Jenis bisnis toko kacamata online ini telah membuat sebagian rekan terbantukan untuk mendapatkan model dengan harga yang sangat terjangkau. Saat pandemi telah merubah semua tabiat pengguna smartphone untuk memperoleh semua kebutuhan termasuk sebuah kacamata. Telah termasuk pada kebutuhan untuk membaca hingga fashion. Membuat sebagian rekan melihat pasar yang sangat tinggi di balik bisnis kacamata ini. Lihat saja beberapa waktu belakangan ini, model yang keluar saja sangat variatif. Dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta menghiasi media sosial tentu membuat ketertarikan pembeli menjadi lebih tinggi.
Awalnya toko kacamata konvensional yang ada saat dekade lalu merajai pangsa pasar model frame terkenal tetapi sekarang telah bergeser pada toko online. Pola seperti ini hampir semua dirasakan bahkan sangat memudahkan para pembeli untuk melihat toko tersebut pada website yang disediakan. Fenomena ini tentu sangat menarik sekali menjadi topik perbincangan di artikel ini sehingga anda yang berencana untuk memulai bisnis toko kacamata online dapat mendapat edukasi singkat di kesempatan kali ini.
Kebutuhan kacamata ini tentu semakin dibutuhkan apalagi saat melakukan perjalanan singkat saja di siang hari melindungi mata dari sinar matahari. Fenomena lain adalah saat berkumpul sosialita memakai kacamata sudah menjadi fashion penting untuk memperbaiki gaya berbusana dan penampilan. Semua aspek ini saling mendukung kebutuhannya, apalagi pengguna media sosial yang sudah sangat aktif sekali butuh sesuatu yang memberikan terbaik atas penampilan.
1. Latar Belakang Bisnis Toko Kacamata Online.
Ada pasar ada kesempatan itu lah yang ditangkap oleh seorang pebisnis. Berbagai bentuk frame hingga harga menjadi dua konsep yang tidak dapat terpisahkan untuk kacamata. Merek terkenal hingga menengah kebawah membuat calon pembeli selalu melihat apakah model tersebut sesuai dengan bentuk wajah dan budget. Berkaca dari seorang penjual kacamata saat saya waktu remaja membuka kios nyempil di sudut pasar dengan display cukup sederhana. Awal bisnis beliau tekuni ini memang berdasarkan pada modal yang masih terbatas waktu itu, sehingga bisnis kacamata sebagai tonggak awal kebangkitan bisnis beliau sampai sekarang.
Konsepnya sangat sederhana sekali, bertambahnya umur setiap orang tentu kinerja mata akan berubah. Butuh kacamata untuk melihat objek lebih terang dan pastinya frame kacamata yang digunakan sesuai dengan bentuk wajah. Marketnya sudah jelas apalagi saat sekarang ini penggunaan gadget yang begitu masif hampir setiap kesempatan ada tentu organ mata akan berpengaruh tingkat responnya terhadap objek. Nah, ini lah yang menjadi latar belakang awal bisnis yang terlihat. Ada gejala di pasar maka terbentuklah peluang sehingga kebutuhan kacamata menjadi meningkat karena pengaruh dari teknologi yang digunakan.
Tentu hal ini sangat inspirasi bagi penjual kacamata, dengan outlet kaki lima akhirnya membuka beberapa toko di berbagai tempat. Tuntutan pasar yang cukup tinggi maka beliau membuka toko online untuk memberikan pelayanan lebih baik lagi khusus pembeli di dunia internet. Dengan modal awal pasar yang sudah terbentuk hampir 20 tahun tentu memberikan hal percaya diri untuk mengelola bisnis ini sesuai dengan zamannya. Dua pola yang sudah terpenuhi yaitu konvensional dan online bersama-sama untuk memenangkan kompetisi di toko kacamata yang sudah mulai luas lagi pasarnya.
Inovasi selalu beliau lakukan baik untuk toko hingga jenis frame yang akan dijual. Beberapa pelajaran penting yang diberikan adalah selalu berproses untuk menjalani setiap perubahan yang akan terjadi. Seperti beliau dari kaki lima hingga punya beberapa outlet penjualan kacamata di beberapa tempat. Bisnis berkembang butuh waktu tidak besar dalam waktu semalam. Moto quote ini sudah teruji karena waktu akan menjawab keseriusan pekerjaan yang ditekuni akan memberikan hasil yang tidak akan menipu pemiliknya.
2. Modal Usaha Bisnis Toko Kacamata Online.
Tentu saja untuk memulai bisnis toko kacamata online ini tidak harus memiliki toko konvensional, cukup dari garase rumah saja dapat anda sulap menjadi tempat usaha awal untuk berproses. Tentu hal ini juga terasa bagi rekan yang mempunyai modal awal untuk berjualan dengan modal dibawah Rp 10 juta sudah dapat memulai bisnis ini. Dengan mulai dari garase rumah tentu anda tidak membayar uang sewa.
Berikut rincian modal usaha yang dapat anda persiapkan supaya dapat berproses di budget yang sangat terjangkau sekali:
Modal Investasi Awal:
Mesin periksa mata: Rp 1.250.000
Jenis frame untuk di jual: Rp 5.000.000
Lemari display: Rp 1.500.000
Cermin: Rp 400.000
Furniture kursi 5 unit: Rp Rp 300.000
Modal Investasi Awal: Rp 8.450.000
Modal investasi ini punya penyusutan selama 4 tahun dan punya nilai akhir sebesar Rp 10.000. Metode penyusutan yang dipakai adalah garis lurus, sehingga terbentuk biaya penyusutan per tahun: (Rp 8.450.000 - Rp 10.000) : 4 = Rp 2.110.000 (per bulannya: Rp 175.833).
Selama aktifitas penjualanan tentu akan terbentuk laba per bulan yang dapat menjadi aktifitas berproses nanti:
Penjualan frame kacamata:
Frame A: Rp 150.000 x 8 = Rp 1.200.000
Frame B: Rp 125.000 x 3 = Rp 375.000
Frame C: Rp 350.000 x 5 = Rp 1.750.000
Total Penjualan : Rp 3.325.000
Biaya Bulanan:
Penyusutan barang: Rp 175.833
Listrik : Rp 350.000
Lain-lain : Rp 1.000.000
Total Rp 1.525.833
LABA BERSIH Rp 1.800.000
BEP (Break Even Point) bisnis kembali modal: Rp 8.450.000 : Rp 1.800.000 = 4,6 atau 5. Bisnis ini akan kembali modal di bulan ke 5.
3. Tips Menjalankan Bisnis Toko Kacamata Online.
Saat anda sudah memilih bisnis kacamata sebagai usaha untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang maka ada beberapa tips yang harus anda pahami agar dapat berproses dengan baik.
3.1. Sebagai pebisnis tentu anda harus memahami dengan baik produk kacamata. Jika tidak memahami akan berdampak pada marketing kepada konsumen di saat mereka bertanya produk yang anda jual nanti. Ya ibaratnya anda berjualan harus memberikan informasi yang cukup seperti merek frame, trend model, hingga kesukaan pelanggan untuk sebuah kacamata.
3.2. Sebaiknya anda mengetahui skema yang dilakukan oleh kompetitor saat mereka memenangkan kompetisi. Analisa dengan seksama tentu harus dilakukan agar penjualan selalu meningkat dari hari ke hari. Untuk memahami secara mudah tentu anda harus masuk ke market place bagaimana mereka promosi hingga memberikan informasi tertulis dengan baik. Dengan cara ini tentu anda dapat mengenal posisi saat baru memasuki bisnis ini untuk segera mendapatkan pelanggan baru.
3.3. Harus mempunyai daftar supplier yang punya frame kacamata berkualitas tinggi dengan harga yang sangat kompetitif. Supplier yang menyediakan frame ini tentu ada yang terbaik dengan model hingga kualitas yang disenangi oleh konsumen, apalagi model yang selalu bertukar setiap saat harus anda dapatkan setiap hari. Selalu cari supplier terbaik dalam dan luar negeri sehingga anda punya pembanding supaya toko kacamata anda punya nilai tinggi atas produk yang berkualitas.
3.4. Segera masuki bisnis kacamata online ini untuk memasarkan semua jenis frame yang anda miliki. Berbagai platform tidak hanya di market place, secara personal juga anda lakukan di media sosial populer. Saat sekarang ini banyak sekali produsen hingga penjual memasuki media sosial sebagai andalan mereka untuk menjangkau konsumen lebih luas. Jadi, anda harus aktif di media sosial karena kekuatan media sosial sangat tinggi sekali dampaknya untuk penjualan.
3.5. Buat blog atau chanel youtube sendiri untuk ruang bisnis anda berproses. Dengan menggali semua peluang yang akan dihadapi harus anda lakukan dan pastinya dampaknya segera rasakan di waktu yang tepat. Keberhasilan blog dan chanel youtube ini tentu telah menjadi wadah atau jendela informasi bisnis sehingga ketertarikan pelanggan dapat langsung melihat produk yang mutakhir. Matangkan poin ini agar supaya proses untuk memenangkan kompetisi dapat anda raih secepatnya.
3.6. Selalu buat pola marketing yang menarik kepada pelanggan dengan potongan harga. Ketertarikan pelanggan tentu dengan model bagus dan harga terjangkau. Saat konsumen melihat kebutuhan kacamata yang akan dibeli ini sesuai dengan tema penjualan anda tentu akan berdampak tinggi perputaran frame yang ada. Jadi, lebih baik anda mendapatkan untung yang cukup tetapi perputarannya cepat dan jumlahnya besar.
3.7. Jangan terlalu lama menyimpan jenis frame yang lama sekali terjual. Hal ini akan menyebabkan anda harus menyediakan ruangan khusus untuk menyimpan sehingga akan berdampak pada biaya tambahan. Bisa saja kondisi frame akan cepat rusak sehingga menimbulkan kerugian tambahan dengan berjalannya waktu. Anda harus meneliti dengan seksama frame jenis apa yang sangat laku keras agar supaya anda tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk penyimpanan dan menghindari kerusakan.
3.8. Kenalkan bisnis anda kepada keluarga dan teman sejawat agar supaya pasar awal masuki nanti telah ada calonnya. Awal bisnis berproses memang cara seperti ini banyak dilakukan karena memberikan energi positif. Mulai menjelaskan bisnis anda kepada mereka dan beri harga perkenalan saat membuat kacamata hingga frame fashion dengan kualitas terbaik.
Rekomendasi bisnis lainnya:
Bisnis Jus Buah Segar
Bisnis Cuci Mobil
Bisnis Barbershop Gunting Rambut Pria
Bisnis Cafe Dan Resto
Bisnis Barbershop Pria
Bisnis Kosan Dan Kontrakan
KESIMPULAN.
Setiap bisnis tentu harus ada skil dan pengetahuan yang cukup untuk berproses. Proses ini lah yang akan menyeleksi pebisnis yang akan memenangkan kompetisi di masa yang akan datang. Skil dan pengetahuan ini lah yang akan mempertahankan bisnis berjalan dengan baik. Membawa bisnis untuk besar butuh waktu yang sangat cukup, jangan pernah berfikir besar dalam waktu semalam dapat terwujud.
Tekun dan ulet sebagai rahasia bagi para pebisnis yang bertahan dari semua terpaan badai untuk membesarkan usaha mereka telah mereka hadapi. Berbagai strategi hingga pola penjualan harus dinamis setiap waktu, agar supaya perputaran nilai ekonomi harus terwujud dengan baik. Anda jangan pernah berhenti untuk membuat usaha ini tidak bergerak, buat inovasi yang mutakhir agar supaya visi dan misi keinginan anda dapat terwujud beberapa tahun ke depan.
Selera pasar menjadi tonggak penjualanan frame kacamata, tentu setiap saat anda harus monitor trend mode yang disenangi oleh konsumen supaya toko online anda selalu ramai pembeli. Gali potensi informasi anda dengan baik dengan vocubulary jenis frame yang laku di pasaran supaya keinginan anda untuk menjadi besar dapat selaras dengan berjalannya waktu.
Tetap fokus dan berikan yang terbaik kepada pelanggan anda, jangan pernah membedakan latar belakang pembeli. Semua pembeli adalah raja yang akan membesarkan bisnis anda dengan membeli frame kacamata. Berikan edukasi dan informasi yang mutakhir kepada mereka sehingga kenyamanan berbelanja akan terbentuk. Mencari pelanggan setia caranya seperti ini, karena pelanggan ingin diperhatikan dengan semua keinginan yang harus mereka wujudkan dengan cara mendapatkan edukasi dan informasi dari pemilik bisnis.
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar