Rencana yang sangat baik sekali jika memilih bisnis kuliner kaki lima yang telah menjadi pilihan bagi pelanggan untuk memenuhi semua selera lezat hampir semua kota di Indonesia. Bisnis yang akan selalu tumbuh dengan berbagai pilihan seperti mie ayam baso, mie goreng, nasi goreng, pecel lele, pecel ayam, nasi bebek madura, sota ayam lamongan, soto padang, mpek mpek palembang, sate padang, sate madura, ayam geprek, dan lain sebagainya. Jenis makanan yang sangat di minati dengan harga yang sangat terjangkau ini tentu akan selalu ramai apabila anda memahami caranya.
Saya pernah menikmati hidangan di kuliner kaki lima, cukup ramai bahkan antrian cukup panjang untuk mendapatkan satu porsi. Apa yang saya rasakan ini tentu menjadi artikel untuk sharing pengalaman. Walau pernah saya berkecimpung di kuliner kaki lima ini tentu menjadi lengkap tulisan ini. Sebagai berkas untuk saya sendiri dapat juga menjadi pelajaran bagi rekan semua yang ingin melaksanakan bisnis ini di tahun ini.
1. Latar Belakang Bisnis Kuliner Kaki Lima.
Cara terbaik untuk mendapatkan jenis makanan tertentu cukup dekat dengan parkiran hingga akses jalan adalah kuliner kaki lima. Dengan harga yang cukup kompetitif jika dibandingkan dengan di mall tentu menjadi pilihan bagi para pelanggan. Untuk masalah rasa ada yang berbeda, dan lingkungan tempat tentu ada perbedaan kenyamanannya. Sebagai bisnis UKM yang banyak di pilih ini tentu sangat diapresiasi karena menjadi pedongkrak perekonomian negera.
Pilihan tempat cukup tersedia asalkan anda memahami seluk beluk lokasi tersebut apakah diperbolehkan untuk berdagang atau tidak. Terkadang lokasi ini sudah anda yang mengelola sehingga anda harus mengikuti peraturan disana seperti membayar retribusi hingga uang lainnya yang telah menjadi peraturan disana. Anda jangan khawatir dengan pelanggan, jika kuliner anda sangat dapat diandalkan masalah rasa dan kualitas akan berdatangan.
Kuliner menjadi pilihan terbanyak oleh pelanggan untuk memenuhi kebutuhan seperti sarapan pagi, makan siang, hingga makan malam. Untuk waktunya diserahkan kepada anda sesuaikan dengan kesempatan jenis kuliner yang akan di jual nanti.
2. Modal Usaha Bisnis Kuliner Kaki Lima.
Beraneka jenis kuliner yang ada di pasaran tentu saya tidak bisa menyebutkan satu per satu. Untuk awal bergerak saya hanya mampu memberikan ilustrasi modal dasar usaha awal untuk memulai bisnis ini. Untuk jenis makanan yang akan dijual nanti saya ambil rata-rata saja jumlah uang yang akan dipersiapkan nanti.
a. Gerobak atau Lemari Etalase: Rp 5.000.000
b. Perlengkapan makan lengkap +/- 2 lusin: Rp 750.000
c. Kursi dan meja: Rp 1.000.000
d. Kompor dan perlengkapan masak: Rp 2.000.000
e. Terpal dan perlengkapannya: Rp 800.000
f. Bahan-bahan untuk kuliner lengkap: Rp 2.000.000
g. Biaya lain-lain untuk satu bulan: Rp 500.000
Note: untuk poin "f" dapat anda sesuaikan modal usaha ini jenis kuliner apa yang akan menjadi jualan. Persiapan ini tentu disesuaikan dengan harga di tempat masing-masing, apabila berlebih estimasi harga ini tentu menjadi penyesuaian. Rata-rata budget ini bisa termasuk jenis semua seperti ayam goreng, bebek goreng, warteg mini, dll.
3. Cara Menjalankan Bisnis Kuliner Kaki Lima.
Sebelum menjalankan bisnis ini tentu harus mengenal cara menjualnya supaya petunjuk ini dapat menjadi acuan bagi anda pemula. Ada beberapa cara penting yang harus anda lakukan:
a. Memilih lokasi terbaik saat anda menjalankan bisnis kuliner kaki lima, misalnya dekat perkantoran atau keramaian kota. Lokasi cukup menentukan karena pelanggan segera mengenal lebih cepat menu kuliner yang anda jual.
b. Gunakan bahan-bahan berkualitas baik dimulai dari proses hingga saat disajikan. Bahan berkualitas tentu akan menghasilkan kuliner yang berkualitas pula. Efeknya adalah rasa di lidah tentu akan menjadi penilaian pelanggan apakah kuliner ini layak untuk dikonsumsi setiap waktu.
c. Kebersihan harus dijaga, apabila konsumen telah selesai makan di tempat segera angkat dan cuci. Lap meja secepatnya supaya lalat tidak berdatangan. Lokasi tempat jual harus bersih juga baik dari sampah atau genangan air yang tentu membuat kenyamanan saat makan mempengaruhi pelanggan.
d. Rapi saat menyusun masakan saat akan disajikan. Kerapian ini tentu akan mempengaruhi pelanggan untuk datang atau tidak. Apa yang anda jual tentu harus dilihat terlebih dahulu oleh pelanggan, supaya kepercayaan mereka untuk konsumsi dapat mampir makan di bisnis anda ini.
e. Attitude penjual kepada pelanggan harus diperhatikan. Wajah senang dan sapa pelanggan saat memasuki bisnis anda tentu menjadi rekomendasi awal untuk menarik minat mereka. Jangan berat kata untuk sapa duluan karena konsumen adalah raja benar adanya.
f. Terpal untuk berteduh sudah rapi supaya kenyamanan pelanggan saat makan tidak panas atau kena hujan. Rapi keseluruhan ini sudah terikat kuat pada zona tertentu dan pastikan tinggi area jual ke terpal cukup lapang supaya terlihat luas walau sebernarnya sempit.
g. Harga yang sangat kompetitif untuk menu yang dijual. Masalah harga sangat krusial sekali, tentu ada beberapa menu harganya disesuaikan. Jangan pasang harga mahal, apabila anda telah menghitung nilai jual untuk satu porsi telah cukup untungnya segera putuskan. Di kompetitor menu yang sama tentu akan anda pikirkan, jika terlalu mahal pelanggan hanya sekali saja datang dan beralih ke penjual lain.
Baca juga:
Bisnis Barbershop Pria
Bisnis Toko Buah Segar
Bisnis Kue Jajanan Pasar
4. Tips Bisnis Kuliner Kaki Lima.
Hal penting yang sangat krusial untuk membangun bisnis kuliner kaki lima ini sudah di mulai dari anda berjualan. Ada beberapa tips yang harus anda kuasai untuk melanjutkan proses ini menjadi kesuksesan.
a. Masakan yang telah menjadi menu jualan harus selalu baru, jangan pernah menggunakan masakan kemaren untuk di jual kembali. Konsumen akan menilai sendiri bahwa masakan ini memang benar baru dan sangat lezat untuk disantap. Poin ini menjadi nilai jual paling utama untu usaha kuliner kaki lima.
b. Buat nama untuk bisnis anda, segera tentukan dan jelaskan apa saja menu yang akan menjadi destinasi kuliner bagi pelanggan. Buat dalam jumlah cukup agar pelanggan baru tidak kecewa yang benar-benar ingin mencicipi kuliner ini.
c. Segera ciptakan media sosial untuk menjelaskan bisnis anda sudah diakui oleh pelanggan. Media sosial sudah menjadi hal yang sangat penting bahkan penilaian dari konsumen yang telah menikmati kuliner ini menjadi rujukan untuk pelanggan baru lainnya di kolom komentar.
d. Aktif di media sosial dan aktif posting feeds setiap waktu untuk menarik perhatian pelanggan yang sudah subscribe. Dengan begitu potensi penjualan anda akan terus meningkat sehingga bisnis ini terus berkembang dari masa ke masa.
e. Untuk promosi tentu anda sendiri yang akan menentukan kapan waktu terbaiknya. Mungkin ada hal potongan harga untuk menu tertentu sebangai pemancing pelanggan untuk datang, misalnya harga paling murah harus tersedia. Jika menu pemancing ini sukses maka anda pertahankan, sebutkan juga anda menu tambahan lain agar meningkatkan harga jual ke pelanggan.
f. Selalu waspada jika lokasi yang anda tempati sekarang kemungkinan ditutup atau dipindahkan ke lokasi baru sangat tinggi. Apalagi anda berdagang dengan gerobak berjalan tentu selalu pantau informasi updatenya supaya pelanggan tidak kecewa saat datang ternyata anda sudah pindah. Untuk antisipasinya anda harus cantumkan nomer telepon apabila kemungkinan pindah konsumen dapat langsung menghubungi anda. Jika memang andah harus pindah segera langsung update di media sosial lokasi baru anda secepat mungkin, bahkan 1 bulan sebelum pindah sudah beritahu pelanggan.
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar