Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kulin...
Para pakar telah memberikan nasehat kepada pedagang kuliner adalah lokasi strategis sangat menentukan untuk berkembang. Hal ini juga saya dapatkan waktu di perkuliahan saat manajemen pemasaran dengan segudang ilmu termasuk lokasi untuk menghasilkan sebuah prestasi. Usaha kuliner harus punya unsur strategis karena pasarnya harus didekatkan bukan dijauhkan. Omset penjualan harus stabil sepanjang tahun sehingga keuntungan yang diharapkan besar dapat terwujud dalam waktu tidak terlalu lama.
Jika anda telah masuk dalam pemilihan tempat usaha untuk kuliner statusnya lokasi strategis maka ada hal lain yang juga turut diperhatikan. Tidak hanya tingkat keramaian pembeli terfokus disekitar area tersebut tetapi faktor kenyamanan, keamanan, hingga perizian harus seiring sejalan. Faktor tersebut tentu menjadi target para penjual kuliner, hal yang disebutkan tadi semuanya ada di lokasi strategis. Fenomena yang ada saat sekarang ini memang di sekitar stasiun MRT atau Commuter, sekitar sekolahan atau universitas, mal, rumah sakit, dan lain sebagainya.
Anda ingin mencari lokasi tempat usaha kuliner strategis pastinya artikel ini cukup membantu menjawab permasalahan tersebut. Lirik lokasi harus ada pertimbangan masing-masing sehingga pemilihan untuk usaha kuliner yang strategis telah ada tempatnya. Berikut penjelasannya supaya anda tetap tenang untuk menjual usaha kuliner yang sudah banyak dipilih sebagai bisnis yang mendatangkan keuntungan.
1. Sekitar Minimarket.
Lokasi strategis untuk usaha kuliner yang pertama adalah sekitar minimarket. Tempat ini sudah pasti sering didatangi oleh masyarakat untuk membeli semua kebutuhan keseharian sepanjang tahun. Minimarket telah menjadi tempat yang sudah ada perizinannya dari pejabat yang berwenang ini berdampak positif juga bagi usaha kuliner. Lokasi yang tidak akan ada gusuran dari pihak lain karena telah punya izin usaha yang jelas.
Dari segi tarif sewa yang ditetapkan oleh pemilik minimarket cukup terjangkau dimulai dari Rp 300.000 s.d Rp 600.000 tergantung tata letak yang ditetapkan. Minimarket pastinya punya syarat dan ketentuan yang berlaku sehingga anda sebagai pemilik usaha kuliner wajib mentaatinya. Syarat yang sering diberikan oleh pemilik adalah jualan nanti tidak boleh sama dengan barang di minimarket. Jam yang ditetapkan harus mengikuti minimarket, ukuran telah ditetapkan, hingga tempat makan di tempat terkadang tidak diperbolehkan hanya take a way saja. Karena space untuk parkir yang disediakan untuk pengunjung minimarket saat berbelanja.
2. Buka Stand di Mall.
Berbeda lagi stand di mall yang punya perbedaan dengan minimarket di atas. Sewanya lebih mahal dan punya prosedur tersendii. Persaingan sangat ketat sekali karena banyak kompetitor yang punya konsep kuliner relatif sama. Hal tersebut tidak akan menjadi permasalahan karena pengunjung sudah mulai meningkat pasca covid ini.
Banyaknya pengunjung ini tentu menjadi peluang tersendiri untuk omset penjualan. Walau prosedur yang diterapkan cukup panjang tetapi lebih tertata dan transparan. Penggunaan utilitas seperti listrik dan air punya peralatan masing-masing sehingga proses pencatatan lebih rapi dan jelas.
Setiap mall pastinya punya keuntungan lain yaitu lebih terkonsep pada pengunjungnya apakah menengah kebawah atau atas. Hal yang lebih profesional ini harus diikuti oleh pengajuan proposal awal kepada pengelola jenis kuliner apa yang akan di jual nanti. Persetujuan tentu telah mereka pelajari apakah sesuai dengan konsep mall yang mereka terapkan sehingga diizinkan atau tidak tergantung dari pengelola. Mereka akan memberikan informasi kepada penyewa atau tenant sehingga proses pemasangan display segera dilakukan.
Bisnis lainnya:
Bisnis Rumah Makan Warteg: Latar Belakang, Perhitungan Usaha, Tips, Dan Prospek Untuk Masa Depan
3. Sekitar Kampus atau Sekolahan.
Usaha kuliner yang cukup strategis lokasinya adalah sekitar kampur dan sekolahan. Pasar yang ada sangat terbuka luas apalagi jenis kuliner yang di jual masih banyak sekali. Anak sekolah dengan jajanannya sedangkan kampus pastinya jenis kuliner berat yang dibutuhkan saat istirahat masuk ke perkuliahan berikutnya.
Perbedaan kampus dan sekolahan ini hanya pada jenis dan harga, tidak mungkin jenis kuliner besar di jual di sekolahan tetapi jenis kuliner di sekolahan dapat di jual di area kampus. Pertimbangan ini pastinya harus anda kenali supaya pasar yang akan dimasuki tepat adanya.
Perizinan untuk masuk ke area ini memang ada prosedur tersendiri, pemilik area tersebut adalah pemerintah maka anda harus mengikutinya. Ada sekolahan diisi oleh gerobak motor ala kaki lima tentu berbeda dengan tempat yang telah disediakan. Anda harus melihat jangka panjang, sehingga kelangsungan usaha anda dapat terjamin sepanjang waktu. Begitu juga dengan sekolah dan kampus swasta pastinya juga punya prosedur. Tetap ikuti supaya rencana jual kuliner di lokasi strategis dapat terpenuhi dengan baik.
4. Sekitar Perkantoran Kota.
Peminat di sekitar perkantoran kota ini sangat tinggi sekali karena pasarnya lebih strategis. Karena pasarnya sudah jelas maka harga yang ditetapkan sangat kompetitif dan sangat memadaai margin keuntungannya. Seperti di DKI Jakarta saja area perkantoran ini lokasi emas untuk usaha kuliner. Sudah tentu pasti saat istirahat karyawan butuh asupan makanan dan sekitar area ini lah yang menjadi destinasi kuliner. Level kulinernya tetap sama seperti makan siang dengan rasa lezat, harga terjangkau, dan pastinya disukai oleh seluruh karyawan setempat.
Termasuk di daerah lain, memang area perkantoran menjadi incaran tersendiri karena pasar yang dimasuki sudah jelas siapa. Harga jualnya tentu sangat strategis juga berdampak pada keuntungan yang akan diperoleh oleh pemilik. Area yang tersedia cukup variatif seperti perkantoran menyediakan tempat atau menyewa ruko disekitar dimiliki oleh pihak lain. Untuk kaki lima relatif sedikit jumlahnya karena sudah ada tata kelola ruang yang telah ditetapkan oleh pejabat yang berwenang.
Area yang telah disediakan ini memang direkomendasikan karena usaha kuliner ini sebaiknya harus ada tempat permanen agar kenyamanan berbisnis tetap terjaga. Tidak was-was pihak yang menertibkan berdampak pada kerugian nantinya. Prosedur perizinan ini memang harus masuk ke pengelola dalam bentuk proposal sehingga mereka memahami usaha kuliner apa yang akan di jual. Jenis makanan yang dijual tentu tergantung dari pihak pengelola, harus ada keragaman tidak sama dengan kompetitor yang sudah masuk ke area yang disediakan.
Bisnis lainnya:
Bisnis Rumah Makan Padang: Latar Belakang, Perhitungan Usaha, Tips, Dan Prospek Untuk Masa Depan
5. Dekat Stasiun MRT, Commuter, dan Trans Jakarta.
Rekomendasi lainnya adalah dekat stasiun mrt, commuter, hingga trans jakarta. Untuk tempat ini ada indoor atau outdoor tergantung kesempatan nanti. Kesempatan ini memang anda sebagai pemilik usaha kuliner jeli melihat prospek yang akan diraih. Jangan salah, ada beberapa area indoor yang sudah disediakan oleh pengelola. Tetapi harus ada ketentuan yang telah baku untuk menjaga keamanan infrastruktur yang cukup kompleks.
