Melihat kondisi lampu setiap mobil yang lewat ada terlihat bersih dan ada pula warnanya sudah pudar. Ibaratnya lampu mobil depan terlihat kusam dan ada warna kuning disela-selanya sangat menjengkelkan sekali. Sebagai komponen yang sangat vital bagi mobil sebagai penerang jalan di malam hari harus terang tanpa ada penghalang. Lampu yang rata-rata berada di depan mobil ini berjalannya waktu akan berkurang kilatnya sehingga terlihat buram sinar saat dihidupkan di malam hari.
Jika kondisi ini dibiarkan maka akan membahayakan pengendara saat memasuki rute jalan yang tidak ada penerangan. Lapisan lampu dilapisi oleh mika sebagai pelindung utama agar isi lampu dapat terlindungi dari air hingga benda asing yang akan mengganggu penyinaran. Berusia kendaraan tentu akan membuat bongkahan lampu ini menjadi kuning bahkan terlihat suram dan buram. Khusus anda sebagai pemula apa yang dapat anda lakukan agar dapat merawat lampu mobil ini tetap dalam kondisi bersih, bening tidak kusam hingga warna kuning. Berikut cara mudah merawat lampu mobil tersebut:
1. Jangan Parkir Di Bawah Sinar Matahari Langsung.
Jangan biarkan mobil kesayangan parkir di bawah sinar matahari terik secara langsung terus menerus. Mungkin anda tidak menyadari saat singgah di tempat tertentu selalu parkir kendaraan seperti ini. Hal sepele ini dapat merusak kondisi lampu depan mobil hingga lapisan cat. Saat mobil sudah naik suhunya karena panas tiba-tiba hujan deras maka hal ini lah yang membuat lapisan mika tersebut akan rusak akhirnya suram dan buram. Lama kelamaan akan muncul warna kuning sebagai akibat keterusan parkir di bawah sinar matahari langsung. Akhirnya lampu menjadi tidak bening lagi.
2. Selalu Gunakan Lampu Standar ATPM.
Kesalahan pemilik mobil adalah tidak menggunakan lampu standar yang direkomendasikan oleh ATPM. Performa lampu tentu akan berkualitas sesuai dengan anjuran. Jika pancaran lampu tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya maka akan mudah putus sehingga kelistrikannya terganggu. Daya lampu tentu akan berdampak pada panasnya lapisan mika yang melindungi, jika terlalu terang maka lapisan mika akan terlalu panas dalam waktu lama akan berubah warna tidak bening lagi.
3. Gunakan Formula Khusus Anti UV.
Kondisi lampu kendaraan sebaiknya pilih anti UV sehingga pancaran cahaya dapat terjaga dengan baik. Dampaknya dapat melindung lampu mobil secara keseluruhan cairan formula ini dapat menjaga lampu mobil tetap dalam kondisi baik.
Cairan formula ini tentu di lap pada lapisan mika agar sinar yang pancaran lampu dapat melindungi dengan baik. Lampu menguning dan tidak bening lagi dapat diminimalisir sehingga performancenya dapat bertahan dengan baik.
4. Cuci Lampu Mobil Saat Musim Hujan Setelah Berkendara.
Hujan mengandung kandungan asam yang cukup tinggi ini saat mengena lapisan mika tentu akan berekasi. Secara per lahan tentu tidak terlihat untuk jangka panjang akan terbentuk lapisan kuning hingga buram dan kusam. Setelah anda berkendara sampai di rumah setelah lampu mobil sudah tidak dalam kondisi panas lagi segera cuci dan lap lapisan mika ini dengan air bersih PDAM. Kemudian lap dengan kain kering supaya air lapisan mika ini tetap dalam kondisi baik.
5. Service Ke Bengkel Untuk Bersihkan Lampu.
Saat sekarang ini tentu sudah ada service ke bengkel yang khusus membersihkan lampu yang tidak bening, kusam, dan buram. Bahkan noda kuning yang kelihatannya tidak bisa lagi dihilangkan dapat mereka lakukan. Menggunakan cairan khusus yang dapat mengangkat semua permasalahan pada lampu depan mobil ini akan menghasilkan kondisi seperti baru kembali.
6. Selalu Jaga Kondisi Lampu Jangan Ada Cairan Lain Tumpah.
Di dalam kap mobil aneka jenis cairan yang digunakan untuk performance mesin jangan sampai tumpah saat anda menambahkannya. Seperti cairan air aki, cairan power steering, dan lain sebagainya. Cairan ini tentu tidak sesuai dengan lapisan mika dan akan berakibat tidak baik. Jangan samakan juga kain lap dari sekitar mesin ini, jika ada yang tertumpah gunakan lap kain lain bersih supaya lapisan mika ini tidak terkontaminasi dengan cairan formula di mesin.
Baca juga:
Tips Cara Rawat Ban Mobil Yang Benar Supaya Awet Tahan Lama
Tips Cara Rawat Wiper Mobil Kerja Maksimal Tidak Baret Kaca
Cara Merawat Mobil Supaya Tetap Bertahan Harganya
7. Perhatikan Seal Karet Hingga Lapisan Mika.
Selalu cek kondisi seal karet pada lampu, jika ada yang longgar segera perbaiki. Dari longgarnya seal ini dapat masuk debu hingga noda lain sehingga cermin di dalam bongkahan lampu akan menjadi kotor dan kusam. Apalagi lapisan mika yang sudah retak atau pecah akan memberikan kondisi lebih parah lagi. Lampu akan turun performancenya sehingga bohlam akan sering putus karena terganggu dengan benda asing yang masuk.
8. Selimuti Mobil Jika Sudah Parkir Lama Di Garase.
Apabila anda telah selesai menggunakan mobil dan rencana akan parkir lama di garase rumah, segera selimuti mobil menyeluruh dan menutupi keseluruhan lampu. Menjaga kondisi lampu dari debu hingga noda yang mungkin saja menempel saat anda tidak di rumah seperti kotoran hewan tentu dapat diandalkan. Hal ini memang sangat sepele sekali, tetapi dampaknya sangat luar biasa pada lampu mobil.
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar