sebagainya. Suasana hati yang sangat galau itu membuat saya mengurung diri di dalam kamar, tidak mau diganggu hingga hidup rasanya hancur. Tapi, momen itu tidak berlangsung lama. Saya bertanya ke diri sendiri, semua yang terjadi bukan kebetulan. Memang harus ada penyadaran diri harus dari orang lain. Walaupun itu dengan teman sendiri.

Skema ini terkadang saya merasa kok bisanya seperti itu, sudah diberi kepercayaan kok merasa dia menang. Saya menyadari kesalahan itu tidak akan terulang lagi, penyadaran ini memang menimbulkan kerugian. Tetapi rasa marah tersebut akhirnya usai dan saya berdamai dengan diri sendiri untuk tidak membalas ke orang lain apa pun bentuknya. Pemula terkadang tidak bisa menerima situasi ini, karena awal menjadi mimpi buruk tak akan kunjung usai.

Baca juga:
Aktifitas Pekerjaan Bisnis Ringan Mudah Dilakukan Menghasilkan Uang Cukup Besar Dalam Waktu Cepat Tidak Lama
10 Ide Pekerjaan Bisnis Untuk Menghasilkan Uang Ekstra Tambahan Setelah Bekerja Sebagai Karyawan Kantoran Khusus Pemula

3. Kesuksesan Tidak Seperti Kenyataan.
Memang sangat senang sekali melihat kesuksesan seseorang penuh dengan kebahagian, aset yang banyak, hingga kebebasan finansial. Tetapi tunggu dulu, flexing media sosial atau lihat langsung di depan mata tidak selalu seperti. Ada hal dibalik layar dentuman was-was hingga air mata untuk proses sampai ke tahap itu. Pemula hanya melihat senangnya saja tetapi proses tumbuh berkembangnya tidak begitu diperhatikan. Saya pernah diposisi seperti itu, saat pemula memang saya akui tidak melihat keseluruhan tetapi hanya flexing itu saja.

Saat jatuh dengan kuatnya pasti begitu menyakitkan, bangkit memang bisa butuh waktu cukup panjang karena pengobatan batin tidak cepat. Merenung hingga diam seribu bahasa terlihat di keseharian. Tapi akan sembuh di waktu tertentu bisa berbicara ke pihak tertentu terucap gundah gulana yang dirasa di hati serta penuh dipikiran. Pelajaran penting untuk diketahui adalah kesuksesan tidak seperti kenyataan karena ada cerita dibalik itu harus ditelisik lebih dalam sebelum menelusuri bisnis yang sedang dilirik.

4. Diskusi Dengan Orang Tua.
Saya memang cukup dekat dengan orang tua, beberapa hal yang sangat menyejukan adalah saat diberi nasehat hingga wejangan kehidupan untuk anak mereka. Saat berkeluh kesah dan menceritakan keadaan yang sebenarnya maka saya bisa memahami. Tidak usah diperpanjang, sesuatu yang terjadi saat sekarang memang sudah jalannya. Keterjadian di dunia ini tidak secara kebetulan, tetapi ada campur tangan Allah SWT sang pengatur apa yang ada di bumi dan di langit.

Sebagai makhluk ciptaannya harus berlapang hati untuk menerimanya, walau prosesnya tidak mengenakan. Itu lah proses hidup yang harus disadari dan saat itu saya langsung tersadar akan proses kesalahan yang diambil sehingga nasehat orang tua bisa memberikan kelonggaran sesak di dada dan pikiran.

5. Healing Untuk Diri Sendiri.
Saat saya merasakan keterpurukan atas kegagalan bisnis untuk pertama kali sebagai pemula sangat tinggi. Hal penting yang saya lakukan adalah healing untuk diri sendiri. Saya lebih menyukai kesendiriaan di alam terbuka seperti pegunungan hingga pantai. Proses untuk menyembuhkan diri sendiri sembari saya lakukan hal lainnya. Mengisi hari dengan kesibukan lain untuk mengalihkan pikiran yang sudah tersumbat dengan sugesti gagal akan melakukan bisnis.

Healing memang cukup efektif saya rasakan cocok sekali bagi pemula untuk bangkit kembali setelah keterpurukan saat gagal memulai bisnis. Jangan pernah menganggap bahwa diri tidak perlu penyembuhan, harus disembuhkan. Karena saat diri lagi sakit harus ada tindakan konkrit untuk mengurangi beban yang ada dipikiran, ada sebagian pemula tidak mampu menerima beban itu bisa hilang akal atau gila. Jangan sampai seperti itu, karena semua proses pendewasaan sampai sekarang harus ada ujian untuk naik kelas agar supaya saat melanjutkan bisnis untk berkembang dapat meminimalisir kegagalan yang bisa saja terjadi.