Untuk jenis kulinernya indoor dan outdoor tentu sangat berbeda sekali. Perbedaan ini memang tertuju pada kesepakatan dengan pemilik bangunan. Sekitar area ini berupa ruko tentu bisa lebih leluasa jenisnya, sedangkan indoor area tersebut telah ada standar tertentu.
Perizinannya tentu berbeda di masing-masing zona yang saya sebutkan ini. Untuk harga sewa relatif mahal karena jalur rute perjalanan transportasi publik ini sudah teratur dan pastinya pasarnya lebih terkonsep menengah ke atas saat mereka menunggu sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Rekomendasi untuk indoor memang terbatas pada makanan dan minuman yang cepat racikan seperti kopi es, jus, gorengan, dan lainnya. Tertuju pada snack penganjal perut untuk melanjutkan perjalanan. Untuk outdoor lebih banyak ke makanan berat seperti nasi padang, warteg, sunda, mie ayam baso, dan lain sebagainya.
6. Sekitar Tempat Pariwisata Populer.
Berbeda lagi lokasi strategis untuk poin ini, area sekitar tempat wisata juga menjadi tempat untuk menjual usaha kuliner. Fokus jualannya tentu lebih otentik dan khas supaya ada daya tariknya. Misalnya, jenis kuliner dari daerah tersebut diangkat levelnya menjadi oleh-oleh dan lain sebagainya.
Untuk masakan juga terbuka luas prospeknya seperti hidangan rumahan yang hanya tersedia di tempat jualan kuliner anda sehingga konsumen rela datang kesana sembari menikmati tempat wisata populer. Untuk sewanya tergantung dari kesempatan disana, apakah kerjasama dengan pemilik lahan dan anda membangun infrastrukturnya atau anda sendiri telah punya area segera lengkapi tempatnya.
Potensi tempat wisata ini saat sekarang sudah menggeliat kembali dimana aktifitas normal telah terbuka luas. Potensi untuk mendapatkan omset sudah mulai terbuka dan pastinya anda turut andil mencoba kesempatan ini.
Bisnis lainnya:
Bisnis Jus Buah Segar: Latar Belakang, Perhitungan Usaha, Tips, Dan Prospek Untuk Masa Depan
Penutup.
Untuk menentukan lokasi strategis untuk usaha kuliner ini tergantung dari anda sendiri. Kesempatannya seperti apa dan target pasar yang akan dimasuki ini telah tergambarkan. Hal yang harus diperhatikan adalah keotentikan kuliner dan pastinya kompetitifnya harga turut menentukan kesuksesan. Ada prosesnya relatif cepat bahkan harus menunggu waktu beberapa bulan.
Mempercepat proses ini tentu lokasinya harus dekat dengan pasar tersebut. Jika rasanya jauh maka anda dapat menggunakan media sosial populer untuk jembatani dengan konsumen. Otentik yang saya maksud ini bisa saja kuliner itu sendiri atau daerah wisata populer. Jadi lebih fleksibel untuk menyikapinya.
Target pasar ini turut menentukan kesuksesan anda saat menekuni bisnis kuliner ini. Ciptakan sajian yang berbeda dengan kompetitor supaya daya tarik konsumen untuk membeli dapat terjadi saat itu juga. Pelajari trend dan perilaku konsumen ini cukup menentukan jika ada terkonsep pada kekinian. Berbeda dengan anda yang menentukan jenis kuliner yang sudah dikenali luas oleh pasar hanya saja mengemas dalam level tertentu menciptakan peluang baru dengan pasar yang lebih luas lagi.
Komentar
Posting Komentar
Yuk, sharing komentar