Baca juga:
Pertanyaan Pertama Harus Anda Jawab Apabila Ingin Menjadi Seorang Pebisnis Tetapi Tidak Mengetahui Harus Darimana Memulainya
Langkah, Tahap, Strategi Untuk Membantu Pebisnis Pemula Untuk Menentukan Misi, Cara Kerja, Dan Tujuan Secara Menyeluruh Membangun Perniagaan Berhasil
 
6. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT.
Saya seorang muslim berarti kembali mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai pamungkas langkah dari segala tindakan yang telah saya lakukan. Merenung, muhasabah, meminta ampun atas kesalahan hingga menjalankan ibadah lebik baik lagi agar kegagalan bisnis untuk pertama kali oleh seorang pemula begitu menyakitkan seperti saya pada waktu itu dapat berkurang dengan bantuanNya. Bersedih memang sangat lumrah, tetapi sampai kapan meratapi hal itu harus segera diakhiri.

Saya merasa lebih enteng menatap hidup ini, lebih ringan akan pertolonganNya. Ada semacam obat mujarab untuk jiwa dan pikiran. Proses ini tidak begitu lama, bahkan menurut saya sangat cepat sekali. Awalnya memang sangat berat sekali serasa tidak bersemangat dalam bidup dan menjalankan bisnis lagi, tetapi sudah mendekatkan diri kepadaNya saya merasa ada dorongan kuat untuk segera bangkit dan menatap masa depan kembali. Masa lalu biar menjadi guru bagi diri saya sendiri, dan tindakan kehati-hatian harus segera

7. Berfikir Positif Setiap Hal Yang Tejai.
Sebagai manusia yang banyak kekurangan dan butuh proses yang sangat panjang untuk membenahi diri sebagai tahap berikutnya. Saya merasa banyak kekurangan tetapi saya juga yakin permasalahan atau beban saat sekarang masih belum apa-apa jika dibandingkan dengan rekan lainnya di luar sana. Saya harus membuang hal negatif yang berakibat buruk pada pribadi saya, hal tersebut pernah saya membaca sebuah artikel dari mentor. Berfikir negatif akan membawa diri ke hal yang buruk, semacam racun pikiran untuk menatap hidup lebih jauh lagi di masa depan yang lebih cerah.

Butuh proses yang cukup panjang untuk bisa berpindah dari negatif ke positif ini, sebagai pemula pada waktu itu saya begitu rapuh. Tetapi saya tetap harus optimis, kegagalan bisnis bukan akhir segalanya. Proses pendewasaan diri hingga kejiwaan diri telah menjadikan saya lebih kuat. Saya telah merasakan kesulitan saat jatuh, walaupun begitu dampak berfikir positif menjadikan saya lebih baik dari sebelumnya.

8. Uang Bukan Segalanya.
Uang bisa di cari, kepercayaan jauh lebih bernilai. Saat anda sudah mengenal seseorang telah memberikan kepercayaan penuh tetapi dia tidak memanfaatkannya maka kerugian besar sudah dia panen. Banyak sekali mentor di luar sana berbicara: jika kamu kehilangan uang tidak ada permasalahan, jika kamu kehilangan kesehatan kamu kehilangan sesuatu, tetapi jika kamu kehilangan kepercayaan seseorang maka kamu akan menjadi hancur.

Melihat idiom atau nasehat ini saya menjadi lebih bisa menerima keadaan ini. Kegagalan bisnis pertama kali oleh pemula begitu menyakitkan oleh teman sendiri telah membuat pengalaman besar terhadap kehidupan saya menjai lebih berwarna. Uang memang bisa dicari tetapi kepercayaan yang sudah saya berikan kepada dia tidak akan sama lagi waktu pertama kali saya melakukan bisnis dengannya.

Baca juga:
6 Cara Mudah Untuk Lakukan Diversifikasi Portfolio Investasi Khusus Pemula, Ikuti Langkah Ini Agar Anda Mendapatkan Kesuksesan Masa Depan

Penutup.
Setiap orang punya permasalahan masing-masing khusus anda gagal bisnis untuk pertama kali oleh pemula begitu menyakitkan sekali. Mirip dengan kekecewaan tingkat tinggi, ada rekan di luar sana lama sekali untuk move on tetapi ada juga yang lebih cepat seperti saya. Maaf bukan menyombongkan diri tetapi saya sudah melewati fase ini dan pastinya cukup enteng menerimanya saat sekarang ini. Sudah lebih bisa cepat memahami dan mengerti saat menghadapi seseorang yang mencoba menjebak lagi.

Memang harus berhati-hati lagi, dan lebih menenangkan diri untuk mengambil sebuah keputusan yang lebih strategis untuk masa depan. Jangan pernah menyerah untuk mencoba berbisnis untuk diri sendiri, lebih kelola sendiri, dan monitor sendiri. Untuk kerjasama dengan orang lain bisa saja terbuka pintu tetapi meneliti lebih rinci harus selalu dilakukan.

Semoga pengalaman saya ini dapat menjadi guru yang baik khusus untuk rekan semua disaat kegagalan bisnis untuk pertama kali bagi pemula sangat menyakitkan. Itu lah hidup, segala sesuatu terjadi saat sekarang ini sudah ada yang mengatur. Pendewasaan diri hingga kematangan emosional menjadi pelajaran penting. Mungkin dengan kejadiaan ini ada kesempatan besar di depan sana akan menanti, kesuksesan tertunda dengan permasalahan kegagalan bisnis sudah menjadi hal yang bisa diterima. Tetapi seperti dipermainkan memang sebagian orang sulit untuk menerima.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Bulan Ini

Colokan Listrik Tiga Negara Favorit Traveler: Singapore, Malaysia, dan Thailand

Negara favorit traveling oleh seorang backpacker adalah Singapore, Malaysia, dan Thailand sudah tentu pasti akan membawa colokan listrik untuk mengisi daya baterai saat gadget sudah habis. Colokan listrik ini sebagai sahabat terbaik saat menghabiskan liburan traveling ini dan digunakan saat berada di hotel untuk mengisi seluruh daya kembali sehingga kebutuhan dunia sosial segera dapat digunakan. Adaptor atau colokan listrik walaupun ukurannya kecil tetapi sangat penting dan vital untuk semua kebutuhan gadget hingga kamera sekalipun akan bergantung dengan benda ini. Jika dilihat dari harganya sangat terjangkau tetapi jika anda lupa akan menjadikan traveling anda mimpi buruk yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Pengalaman yang kami rasakan saat melakukan traveling ke tiga negara {Singapore, Malaysia, Thailand} menjadikan tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan traveler yang pertama kali melakukan perjalanan ini sehingga mempersiapkannya supaya semua gadget yang dibawa dapat mak

10 Supermarket Populer Terbaik Di Kuala Lumpur Malaysia

Daftar belanja supermarket di Kuala Lumpur Malaysia dengan harga murah dengan promo yang sangat banyak tentu sangat disenangi untuk mendapatkan semua kebutuhan keseharian dengan jumlah barang yang sangat lengkap. Kebutuhan supermarket murah di Kuala Lumpur tentu sangat banyak dicari baik penduduk lokal hingga para turis untuk mencari semua kebutuhan yang tergabung dalam konsep hypermarket atau big supermarket. Jadi istilahnya grocery store shopping yang akan selalu dilakukan karena lokasinya di pusat kota, mall, hingga kenyamanan yang sangat tinggi untuk mendapatkannya maka supermarket menjadi pilihan terbaik saat berada di Kuala Lumpur Malaysia.

Jenis Olahraga Ringan Cocok Untuk Orang Tua, Pilih Sesuai Dengan Kemampuan Beliau

  Jenis olahraga ringan cocok untuk orang tua , aktifitas ini tetap saya lakukan pada beliau di waktu tertentu. Memang kegiatan yang sedikit melatih fisik di masa umur beliau sudah lanjut ini tidak mudah untuk mengajak beliau, aspek ketidakmampuan tubuh yang sudah mulai terbatas membuat saya berfikir olah raga ringan seperti apa yang cocok untuk beliau. Keadaan tubuh terkadang tidak mengenakan hingga mood tidak mendukung. Banyak aspek yang harus saya lihat setiap waktu, jika baik maka saya mencoba mengajak beliau. Olah raga di usia senja diatas umur 60 tahun sangat berbeda dengan aktifitas di umur di bawah 50 tahun. Beliau tidak muda lagi harus pilih dan pilah yang paling sesuai dengan kondisi saat sekarang. Saya lebih mengutamakan perawatan tubuh beliau dari segi medis karena ada konsumsi obat yang selalu dikonsumsi karena ada riwayat penyakit tertentu. Agar tubuh tetap sehat dan bugar bisa mengeluarkan keringat maka ada beberapa alternatif olahraga ringan yang cocok untuk orang tua s